Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Manusia, Unggas, dan Tumbuhan

Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Manusia, Unggas, dan Tumbuhan akan admin bahas kali ini. Kesehatan adalah hal yang berharga bagi kita manusia. Saat tubuh sedang tidak sehat maka biasanya aktivitas akan terhambat dan kita pun menjadi sangat tidak bersemangat. Tentunya pada tubuh manusia bisa datang penyakit jenis apapun. Penyebabnya pun berbeda beda. Mungkin saja penyebab datangnya penyakit adalah cara hidup sehat kita yang salah. Seperti contoh penyakit yang disebabkan oleh virus, bakter dan jamur. Lalu apa saja sebenarnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada manusia, unggas dan tumbuhan? Lebih jelasnya akan dibahas dibawah ini.

 

Penyakit yang Disebabkan Bakteri

Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Manusia, Unggas, dan Tumbuhan

Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Manusia, Unggas, dan Tumbuhan

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ada banyak sekali dan bermacam macam. Bahkan bukan cuman manusia yang terkena bakteri. Unggas dan tumbuhan pun bisa saja menjadi sakit karena bakteri. Pada manusia ada kemungkinan bakteri yang masuk kedalam tubuh dibawa oleh darah. Karena itulah kita seringkali mengatakan bahwa darah kita sedang kotor. Eitss, tapi jangan membuat keputusan sendiri. Anda perlu tahu sebenarnya bagaimana bakteri tersebut bisa menyerang tubuh manusia dong. Dan saat penyakit sudah datang biasanya kita akan membeli obat atau antibiotiknya kan.

 

Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Bakteri penyabab Tifus sebagai Salah Satu Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Bakteri penyabab Tifus sebagai Salah Satu Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Bakteri bisa masuk dan menyerang makhluk hidup karena adanya suatu kehidupan. Saat itulah bakteri akan berkembang. Kita harus benar benar menjaga metabolisme tubuh kita tetap fit. Bakteri sendiri adalah kelompok organism kecil atau mikroskopik biasa disebut dengan mikroorganisme. Bakteri tidak memiliki membrane inti sel. Dibawah ini akan disebutkan apa saja penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada manusia, unggas dan tumbuhan.

  1. Tifus
  2. Disentri Basiler
  3. Kolera
  4. Influensa
  5. Pneumonia
  6. TBC Paru Paru
  7. Tetanus
  8. Meningitis
  9. Kencing Nanah
  10. Kusta
  11. Puru atau Patek
  12. Penyakit Bonyok
  13. Penyakit Layu
  14. Penyakit Chlamydiosis
  15. Penyakit Chronic Respitory Disease (CRD)
  16. Penyakit Coryza

 

Penyakit pada Manusia yang Disebabkan oleh Bakteri

Setelah beberapa contoh penyakit diatas, kita akan membahasnya satu persatu. Tujuannya adalah agar anda lebih paham mengenai nama nama penyakit tersebut dan bakteri jenis apa. Namun, jika anda sudah tahu penyakit tersebut dan kemungkinan anda mengalami salah satunya anda bisa segera membuat asuransi kesehatan untuk menjaminnya. Berikut penjelasan penyakitnya.

  1. Penyakit Tipes

Tifus atau tipes adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi bakteri pada tubuh. Bakteri penyebabnya adalah Salmonella Typhi yang umumnya menyebar lewat makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Jenis penyakit yang berkembang dan biasanya dialami oleh anak anak ini dapat membahayakan nyawa mereka jika tidak segera ditangani dengan baik. Kata lain dari penyakit tipes ini adalah demam tifoid. Hal ini terjadi karena mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh sejumlah kecil tinja yang mengandung bakteri.

Penyebab utama bakteri tersebut bisa masuk kedalam tubuh manusia adalah terbatasnya akses air bersih. Mengapa penyakit ini sering dialami oleh anak – anak? Tentu saja karena metabolisme tubuh anak yang belum sempurna. Gejala umunya adalah demam tinggi, diare atau konstipasi dan sakit perut.

  1. Penyakit Paru Paru Basah

Penyakit Paru Paru Basah sebagai Contoh Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Penyakit Paru Paru Basah sebagai Contoh Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Paru paru adalah bagian tubuh manusia yang sangat penting. Lewat paru parulah manusia bisa bernapas. Lalu bagaimana jika paru paru terkena suatu penyakit? Maka hal tersebut bisa sangat membahayakan manusia. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini juga sering disebut dengan pneumonia. Bakteri penyebab penyakit paru paru basah adalah Streptococcus pneumonia. Hal ini juga sering dikait kaitkan dengan penyakit tibia tau TBC.

