Trombosit Demam Berdarah dan Batas Normal Jumlah Kadarnya

Trombosit Demam Berdarah dan Batas Normal Jumlah Kadarnya admin akan jelaskan pada artikel kali ini. Penyakit dbd atau demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus dengue ini biasanya menyebar melalui perantara gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit Dbd ini tergolong kedalam penyakit yang berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian. Namun, hal tersebut dapat dihindari apabila kita lebih cepat melihat gejala dan ciri2 dbd. Salah satu ciri ciri dbd adalah terjadinya penurunan jumlah trombosit. Berikut ini akan dibahas mengenai trombosit demam berdarah dan batas normal jumlah kadarnya serta bagaimana cara menaikkan trombosit demam berdarah.

 

Demam Berdarah Dengue

Jumlah Trombosit Demam Berdarah

Jumlah Trombosit Demam Berdarah

Jumlah Trombosit Demam Berdarah

Pada umumnya saat seseorang mengalami penurunan jumlah trombosit makaakan membuat kita dengan mudah mengklaim bahwa dia terkena demam berdarah. Padahal, jumlah trombosit yang rendah tidak selalu mencerminkan seseorang sedang terkena penyakit demam berdarah. Beberapa penyakit seperti penyakit tifoid dan chikungunya juga ditandai dengan jumlah trombosit penderita yang rendah/menurun drastis. Beberapa artikel kesehatan mengatakan bahwa trombosit demam berdarah mampu mencapai hingga 100ribu sel/mm3.

Perbedaan Nyamuk Demam Berdarah dan Nyamuk Malaria

Untuk memastikan jumlah trombosit demam berdarah maka penderita dianjurkan untuk melakukan beberapa pemeriksaan seperti melakukan uji tes trombosit, uji tes hematorkit, dan uji tes hemoglobin. Uji tes trombosit bertujuan supaya mengetahui batas trombosit untuk penderita demam berdarah. Kemudian uji tes hematorkit agar penderita mengetahui kekentalan darah, dan terakhir untuk tes hemoglobin untuk mengetahui jumlah keping dalam darah penderita dan juga tes leukosit untuk mengetahui batas jumlah sel darah putih dalam tubuh penderita demam berdarah.

Selain memeriksakan trombosit penderita demam berdarah, perlu juga dilakukan pemeriksaan terhadap sel hati dan ginjal. Demam berdarah dengue adalah kondisi dimana tubuh terinfeksi oleh serangan virus dengue. Virus dengue tidak hanya menyerang darah tapi juga menyerang bagian sel hati dan ginjal. Pemeriksaan terhadap ginjal bertujuan untuk menghindari terggangu nya fungsi ginjal saat pemberian obat dalam bentuk cairan.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak secara Alami dan Cepat

Batas Normal Trombosit Demam Berdarah

Batas Normal Trombosit Demam Berdarah

Batas Normal Trombosit Demam Berdarah

Beberapa jurnal dan artikel kesehatan menyatakan bahwa jumlah trombosit normal demam berdarah adalah 100ribu sel/mm3. Salah satu hal yang dapat menyebabkan turunnya trombosit darah sebagai bentuk dari akibat demam berdarah adalah penggunaan keping darah yang berlebihan. Biasanya, saat seseorang terkena demam berdarah dan jumlah trombositnya menurun maka hal yang selalu dilakukan adalah melalkukan transfusi darah. Padahal, tidak selalu penderita demam berdarah yang mengalami penurunan trombosit memerlukan transfusi.

Hal ini disebabkan karena saat trombosit menurun dari batas trombosit demam berdarah maka fungsi dari trombosit dalam tubuh juga ikut menurun. Penurunan ini dapat mengganggu keping darah baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya karena sel darah merah memiliki fungsi dalam proses pembekuan darah dalam tubuh. Hal inilah yang membuat jumlah trombosit akan menurun karena akan meningkatkan proses pendarahan saat sel darah merah tidak bisa menjalankan fungsinya seperti biasanya. Oleh karena itu, mereka yang trombositnya menurun saat terkena demam berdarah tidak selalu harus melakukan transfusi darah.

Beberapa jurnal dan artikel kedokteran mengatakan bahwa batas normal trombosit demam berdarah yaitu sekitar 80ribu hingga 50ribu sel/mm3. Saat angka trombosit pada penderita sudah melampaui trombosit normal dbd maka akan terjadi pendarahan yang sangat hebat. Saat hal ini terjadi, maka sebaiknya penderita harus segera dilarikan ke rumah sakit. Saat seseorang sudah pernah terkena penyakit dbd, maka ada baiknya untuk lebih berhati-hati agar virus dengue tidak menyerang tubuh lagi. Karena apabila penderita terinfeksi virus dengue lagi maka kemungkinan jumlah trombosit mencapai 20 ribu sel/mm3 sangat besar terjadi.

 

Cara Menaikkan Trombosit Demam Berdarah

Transfusi Darah

Transfusi Darah sebagai Salah Satu Alternatif Cara Menaikkan Trombosit Demam Berdarah

Transfusi Darah sebagai Salah Satu Alternatif Cara Menaikkan Trombosit Demam Berdarah

Saat sedang menderita penyakit demam berdarah, cara transfusi darah bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kembali trombosit dalam darah ke jumlah yang normal. Beberapa bahan alami yang mudah didapat bisa dijadikan sebagai obat menaikkan trombosit demam berdarah. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, dan beberapa jenis tumbuhan lain yang bisa didapatkan di alam.

Baca Juga : Info Lengkap Demam Berdarah dan Pengobatannya

Sayuran Hijau

Cara menaikkan trombosit demam berdarah yang pertama dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Bayam dipercaya mampu meningkatkan trombosit dalam darah. Kandungan dalam bayam yang dipercaya kaya akan vitamin K dapat membantu tubuh untuk menghentikan pendarahan yang terjadi karena menurunnya jumlah trombosit. Bayam dapat dikonsumsi sebagai lauk, ataupun bisa dihidangkan dengan cara mengkonsumi air rebusan dari beberapa lembar daun bayam.

Jambu Merah

Cara mengobati dbd selanjutnya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi jambu merah. Jambu merah dipercaya memiliki kandungan yang dapat meningkatkan trombosit. Pada dunia kedokteran, jambu merah bahkan sudah sangat terkenal khasiatnya untuk mengobati penyakit demam berdarah. Bahkan tidak hanya dimanfaatkan buahnya, ternyata daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan dalam mengobati penyakit demam berdarah dengue. Daun jambu biji dapat disajikan dengan cara direbus dan air nya disedu untuk dijadikan obat.

Baca Juga : Ciri Demam Berdarah pada Anak Balita

Buah Naga

Gejala penyakit dbd yang menyerang penderita dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi buah naga. Buah naga yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah dengue karena dapat dijadikan sebagai penambah trombosit dalam tubuh secara alami. Selain buah naga, ternyata kiwi juga bisa dijadikan alternatif untuk menambah jumlah trombosit dalam tubuh. Namun hasil yang didapat saat mengkonsumsi kiwi tidak secepat saat mengkonsumsi buah naga. Buah kiwi harus dikonsumsi secara rutin selama 4 hingga 5 hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Konsumsi Buah Plum serta Asam Jawa

Penyembuhan dbd selanjutnya yang dapat menyembuhkan demam berdarah dengue dengan cara meningkatkan trombosit dalam darah yaitu dengan mengkonsumsi buah plum dan asam jawa. Buah plum dan asam jawa termasuk kedalam agen antioksidan yang dapat meningkatkan kembali jumlah trombosit dalam darah. Buah plum dapat dikonsumsi dengan cara dijus dan dicampurkan dengan asam jawa yang sudah direndam selama 2 jam dan dibuang bijinya.

Baca Juga : Cara Penanganan Demam Berdarah pada Anak di Rumah Sakit

Trombosit Demam Berdarah dan Batas Normal Jumlah Kadarnya

Trombosit Demam Berdarah dan Batas Normal Jumlah Kadarnya

Kacang Kacangan

Cara menyembuhkan dbd yang dapat dilakukan dengan meningkatkan trombosit dalam darah selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Kandungan seperti vitamin K, D dan fibrinogen yang terdapat dalam kacang-kacangan dipercaya mampu membantu tubuh dalam menyap kalsium dengan baik juga untuk mendongkrak kadar trombosit yang sempat menurun.

Wheatgrass

Dbd juga dapat disembuhkan dengan menaikkan jumlah trombosit dengan mengkonsumsi wheatgrass atau yang biasa disebut dengan rumput gandum. Kandungan dalam rumput gandum dipercaya memiliki struktur molekul yang mirip dengan struktur molekul pada hemoglobin. Rumput gandum bisa dikonsumsi dengan cara di jus dan dicampur dengan perasan lemon setiap harinya.

Konsumsi Air Putih

Selanjutnya, cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah adalah dengan selalu mengkonsumsi air putih. Mengkonsumsi air putih dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena 75% sel penyusun tubuh adalah air. Saat trombosit naik, menandakan tubuh sedang kehilangan cairan dengan jumlah yang besar. Hal ini bisa disiasati dengan cara mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak untuk bisa mengganti cairan cairan dalam tubuh yang hilang.

Baca Juga : Cara Memberi Penyuluhan Demam Berdarah di Masyarakat

Trombosit Demam Berdarah dan Batas Normal Jumlah Kadarnya admin cukupkan sampai disini, mudah mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *