Pengertian Demam Berdarah Dengue Menurut WHO dan Para Ahli

Pengertian Demam Berdarah Dengue Menurut WHO dan Para Ahli penting diketahui. Demam berdarah masuk ke dalam jenis demam yang sangat berbahaya. Walaupun termasuk dalam penyakit serius, namun demam berdarah sebenarnya dapat ditangani apabila dilakukan secara cepat dan benar. Demam berdarah juga merupakan penyakit yang sering sekali menyerang masyarakat Indonesia dari berbagai usia dan kalangan. Namun, umumnya penyakit ini sering menyerang anak-anak. Penyakit demam berdarah sendiri memiliki banyak sekali definisi nya. Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian demam berdarah dengue menurut who dan para ahli.

 

Demam Berdarah

Pengertian Penyakit Demam Berdarah Dengue

Pengertian Penyakit Demam Berdarah Dengue

Pengertian Penyakit Demam Berdarah Dengue

Pengertian demam berdarah sebenarnya sudah sering sekali dibahas. Bahkan penyuluhan-penyuluh terhadap penyuluhan demam berdarah menyebabkan banyak masyarakat sekarang sudah mengetahui definisinya. Pengertian penyakit demam berdarah secara umum sebenarnya adalah kondisi dimana suhu tubuh mampu mencapai 41 derajat celcius. Demam tinggi tersebut juga disertai dengan munculnya ruam atau bintik bintik merah pada bagian tubuh penderita. Pengertian penyakit demam berdarah dengue adalah penyakit yang sama dengan demam berdarah. Namun, masyarakat sering sekali hanya menyebutnya demam berdarah saja tanpa menyertai dengue. Dengue sebenarnya adalah nama virus yang menyebabkan seseorang terkena penyakit demam berdarah. Virus tersebut berasal dari nyamuk yang bernama Aedes aigypti. Virus dengue inilah yang menjadi indikator demam berdarah sebagai penyakit berbahaya karena dapat membuat kebocoran pada plasma darah.

 

 

Pengertian Demam Berdarah Menurut Para Ahli

Pengertian Demam Berdarah Menurut Para Ahli

Pengertian Demam Berdarah Menurut Para Ahli

Pengertian demam berdarah menurut para ahli adalah penyakit dimana tubuh terinfeksi oleh virus dengue yang akan mengakibatkan penderita terkena demam selama rentang 2 hingga 7 hari, disertai dengan nyeri pada otot, sendi dan tulang, juga dibarengi dengan munculnya ruam atau bintik bintik merah pada tubuh dan jumlah trombosit yang menurun. Gejala dbd dapat dilihat dari kondisi tubuh penderita akan mengalami sakit kepala yang luar biasa dalam jangka panjang. Biasanya sakit kepala ini akan membuat tubuh kehilangan nafsu makan.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering Berkepanjangan

 

Pengertian Demam Berdarah Menurut WHO

Pengertian Demam Berdarah Menurut WHO

Pengertian Demam Berdarah Menurut WHO

Pengertian demam berdarah menurut WHO adalah penyakit demam yang disertai dengan penyakit lain seperti terjadinya pendarahan, munculnya ruam ataupun bintik bintik merah pada tubuh serta jumlah trombosit yang sangat menurun secara drastis. Menurut WHO gejala awal dbd sama seperti yang telah dijelaskan menurut para ahli. Gejala awal tersebut adalah terasa nyeri pada kepala. Setelah itu penderita akan merasakan nyeri pada otot dan tulang. Selain merasa nyeri, ternyata virus dengue juga mampu menyebabkan pendarahan.

 

Tanda Tanda DBD

Suhu Tubuh Meningkat Ekstrim

Peningkatan Suhu Badan sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

Peningkatan Suhu Badan sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

Tanda tanda dbd seperti kondisi suhu tubuh yang mampu mencapai 41 derajat celcius bisa naik turun saat seseorang positif terkena penyakit demam berdarah dengue. Saat suhu tubuh yang menurun bukan berarti penderita demam berdarah sudah mengalami kepulihan, hal ini menyatakan sebaliknya. Suhu yang menurun menandakan bahwa penderita sedang berada dalam fase kritis. Tubuh sedang dalam kondisi berbahaya dimana pembuluh darah terganggu, plasma darah akan mengalami kebocoran sehingga cairan dalam tubuh akan menurun secara drastis.

Baca Juga : Info Lengkap Penyakit Flu Burung serta Bahayanya

Munculnya Ruam Merah

Tanda dbd seperti munculnya ruam atau bintik bintik merah pada penderita demam berdarah dengue biasanya hampir mirip dengan bintik bintik merah yang ada penyakit campak. Namun tentu saja kedua bintik tersebut memiliki perbedaan. Pada penyakit demam berdarah dengue, ruam atau bintik bintik merah tersebut tidak terasa nyeri dan gatal, juga tidak akan hilang saat ditekan. Namun pada penyakit campak sendiri, ruam atau bintik bintik merah akan terasa nyeri dan gatal dan akan hilang saat ditekan. Tanda2 penyakit dbd selain muncul bintik juga disertai dengan pusing dan hilangnya nafsu makan.

