Obat Tradisional Demam Berdarah dan Ramuan Herbalnya serta Bagaimana Cara Mengobatinya

Obat Tradisional Demam Berdarah dan Ramuan Herbalnya serta Bagaimana Cara Mengobatinya admin kira penting untuk disampaikan. Penyakit dbd atau  demam berdarah dengue merupakan penyakit yang sering menyerang masyarakat Indonesia. Karena terlalu sering, Indonesia sampai masuk ke dalam negara terbesar nomor dua dengan jumlah penderita demam berdarah dengue terbesar. Penyakit demam berdarah dengue tergolong ke dalam penyakit yang berat dan serius. Hal ini karena penyakit tersebut dapat membuat pasiennya meninggal dunia. Namun,  seiring berkembangnya zaman dokter pun ternyata sudah banyak menemukan cara alami dan tradisioanl dalam menangani dbd. Berikut  ini akan dibahas mengenai obat tradisional demam berdarah dan ramuan herbalnya.

 

Obat DBD

Obat Tradisional Demam Berdarah

Obat Tradisional Demam Berdarah

Obat Tradisional Demam Berdarah

Rebusan Air Daun Patikan

Penyakit demam berdarah dengue dapat ditangani dan tidak akan berbahaya apabila kita lebih cepat dalam melihat ciri2 dbd tersebut. Selain memeriksakannya ke dokter, beberapa bahan tradisional ternyata telah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah. Salah satu obat tradisional demam berdarah yaitu dengan memanfaatkan daun patikan kebo. Daun patikan kebo dipercaya memiliki kandungan yang dapat mengurangi pendarahan. Saat seseorang terkena penyakit dbd maka akan mengalami pendarahan. Mengkonsumsi rebusan air daun patikan kebo dipercaya dapat membantu memberhentikan pendarahan.

Baca Juga : Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak

Beras Angkak

Jumlah trombosit yang menurun drastis adalah tanda dbd. Jumlah trombosit yang menurun tersebut dapat ditingkatkan kembali dengan menggunakan bahan alami yaitu dengan menggunakan beras angkak. Kandungan pada beras angkak dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit yang sempat menurun drastis. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa mengkonsumsi beras angkak dapat membantu menyembuhkan penyakit demam berdarah dengue.

Daun Kemangi

Daun Kemangi sebagai Obat DBD

Daun Kemangi sebagai Obat DBD

Cara mengobati dbd selanjutnya yaitu dapat menggunakan daun kemangi. Pada saat tubuh terserang penyakit demam berdarah dengue, itu berarti daya tahan tubuh sedang menurun. Karena virus denguee hanya berhasil menyerang mereka yang dalam kondisi daya tahan tubuhnya rendah. Daun kemangi memiliki kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Selain itu juga dapat mempercepat pemulihan dari demam yang tinggi.

Baca Juga : Cara Mencegah Demam Berdarah dengan 3M

Mengkonsumsi Jus Jeruk

Cara menyembuhkan dbd secara alami selanjutnya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi jus jeruk. Pada saat seseorang terkena penyakit demam berdarah dengue, maka penyebab nya tak lain dan tak bukan adalah virus dengue. Dengan mengkonsumsi jus jeruk maka akan membantu mengusir virus dengue yang menyerang tubuh. Pasalnya kandungan vitamin dalam jeruk dipercaya ampuh dalam mengusir virus.

Daun Meniran dan Pegagan

Daun Pegagan yang Dapat Digunakan sebagai Obat Demam Berdarah Dengue

Daun Pegagan yang Dapat Digunakan sebagai Obat Demam Berdarah Dengue

Cara mengobati dbd secara alami selanjutnya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi daun meniran dan pegagan. Saat seseorang mengidap penyakit demam berdarah dengue pasti akan mengalami penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri. Kandungan pada daun meniran dan pegagan salah satunya adalah terdapat antibakteri. Antibakteri dalam daun tersebut diharap dapat membantu membersihkan bakteri pada tubuh penderita.

 

Ramuan Tradisional Obat Demam Berdarah

Daun Jambu Biji

Ramuan tradisional obat demam berdarah yang dapat digunakan selanjutnya adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Daun biji sudah sangat terkenal manfaatnya dalam menangani penyakit dbd. Kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji seperti senyawa tanin dan flavvonoid nya dipercaya dapat menghambat sistem kerja enzim dan otomatis juga akan menghambat perkembangan virus dengue. Ramuan tersebut dapat diracik dengan merebus beberapa lembar daun jambu biji, kemudian air rebusannya dapat diminum dalam keadaan hangat kepada penderita.

