Siklus Demam Berdarah Pada Anak (Pelana Kuda) dan Nyamuk Penyebab Penyakit DB

Siklus Demam Berdarah Pada Anak (Pelana Kuda) dan Nyamuk Penyebab Penyakit DB menarik untuk dibahas. Penyakit demam berdarah (dbd) yang saat ini sudah fenomenal di kalangan masyarakat. Virus penyebab penyakit ini memang belum ada obat untuk menyembuhkannya. Tetapi, penyakit ini bisa disembuhkan apabila melakukan penanganan yang tepat. Beberapa hal yang dapat diperhatikan adalah mengetahui siklus demam berdarah pelana kuda. Hal ini bertujuan untuk membantu dalam menangani dengan benar untuk dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai apa itu siklus demam berdarah pada anak (pelana kuda) dan nyamuk penyebab penyakit db (demam berdarah).

 

Demam Berdarah Dengue

Siklus Demam Berdarah pada Anak

Siklus Demam Berdarah Pada Anak (Pelana Kuda) dan Nyamuk Penyebab Penyakit DB

Siklus Demam Berdarah Pada Anak (Pelana Kuda) dan Nyamuk Penyebab Penyakit DB

Siklus demam berdarah ataupun sering disebut dengan pelana kuda untuk memudahkan masyarakat Indonesia mengingat grafik naik-turun suhu tubuh yang tinggi dan demam yang dialami oleh penderita demam berdarah. Siklus demam berdarah pada anak dibagi ke dalam tiga fase yakni fase pertama yaitu fase demam, fase kedua yaitu fase kritis dan yang terakhir adalah fase penyembuhan. Pada fase pertama, penderita akan mengalami demam yang mampu mencapai suhu 41 derajat celcius dan berlangsung pada hari ke 4 dan ke 5.

Cara Mengobati Batuk Kering dengan Jeruk Nipis

 

Fase Kritis Demam Berdarah Dengue

Fase Kritis Demam Berdarah Dengue

Fase Kritis Demam Berdarah Dengue

Siklus dbd pada anak selanjutnya adalah memasuki fase kritis. Biasanya penderita akan mengalami fase kritis ini selama 3 hingga 5 hari. Pada fase ini lah suhu tubuh penderita akan mereda dan seringkali dianggap sudah sembuh, namun ternyata pada fase inilah pembuluh darah sedang dalam kondisi berbahaya dan tubuh akan mengeluarkan bintik bintik merah. Fase terakhir yaitu fase penyembuhan, fase penyembuhan biasanya berlangsung pada hari ke 6 dan ke 7. Pada fase ini suhu tubuh akan kembali naik, namun tidak perlu khawatir. Pada fase ini justru sedang terjadi perbaikan fungsi dari tubuh penderita.

Dbd pada anak akan terjadi apabila ia berada dalam kondisi tidak fit. Kondisi tidak fit ini berarti menandakan bahwa sistem kekebalan (imun) tubuhnya rendah. Saat virus masuk dan mulai menyerang tubuh, maka perlawanan yang berasal dari sistem kekebalan tubuh yang sedang rendah akan kalah oleh kedatangan virus dengue. Alhasil, virus ini akan menguasai tubuh dengan mulai menggerogoti sel sel darah merah manusia.

Kenali Virus Flu Burung Berikut

 

Gejala Penyakit DBD

Gejala Demam Berdarah pada Anak Balita Awal Usia 1, 2, 3, dan 6 Tahun

Gejala Demam Berdarah pada Anak Balita Awal Usia 1, 2, 3, dan 6 Tahun

Gejala dbd pada anak selain demam tinggi dan munculnya bintik merah juga bisa dilihat dari munculnya memar-memar dalam tubuh. Memar memar dalam tubuh juga dapat disertai dengan beberapa pendarahan seperti pendarahan pada gusi dan mulut serta keluarnya darah dari dalam hidung.

Tanda tanda dbd pada anak yang lain adalah ia akan memproduksi keringat yang berlebihan. Produksi keringat yang berlebihan merupakan efek yang timbul karena tubuh menerima panas yang sangat ekstrem. Saat penderita mengalami hal ini maka ada kemungkinan bahwa ia juga akan mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan dalam tubuh secara cepat dan dalam jumlah yang banyak.

Tanda dbd pada anak selanjutnya adalah ia akan mengalami mual mual hingga muntah darah. Muntah darah dan mual merupakan efek yang ditimbulkan dari terinfeksinya saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang sudah terinfeksi tersebut akan membuat tubuh terpaksa mengeluarkannya melalui mulut.