 

Gejala Demam Berdara Dengue

Gejala dbd dimana kondisi tubuh mengalami sakit kepala adalah awal mula virus dengue mulai menyerang tubuh.  Saat virus dengue sudah masuk ke dalam tubuh dan mulai menyerang kepala penderita, maka secara otomatis nafsu makan akan berkurang. Nafsu makan yang menurun juga merupakan efek yang timbul dari sistem pencernaan yang sudah terganggu oleh virus dengue.

Mual dan Muntah

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Gejala dbd pada anak menurut para ahli selanjutnya adalah, anak akan mengalami mual mual dan muntah. Mual mual dan muntah merupakan efek yang ditimbulkan dari sistem pencernaan yang mulai terganggu karena kerja dari virus dengue. Gejala penyakit dbd seperti menurunnya nafsu makan dan membuat penderita mengalami mual hingga muntah akan membuat tubuh kehilangan energi dan cairan sehingga membuat wajah menjadi pucat. Wajah menjadi pucat adalah tanda yang ditimbulkan pada saat tubuh kehilangan energi yang seharusnya tercukupi.

Baca Juga : Ciri Bekas Gigitan Nyambuk DBD

Produksi Keringat Bertambah

Gejala penyakit dbd menurut para ahli selanjutnya adalah penderita akan mengalami produksi keringat yang berlebihan. Produksi keringat yang berlebihan juga berpotensi membuat penderita mengalami dehidrasi hebat. Sehingga saat hal ini terjadi maka sangat dianjurkan kepada penderita untuk selalu mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak untuk tetap menjaga cairan yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi.

Demam Tinggi

Demam Tinggi sebagai Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Demam Berdarah

Demam Tinggi sebagai Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Demam Berdarah

Gejala penyakit dbd menurut para ahli selanjutnya adalah penderita akan mengalami demam tinggi. Demam tinggi merupakan efek yang timbul karena sistem kekebalan tubuh yang kalah melawan serangan virus dengue. Tubuh yang sudah kehabisan energi dalam berusaha melakukan perlawanan terhadap serangan virus dengue akan membuat suhu tubuh menjadi tidak normal. Suhu tubuh yang tidak normal tersebut juga merupakan bentuk kondisi tubuh yang sudah terinfeksi oleh virus dengue.

Nyeri Sendi

Tanda gejala dbd menurut para ahli selanjutnya adalah penderita akan mengalami nyeri pada beberapa sendi dan otot. Menurut para ahli, penyakit demam berdarah dengue juga dikenal sebagai penyakit breakbone. Hal ini berarti bahwa penyakit demam berdarah tidak hanya menyerang sistem peredaran darh tetapi juga menyerang hingga ke tulang dan sendi manusia. Hal ini lah yang membuat penderita mengalami nyeri pada bagian otot dan tulang, bahkan saat mereka tidak sedang melakukan aktivitas berat.

Baca Juga : Cara Mencegah Demam Berdarah dengan 3M

 

Virus dengue yang sudah menyerang sistem peredaran darah akan membuat pembuluh darah terganggu dan plasma darah mengalami kebocoran. Pendarahan biasanya terjadi pada bagian tubuh seperti gusi dan hidung. Saat pendarahan terjadi maka darah akan sangat sulit membeku. Hal inilah yang mengindikasi bahwa penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang berbahaya bahkan bisa menyebabkan kemungkinan terburuk seperti kematian.

Pengertian Demam Berdarah Dengue Menurut WHO dan Para Ahli

Pengertian Demam Berdarah Dengue Menurut WHO dan Para Ahli

Gejala dbd pada bayi biasanya juga sama dengan gejala gejala dbd yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Namun biasanya yang berbeda adalah respon tubuh terhadap menahan rasa sakit. Respon tubuh bayi dalam menahan rasa sakit akan sangat rendah dibandingkan dengan usia usia lain. Bayi akan mudah memunculkan bercak bercak merah pada tubuhnya, dan akan sangat sensitif terhadap benturan benturan kecil. Maka saat bayi menderita dbd dianjurkan untuk sangat berhati-hati dan menjauhkannya dari benda benda tajam untuk menghindari terjadinya luka yang akan menyebabkan ia kehilangan banyak darah.

Gejala gejala dbd biasanya terjadi hanya 2 hari sebelum penderita benar-benar dinyatakan positif terkena penyakit demam berdarah dengue. Sebaiknya saat sudah mengetahui gejala gejala dbd yang sudah disebutkan diatas lebih baik untuk membawa penderita ke rumah sakit. Hal ini untuk mendapatkan perawatan terbaik dan penangan sebelum terjadi hal hal buruk yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Gejala Demam Berdarah pada Anak

Pengertian Demam Berdarah Dengue Menurut WHO dan Para Ahli admin cukupkan sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!