  1. Penyakit Tetanus

Penyakit tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Clostridium Tetani. Bakteri ini secara alami bisa ditemukan di tanah, debu dan kotoran hewan. Jenis bakteri ini hanya dapat tumbuh dan berkembang biak pada situasi lingkungan yang kurang oksigen atau dinamakan anaerob. Manusia bisa mengalami penyakit ini ketika terdapat luka dan bakteri masuk lewat luka tersebut. Saat bakteri masuk kedalam tubuh manusia ia akan menghasilkan toksin yang kuat disebut tetanospasmin. Toksin inilah yang aktif akan menggangu neuron motorik manusia. Sehingga biasanya penderita akan merasakan kekakuan pada otot.

  1. Diare

Bakteri penyebab diare ada empat jenis yaitu Camplyobacter, Salmonella, Shigella dan E. Coli. Bakteri ini menyebar dan membuat infeksi pada saluran pencernaan manusia yang adalah usus. Keempat bakteri tersebut juga menyebabkan iritasi dan peradanganan bahkan kerusakan pada sistem pencernaan kita. Tentunya keempat bakteri tadi bisa ditemukan ditempat yang berbeda beda. Dan alasannya juga berbeda beda, kemungkinan terbesarnya adalah makanan yang kita konsumsi. Mungkin saja makanan itu tidak dimasak dengan baik dan bersih. Biasanya penderita diare akan mengalami buang air besar yang lebih sering atau mencret.

  1. Keputihan

Bentuk Jamur dan Bakteri Penyebab Keputihan

Bentuk Jamur dan Bakteri Penyebab Keputihan

Wanita seringkali mengalami masa keputihan. Terkadang keputihan datang saat hormon wanita sedang tidak baik. Kita juga sering menyepelekan hal ini karena datangnya tidak selalu sama. Namun ternyata penyakit yang kita sepelekan ini datang karena bakteri. Penyakit keputihan pada wanita sebenarnya disebabkan oleh jamur bernama Candida Albicans. Tapi ternyata, ada bakteri yang juga ikut serta dalam hal ini. Bakteri itu adalah Trichomonas Vaginalis. Biasanya gejala yang muncul adalah peningkatan jumlah cairan keputihan yang berwarna abu – abu, putih sampai keputihan yang berbau.

 

Penyakit pada Unggas yang Disebabkan oleh Bakteri

  1. Penyakit Chlamydiosis

Penyebab penyakit ini adalah bakteri Obligat Intraseluler Chlamydiophila. Bakteri yang adalah mikroorganisme ini memiliki siklus hidup yang amat unik. Ia juga bisa menyebabkan peradangan yang ringan sampai peradangan yang berat pada hwan dan juga manusia. Unggas yang terkena penyakit ini akan mengalami gejala klinis sepert demam dan anoreksia. Biasanya, setelah dua minggu bakteri bisa ditemukan didalam air ludah unggas. Selain itu biasanya muncul bintik yang menjadi penyebab peradangan paru paru. Tentu saja Penyakit infeksi bakteri ini bisa menyebabkan diare pada hewan dan juga manusia serta gangguan pernapasan.

  1. Penyakit CRD

Penyakit ini muncul pada hewan unggas ayam. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma Gallisepticum ini sudah menjadi penyakit menular menahun. Namun pada ayam, penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang klinis. Sehingga biasanya ayam akan mati duluan sebelum dapat ditangani.

  1. Penyakit Coryza

Penyakit Coryza sebagai Contoh Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Hewan

Penyakit Coryza sebagai Contoh Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Hewan

Bakteri penyebab penyakit Coryza adalah Hemophilus Gallinarum. Penyakit ini menyerang sistem pernapasan pada hewan unggas. Coryza bersifat akun sampai akhirnya menjadi sangat kronis. Gejala klinis yang muncul adalah pada hidung hewan unggas akan keuar eksudat yang awalnya berwarna jernih dan lambat laun menjadi warna kuning dan mengeluarkan bau yang khas.

 

Penyakit pada Tumbuhan yang Disebabkan oleh Bakteri

  1. Penyakit Penyok pada Buah Buahan

Selama ini saat kita melihat buah yang penyok maka yang kita pikirkan adalah buah tersebut busuk. Hal lainnya yang kita pikirkan adalah buah tersebut terlalu menghantam jatuh ketanah sehingga sebagiannya menjadi penyok. Namun, ternyata hal tersebut dikarenakan oleh bakteri. Bakteri tersebut adalah Erwinia Amylovora. Biasanya buah akan sangat mudah hancur saat dipegang.

  1. Penyakit Layu pada Jenis Terung Terungan

Bakteri penyebab penyakit layu pada tanaman terung terungan adalah Pseudomonas Solanacaerum.

Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri pada Manusia, Unggas, dan Tumbuhan admin cukupkan sampai disini. Mudah mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!