 

Siklus Demam Berdarah Pelana Kuda

Siklus Demam Berdarah Pelana Kuda

Siklus Demam Berdarah Pelana Kuda

Siklus pelana kuda demam berdarah adalah siklus yang wajib diketahui oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Hal ini karena dengan mengetahui siklus demam berdarah pelana kuda berarti kita bisa paham apa yang akan dilakukan saat penderita sudah mengalami fase kritis misalnya. Mengetahui siklus ini juga bermanfaat untuk tidak hanya memberikan obat biasa sebagai pertolongan pertama, namun langsung memeriksakan nya kepada dokter. Pemberian obat yang tidak sesuai hanya akan membuat keadaan pasien semakin buruk.

Baca Juga : Info Lengkap Batuk Alergi

 

Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Aedes Aegypti sebagai Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Aedes Aegypti sebagai Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Nyamuk demam berdarah juga memiliki siklus hidup. Siklus nyamuk demam berdarah dimulai dari saat ia bertelur. Telur nyamuk demam berdarah akan memiliki panjang 0,5 mm. setelah satu hingga dua hari maka telur tersebut akan menetas dan menjadi jentik jentik. Jentik jentik akan terdiri dai 4 instar. Setelah lima hingga 7 hari maka jentik-jentik akan berubah menjadi kepompong. Setelah menunggu hingga satu sampai dua hari maka kepompong tersebut akan berubah menjadi nyamuk dewasa yang siap terbang.

Nyamuk penyebab demam berdarah berbeda dengan nyamuk malaria. Dari jenis nyamuk yang menjadi penyebab penyakit saja sudah berbeda. Untuk malaria sendiri nyamuk nya bernama Anopheles sp. Sedangkan untuk penyakit demam berdarah sendiri adalah nyamuk yang bernama Aedes sp. Nyamuk tersebut memiliki fisiologi, morfologi dan kebiasaan yang juga berbeda. Penyakit malaria biasanya disebabkan karena parasit plasmodium, sedangkan pada penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus yang dikenal dengan sebutan virus dengue.

Harga Vaksin Flu Burung 

Penyakit dbd dapat ditandai dengan melalukan tes antigen ataupun melakukan tes uji anti tubuh. Saat seseorang terkena penyakit malaria maka hal yang harus dilakukan untuk menguji diagnosa harus dilakukan pengujian dengan tes mikroskopis visual virus. Pada penyakit malaria, gejala yang ditimbulkan berupa anemia dan diare sedangkan untuk penyakit demam berdarah sendiri penderita nya akan mengalami sakit kepala dan nyeri tulang.

 

Demam Berdarah dan Nyamuk Aedes Aegypti

Gejala awal dbd sebelum memasuki fase dimana penderita akan mengalami demam tinggi adalah sebelumnya penderita akan mengalami sakit kepala dan nyeri tulang. Virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes  adalah virus yang dikenal sering menyerang tulang saat sudah terinfeksi. Sakit kepala yang timbul juga merupakan efek dari sistem pencernaan dan saluran pernapasan yang terinfeksi oleh virus tersebu. Alhasil saat penderita mengalami hal ini maka tubuhnya akan berusaha melawan virus dan apabla sudah terinfeksi maka suhu tubuh akan mengalami peningkatan yang drastis.

Penyebab penyakit dbd ini adalah nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini hanya akan bertahan hidup dan berkembang pada kondisi yang tergenang air. Kondisi tersebut merupakan kondisi yang pas untuk sang nyamuk bertelur. Perlu diingat, bahwa nyamuk yang menyebabkan virus dengue adalah nyamuk betina bukan jantan. Hal ini karena nyamuk betinalah yang dapat memproduksi telur.

Cara mengobati dbd  saat sudah masuk tahap awala adalah dengan menyuruh penderita untuk beristirahat. Istirahat yang cukup akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dapat menaikkan energi. Selain beristirahat, penderita dianjurkan untuk diberi asupan yang bernutrisi dan mendapatkan cairan yang cukup. Hal ini untuk menghindari terjadinya dehidarasi dan energi yang dapat menimbulkan penyakit lainnya.

Baca Juga : Cara Mengobati Flu Tulang secara Tradisional

Siklus Demam Berdarah Pada Anak (Pelana Kuda) dan Nyamuk Penyebab Penyakit DB admin cukupkan disini, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!