Tanda Tanda Demam Berdarah Pada Anak dan Balita Mulai Sakit Hingga Sembuh

Tanda Tanda Demam Berdarah Pada Anak dan Balita Mulai Sakit Hingga Sembuhadmin akan bahas kali ini. Nyamuk Aedes agypti adalah nyamuk yang fenomenal di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena nyamuk tersebut merupakan nyamuk yang dapat menyebarkan virus dan membuat manusia terserang demam berdarah (dbd). Nyamuk demam berdarah menyerang segala usia, namun seringkali menyerang usia anak-anak dan balita. Mengetahui tanda-tanda demam berdarah pada anak akan mempermudah untuk mengatasinya secepat mungkin untuk menghindari kemungkinan buruk yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, dibawah ini akan membahas mengenai tanda tanda demam berdarah pada anak dan balita mulai sakit hingga sembuh.

 

DBD

Tanda Tanda Demam Berdarah

Tanda Tanda Demam Berdarah Pada Anak dan Balita Mulai Sakit Hingga Sembuh

Tanda Tanda Demam Berdarah Pada Anak dan Balita Mulai Sakit Hingga Sembuh

Virus dbd (demam berdarah) akan berhasil menyerang tubuh seseorang saat ia sedang dalam kondisi tubuh tidak fit. Kondisi tubuh tidak fit merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan dalam tubuhnya juga menurun. Alhasil dengan cepat virus dbd tersebut bisa menyebar di seluruh organ tubuh manusia. Beberapa tanda tanda demam berdarah sedang melanda tubuh seseorang dapat ditandai dengan cara:

  • Suhu Mencapai 41 Derajat Celcius.

Tanda tanda demam berdarah pada anak yang pertama dapat dilihat dari kondisi suhu tubuh yang meningkat sangat drastis. Meningkatnya suhu tubuh tersebut terjadi secara cepat dan mampu mencapai hingga 41 derajat celcius.

Baca Juga : Waspadai Ciri Ciri Penyakit Flu Burung Berikut ini

  • Menggigil

Tanda demam berdarah pada anak selanjutnya adalah mereka akan merasakan kedinginan dan menggigil. Suhu tubuh yang meningkat hingga 41 derajat celcius akan membuat sanag anak walau sedang berada dalam suhu ruangan akan merasakan kedinginan. Saat anak mulai menggigil, maka bibir akan pucat bahkan menjadi pecah-pecah.

  • Kehilangan Nafsu Makan

Nafsu Makan Berkurang sebagai Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Nafsu Makan Berkurang sebagai Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Tanda anak demam berdarah yang selanjutnya adalah anak akan kehilangan nafsu makan. Saat suhu tubuh naik drastis menjadi 41 derajat celcius, maka tubuh akan menolak makanan yang masuk. Hal ini karena suhu tubuh tersebut juga berakibat pada sistem pencernaan yang terganggu. Sehingga akan menghambat sistem pencernaan yang seharusnya berjalan lancar.

Info Lengkap Batuk Berdahak dan Cara Mengobatinya

  • Merasa Sangat Lelah

Tanda tanda anak terkena demam berdarah selanjutnya adalah badan anak akan terasa sangat lelah. Hal ini terjadi karena virus yang menyerang tubuh menyerap hampir seluruh energi yang ada pada tubuh. Energi yang dihasilkan juga berkurang karena nafsu makan yang akan menurun drastis. Akibatnya walau anak tidak sedang melalukan aktivitas yang berat, tetapi anak akan dengan mudah merasa sangat kelelahan

  • Terasa Nyeri Pada Tubuh

Tanda tanda dbd pada anak selanjutnya adalah dengan merasa nyeri pada tubuh seperti bagian otot, tulang dan sendi. Nyeri pada otot, tulang dan sendi merupakan efek yang ditimbulkan dari virus yang menyerang tubuh. Virus tersebut akan menciptakan rasa sakit yang luar biasa untuk ketiga bagian tersebut. Hal ini akan membuat anak merasa kesakitan saat harus menggerakkan tubuh mereka.

  • Mual dan Muntah

Dbd pada anak akan ditandai dengan melihat anak akan mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah merupakan efek yang ditimbulkan terhadap virus dbd yang juga menyerang sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sudah terinfeksi akan menimbulkan efek yang akan membuat anak mengeluarkan makanan yang sudah masuk ke dalam perut.

Baca Juga : Cara mengobati Flu secara Alami

  • Sakit Kepala

Gejala Influenza dan Pembahasan Ciri Ciri Virus Penyebab Penyakit Tersebut

Gejala Influenza dan Pembahasan Ciri Ciri Virus Penyebab Penyakit Tersebut

Tanda dbd pada anak selanjutnya dapat dilihat saat anak merasakan sakit kepala. Sakit kepala ini tentunya bukan sakit kepala biasa. Virus dbd akan menyerang saluran pernapasan dan membuat oksigen yang akan ditransfer ke otak menjadi terhambat. Hal ini membuat otak tidak menerima oksigen dalam jumlah normal. Otak yang kekurangan oksigen akan membuat kepala menjadi terasa sakit dan membuat penglihatan berbayang.

  • Kelenjar Getah Bening yang Membengkak

Ciri2 dbd pada anak selanjutnya adalah akan terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening. Hal ini merupakan efek yang dapat dilihat bahwa virus sudah menginfeksi kelenjar tersebut. Hal ini juga akan menimbulkan rasa sakit lain seperti batuk, demam dan kepala pusing.

  • Nyeri Pada Bagian Perut

Ciri2 penyakit dbd yang akan dialami anak dan balita selanjutnya adalah dengan mengalami rasa nyeri pada bagian perut. Rasa nyeri ini disebabkan oleh virus yang sudah menyeranng sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang terganggu akan membuat perut merasa nyeri.

  • Mengeluarkan Keringat Berlebihan

Tanda tanda demam berdarah pada balita dan anak selanjutnya adalah mereka akan memproduksi keringat secara berlebihan. Keringat yang berlebihan ini dapat menyebabkan anak dan balita mengalami dehidrasi. Dehidrasi tersebut bisa diatasi dengan selalu menjaga cairan yang ada dalam tubuh anak.

Baca Juga : Obat Flu Mata Berair yang Ampuh

  • Wajah Pucat

Pucat sebagai salah satu Ciri Orang Terkena Penyakit Demam Berdarah

Pucat sebagai salah satu Ciri Orang Terkena Penyakit Demam Berdarah

Gejala dbd pada anak dapat dilihat dengan wajah anak yang pucat. Wajah yang pucat dapat disebabkan oleh virus dbd yang sudah menyerang sistem pencernaan dan sistem peredaran darah. Wajah pucat juga bisa ditandai dengan berkurang energi secara drastis dan memproduksi keringat yang berlebihan. Dehidrasi saat terkena penyakit dbd akan menyebabkan wajah penderita menjadi pucat.

 

Tanda Tanda Demam Berdarah Mulai Sembuh

Demam Mereda sebagai Tanda Tanda Demam Berdarah Mulai Sembuh

Demam Mereda sebagai Tanda Tanda Demam Berdarah Mulai Sembuh

Tanda tanda demam berdarah mulai sembuh dapat dilihat dari demam yang dirasakan anak dan balita sudah mereda. Selain itu, trombosit anak dan balita yang sempat menurun drastis juga akan berangsur-angsur normal. Tanda-tanda ini biasanya setelah balita dan anak melewati fase kritis yang terjadi pada hari ke empat.  Tanda selanjutnya dapat dilihat dari pulihnya nafsu makan sang anak dan balita. Meningkatnya nafsu makan akan membuat anak mendapatkan energi dan meningkatkan sistem imun yang sempat menurun.

Cara mengobati dbd yang dialami anak dan balita dapat dilakukan dengan memberi anak makanan yang bergizi. Membiasakan anak mengkonsumsi buah dan sayur. Serta memberikan anak minum agar tidak mudah terdehidrasi. Membiasakan anak dan balita untuk hidup sehat akan membantunya meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh yang terbentuk dengan baik akan melindungi tubuh anak dan balita dari virus dan bakteri yang menyerang.

Baca Juga : Gejala Demam Berdarah pada Anak

Tanda Tanda Demam Berdarah Pada Anak dan Balita Mulai Sakit Hingga Sembuh admin cukupkan sekian, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!