Penyuluhan Demam Berdarah di Masyarakat serta Contoh Materinya

Penyuluhan Demam Berdarah di Masyarakat serta Contoh Materinya akan admin bahas kali ini. Siapa yang tak kenal DBD? DBD adalah singkatan dari Demam BerDarah. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang cukup ditakuti oleh kebanyakan orang. Penyebab penyakit DBD adalah virus dengue. Lalu apa lagi itu virus dengue? Virus dengue adalah virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Jika tubuh anda mendadak demam tinggi dan suhunya mendadak turun dalam jangka waktu yang sempit, maka hal itu merupakan tanda tanda penyakit DBD. Maka dari itulah artikel ini membahas soal penyuluhan demam berdarah di masyarakat serta contoh materinya.

 

Penyuluhan DBD

Penyuluhan Demam Berdarah di Masyarakat serta Contoh Materinya

Penyuluhan Demam Berdarah di Masyarakat serta Contoh Materinya

Penyuluhan demam berdarah dilakukan oleh menteri Kesehatan karena banyaknya angka kematian DBD. Namun, penyuluhan DBD bukanlah sebagai cara untuk menakut nakuti anda. Karena penyuluhan kesehatan ini benar benar untuk menghimbau warga agar bisa mengurangi angka tadi. Dengan kata lain, Pemerintah ingin mengajak anda dan saya untuk hidup lebih sehat. Penyuluhan demam berdarah juga dilakukan seperti fogging nyamuk. Hal ini dilakukan agar mengurangi bahkan menghilangkan nyamuk penyebab penyakit DBD.

 

Penyuluhan Demam Berdarah di Masyarakat

Penyuluhan Demam Berdarah di Masyarakat

Penyuluhan Demam Berdarah di Masyarakat

Penyuluhan yang dibuat oleh Pemerintah pun tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Tentunya, penyuluhan tidak dilakukan dengan sembarangan. Satuan acara penyuluhan demam berdarah. Dengan adanya penyuluhan, warga diminta untuk mengerti harus melakukan apa untuk mengurangi penyakitnya, untuk mengetahui gejala gejala yang muncul, dan penangan apa yang harus dilakukan saat orang disekitar kita terkena demam berdarah. Pemerintah pun mengeluarkan SAP untuk penyuluhan tersebut. Pengertian SAP adalah Satuan Acara Penyuluhan dimana hal inilah yang akan menjadi pegangan selama melakukan penyuluhan.

 

Materi Penyuluhan Demam Berdarah

Materi Penyuluhan Demam Berdarah

Materi Penyuluhan Demam Berdarah

Materi penyuluhan demam berdarah yang dilakukan kepada masyarakat memiliki ketentuan seperti dibawah ini.

  1. Materi harus memiliki tujuan yang ingin dicapai setelah melakukan penyuluhan kepada masyarakat.
  2. Waktu penyuluhan harus ditentukan agar tidak terlalu lama dan terlalu cepat
  3. Menentukan metode yang digunakan dalam penyuluhan
  4. Media yang dipakai untuk memperjelas penuturan tentang penyuluhan yang akan dilaksanakan.

Mencantumkan Penelitian yang Terkait Demam Berdarah

Di dalam materi penyuluhan, anda sebagai orang yang akan melaksanakan kegiatan wajib mencantumkan pengertian dari demam berdarah. Penyuluhan demam berdarah ini harus anda paparkan apa sebenarnya demam berdarah itu. Apakah demam berdarah berbahaya? Kemudian sertakan penyebab dari penyakit demam berdarah yang bisa saja datang tanpa kita sadari. Selanjutnya anda juga bisa memaparkan cara penularan demam berdarah yang adalah lewat si nyamuk nakal Aedes Aegypti.

Ciri Nyamuk Aedes Aegypti

Tentunya, nyamuk Aedes Aegypti memiliki beberapa ciri ciri. Ciri Ciri ini bisa anda paparkan agar pendengar tahu perbedaan nyamuk Aedes Aegypti dengan nyamuk Anopheles. Pastikan anda sudah tahu jelas perbedaannya, anda bisa memahaminya sebelum anda melakukan kegiatan penyuluhan. Lalu selanjutnya, setelah anda memaparkan ciri ciri nyamuk Aedes Aegypti anda harus memaparkan gejala dan tanda penderita demam berdarah. Kemudian dilanjutkan dengan pencegahan dan pemberantasan.

Sampaikan dengan Benar

Dalam penyampaian pencegahan dan pemberantasan, pastikan anda menyampaikannya dengan benar. Hal tersebut perlu diperhatikan agar tujuan anda sampai ke pendengar. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan memberantas penyebab penyakit demam berdarah ini. Salah satu hal yang bisa anda jelaskan adalah gerakan 3M yang juga sudah diterapkan oleh beberapa masyarakat. Kemudian paparkan mengenai pertolongan pertama pada penderita DBD.

Siapkan Survey untuk Mengukur Kefahaman Audien

Seperti yang sudah banyak kita ketahui bahwa demam berdarah bisa muncul pada usia berapa saja dan dalam kondisi apapun. Gejalanya datang secara mendadak dan terkadang membuat kita bingung. Untuk itu dalam memaparkan pertolongan pertama pada penderita DBD ini anda harus berhati hati agar warga tidak salah mendapatkan informasi. Selanjutnya jika anda ingin menyertakan koresponden atau survey dalam bentuk pertanyaan di kertas, anda bisa menyiapkannya terlebih dahulu.

Pentingnya Koresponden

Koresponden ini bisa dilakukan demi mendapatkan survey yang baik dari pendengar. Dari koresponden juga anda bisa menilai seberapa jauh warga menerima penyuluhan dan penjelasan yang sudah anda lakukan. Anda bisa juga menjadikan cara ini sebagai bahan atau alat evaluasi anda bersama tim.

 

Proposal Penyuluhan Demam Berdarah

Proposal Penyuluhan Demam Berdarah

Proposal Penyuluhan Demam Berdarah

Sebagian dari kita saat ingin melakukan penyuluhan membutuhkan dan dan biaya pendukung. Tentunya hal ini wajar untuk dilakukan. Dana dan biaya ini bisa kita dapat dari sebuah proposal. Namun, proposal juga bisa dijadikan alat untuk penyampaian niat baik kita kepada kepala suatu daerah dalam memberikan ijin kepada anda. Dibawah ini sedikit contoh proposal penyuluhan demam berdarah di masyarakat yang bisa anda gunakan.

  1. Sertakan lembar pengesahan

Lembar pengesahan berisi nama kegiatan, tema kegiatan, waktu kegiatan, tempat kegiatan, public peserta, penyelenggara kegiatan, dan biaya kegiatan. Dan lembar pengesahan disahkan oleh ketua panitia, sekretaris, dan coordinator yang mengatur.

  1. Projek Proposal

Projek proposal dapat berisi :

  • Latar Belakang
  • Landasan Kegiatan
  • Tujuan Kegiatan
  • Bentuk Kegiatan : nama dan tema, waktu dan tempat kegiatan, penyelenggara kegiatan, publik peserta
  • Sumber dan Estimasi Dana
  • Penutup
  1. Lampiran

Penyuluhan Demam Berdarah di Masyarakat serta Contoh Materinya admin cukupkan, semoga ada manfaatnya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *