Virus Flu Babi dan Penjelasan Nama, Bentuk, dan Gambar Virus Penyebab Penyakit Tersebut

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas virus flu babi dan penjelasan nama, bentuk, dan gambar virus penyebab penyakit tersebut. Banyak flu yang telah menyerang banyak masyarakat Indonesia seperti contohnya adalah flu burung. Selain flu burung, ada satu jenis flu lainnya yang tak kalah menarik untuk dibahas, yaitu virus flu babi. Nah saat ini, admin akan mengulas soal penyakit flu babi dan penjelasan nama, bentuk, dan gambar virus penyebab penyakit tersebut. Beberapa dari kita mungkin belum mengenali penyakit flu babi dengan baik. Sehingga kita akan kesusahan ketika mengenali gejalanya.

 

Flu Babi

Apa itu Flu Babi?

Virus Flu Babi dan Penjelasan Nama, Bentuk, dan Gambar Virus Penyebab Penyakit Tersebut

Virus Flu Babi dan Penjelasan Nama, Bentuk, dan Gambar Virus Penyebab Penyakit Tersebut

Virus flu babi adalah salah satu jenis penyakit golongan influenza. Penyebab flu babi adalah suatu virus. Virus flu tak seperti virus h5n1 yang merupakan virus flu burung. Adapun virus yang menyerang flu babi ini adalah virus H1N1. Walaupun nama virus influenza sama sama berakhiran N1, nyatanya virus tersebut sangatlah berbeda.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Cepat

Nama babi pada flu babi atau swine muncul karena gen virus yang penyebabnya hampir mirip dengan virus influenza dan menyebabkan penyakit flu pada hewan babi. Gejala flu babi yang muncul pada penderita datang saat masa inkubasi selesai. Masa inkubasi ini selama sekitar satu hingga empat hari. Setelahnya akan muncul demam, kelelahan, pegal – pegal, sakit kepala dan gejala lainnya. Dibawah ini akan sedikit dijelaskan bagaimana cara penularan virus flu babi pada manusia.

 

Virus Penyebab Flu Babi

Virus Penyebab Flu Babi yaitu Virus H1N1

Virus Penyebab Flu Babi yaitu Virus H1N1

Tahukah kalian apa virus penyebab flu babi ini? Jawaban tepatnya mengenai virus penyebab flu babi tersebut akan menjadi bahasan berikutnya. Sebelumnya sudah kita ketahui bahwa virus H1N1 adalah penyebab flu babi menyerang tubuh manusia. Sama seperti virus lainnya, virus ini pun menyerang manusia lewat udara dan menyerang sel sel pada saluran pernapasan yaitu hidung, tenggorokan, dan paru paru.

Jika anda berpikiran bahwa penderita flu babi adalah orang – orang yang mengonsumsi daging babi maka hal itu adalah pemikiran yang salah. Virus penyebab influenza ini menyebar seperti virus influenza lainnya yaitu lewat bersin dan batuk. Jika percikan dari ingus dan air liur dari penderita menempel langsung pada permukaan tubuh seperti mata, hidung bahkan mulut orang lain. Maka orang lain tersebut beresiko terkena virusnya.

Baca Juga : Obat Batuk TBC serta Cara Penggunaannya

 

Cara Mencegah Flu Babi

Cara Mencegah Flu Babi Agar Tidak Tertular

Cara Mencegah Flu Babi Agar Tidak Tertular

Untuk itu anda perlu mengatur jangkauan anda dari sang penderita. Namun, selain hal itu anda bisa melakukan beberapa cara mencegah flu babi yang akan kita bahas dibawah ini.

1. Rajinlah mencuci tangan anda dengan air bersih dan sabun. Jika tidak cukup dekat dengan kamar mandi, anda bisa membersihkan tangan anda dengan gel pembersih tangan merk apapun. Ingat, anda harus menggunakan gel yang berbahan dasar alcohol jika perlu.

2. Jangan suka berpergian sendiri ketika anda sedang jatuh sakit.

3. Jika salah satu dari anggota keluarga anda terserang flu, maka pastikan hanya ada satu orang yang merawatnya agar anggota yang lain terhindar dari virus.

4. Sebisa mungkin, kurangi jarak anda dengan penderita. Kontak langsung dengan penderita sangat dilarang ya.

5. Tutup mulut dan hidung anda ketika anda akan bersin dan batuk. Setelahnya buang tisu yang anda gunakan ke tempat sampah. Penyakit flu babi bisa ditularkan lewat yang satu ini loh.

 

Bentuk Virus Flu Babi

Bentuk virus flu babi tak jauh berbeda dengan bentuk virus influenza lainnya. Namun berbeda dengan struktur yang dikandungnya. Flu babi yang datangnya dari hewan babi karena jatuh sakit dan terserang influenza ini memiliki bentuk dan struktur virus flu babi. Virus flu babi ini masuk dalam golongan influenzavirus C. Adapun strukturnya akan dapat dilihat dengan jelas pada gambar virus flu babi dibawah ini :

Bentuk Virus Flu Babi dan struktur influenza virus

Bentuk Virus Flu Babi dan struktur influenza virus

Virus penyebab influenza babi, atau flu babi awalnya menyerang hewan babi dan akhirnya sampai pada manusia ketika manusia bersentuhan langsung dengan babi. Sifat Sifat virus Flu babi ini adalah tidak terlalu membahayakan seperti flu babi yang menyebabkan kematian. Hanya saja anda tetap perlu hati hati ketika sedang bersama orang yang menderitanya.

Baca Juga : Info Lengkap Batuk Kering dan Cara Mengatasinya

Sekian bahasan Virus Flu Babi dan Penjelasan Nama, Bentuk, dan Gambar Virus Penyebab Penyakit Tersebut, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!