Siklus Demam Berdarah Anak yang Mirip dengan Pelana Kuda

Air Kelapa

Air Kelapa sebagai Obat Demam Berdarah

Air Kelapa sebagai Obat Demam Berdarah

Obat tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dbd selanjutnya adalah dengan memanfaatkan air kelapa. Saat mengkonsumsi air kelapa, kandungan dalam air kelapa yang dipercaya mampu mendetoksifikasi tubuh sehingga segala jenis virus yang menyerang tubuh dapat dibuang. Tentu saja konsumsi air kelapa ini juga harus menggunakan prosedur agar tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Sebaiknya air kelapa dikonsumsi hanya dua kali dalam sehari. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi air kelapa dengan air perasan satu buah jeruk nipis untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Goldenseal

Obat Tradisional Demam Berdarah dan Ramuan Herbalnya serta Bagaimana Cara Mengobatinya

Obat Tradisional Demam Berdarah dan Ramuan Herbalnya serta Bagaimana Cara Mengobatinya

Obat tradisional demam berdarah secara tradisional menggunakan bahan alami selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi goldenseal. Tumbuhan goldenseal ini dipercaya sangat ampuh dalam mengobati penyakit demam berdarah dengue dalam beberapa hari. Hal ini karena dalam tumbuhan tersebut terdapat kandungan antivirus yang dapat membantu menyingkirkan virus dengue yang menyerang tubuh. Walaupun di Indonesia tumbuhan goldenseal belum terlalu populer, namun khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit demam berdarah dengue sudah dibuktikan oleh beberapa pakar dan juga dalam dunia kedokteran.

Daun Nimba

Obat demam berdarah tradisional selanjutnya adalah dengan menggunakan manfaat dari daun nimba. Pasalnya, daun nimba ini dipercaya kandungannya dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah dengue. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena dalam daun nimba terdapat kandungan yang dapat meningkatkan kadar trombosit penderita. Tak hanya itu, daun nimba juga dipercaya mampu mengembalikan daya tahan tubuh dan sistem imun tubuh yang hilang. Daun nimba bisa dikonsumsi dengan cara meminum air rebusan daunnya.

Daun Pepaya

Daun Pepaya yang Dapat Digunakan untuk Mengobati Demam Berdarah

Daun Pepaya yang Dapat Digunakan untuk Mengobati Demam Berdarah

Obat tradisional demam berdarah pada anak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun pepaya. Banyak penelitian sudah menyebutkan bahwa dalam daun pepaya terdapat senyawa organik yang dipercaya mampu meningkatkan trombosit. Tak hanya itu, dalam daun pepaya juga terdapat kandungan vitamin C dalam jumlah yang besar. Vitamin C tersebut dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan dalam tubuh penderita. Selain sebagai antioksidan, vitamin C juga dipercaya mampu meningkat sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang menjadikan daun pepaya menjadi solusi tradisional dalam menyembuhkan dbd.

Baca Juga : Obat Pilek Alami untuk Bayi dan Anak

Daun Fenugreek

Obat tradisional penyakit demam berdarah selanjutnya adalah dengan menggunakan manfaat dari daun fenugreek. Saat penderita terkena demam berdarah dengue maka suhu tubuh akan meningkat secara signifikan dan mampu mencapai 41 derajat celcius. Kandungan yang terdapat dalam daun fenugreek dipercaya mampu membantu meredakan demam yang dialami penderita. Tak hanya itu, kandungan dalam daun fenugreek dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh penderita. Sehingga dapat membuat penderita lebih nyenyak saat hendak tidur dan dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh.

Daun Ketumbar

Obat sakit demam berdarah tradisional selanjutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun ketumbar. Sama seperti daun fenugreek, kandungan pada daun ketumbar juga dipercaya mampu meredakan demam penderita. Daun ketumbar dapat dikonsumsi dengan cara mencucinya sampai bersih dan mencampurkannya dengan air. Setelah itu daun ketumbar di blender hingga halus hingga menjadi jus. Dianjurkan untuk diminum setiap hari agar mempercepat proses penyembuhan demam berdarah dengue. Namun, penderita alergi tidak dianjurkan mengkonsumsi jus daun ketumbar untuk menghindari terjadinya alergi.

Buah Delima

Buah Delima sebagai Ramuan Tradisional Obat Demam Berdarah

Buah Delima sebagai Ramuan Tradisional Obat Demam Berdarah

Pengobatan dbd secara alami selanjutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan buah delima. Sama seperti beberapa tumbuhan yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa pada buah delima ternyata juga terdapat kandungan yang dapat menaikkan kembali jumlah trombosit yang sempat menurun drastis. Selain itu, buah delima juga kaya akan vitamin C. Maka akan membuat tubuh menjadi lebih kebal secara alami oleh gangguan dari serangan virus dikemudian hari. Dianjurkan kepada penderita untuk mengkonsumi buah delima dalam keadaan jus.

Baca Juga : Info Lengkap Demam Berdarah dan Penyebabnya

Kunyit

Mengobati dbd dengan cara tradisional selanjutnya dapat digunakan dengan cara dengan cara memanfaatkan kandungan yang ada dalam kunyit. Kandungan dalam kunyit seperti antioksidan dan antivirus dapat membantu membuang virus virus dengue yang ada dalam tubuh. Selain itu, kunyit juga dipercaya mampu mengembalikan sistem pencernaan yang sebelumnya terhambat menjadi lancar kembali. Hal ini karena saat penderita terkena dbd maka otomatis sistem pencernannya juga menjadi tidak lancar.

Obat Tradisional Demam Berdarah dan Ramuan Herbalnya serta Bagaimana Cara Mengobatinya admin sudahi sampai disni, jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!