Obat Pilek Alami Untuk Bayi, Anak, dan Dewasa yang Ampuh

Obat Pilek Alami Untuk Bayi, Anak, dan Dewasa yang Ampuh penting diketahui. Pilek adalah penyakit dimana bakteri meyerang saluran pernapasan seperti hidung. Bakteri ini membuat hidung memproduksi lendir yang berlebihan dan sangat mengganggu sistem kerja saluran pernapasan seperti saat hendak menghirup oksigen. Pilek dapat dialami oleh semua usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Cara mengatasi pilek juga berbeda tergantung dari usianya. Hal ini karena sistem kerja organ berbeda tergantung umur seseorang. Bukan hanya itu, cara tubuh merespon terhadap sesuatu juga tergantung umur seseorang. Maka dari itu perlu diketahui mengenai obat pilek alami untuk bayi, anak, dan dewasa yang ampuh.

 

Obat Pilek

Obat Pilek Alami Untuk Bayi

Obat Pilek Alami Untuk Bayi, Anak, dan Dewasa yang Ampuh

Obat Pilek Alami Untuk Bayi, Anak, dan Dewasa yang Ampuh

Bayi merupakan masa dimana ia sangat sensitif terhadap penyakit. Saat masih bayi, beberapa organ dalam tubuhnya bahkan belum bisa terbentuk secara sempurna. Hal ini lah yang membuat saat bayi terkena penuyakit seperti pilek tidak dianjurkan untuk memberikan obat-obat berbahan kimia. Obat berbahan kimia memang dapat menyembuhkan dengan cepat, namun akan memiliki efek samping yang mungkin dapat menghambat pembentukan organ tubuh lainnya. Pengobatan menggunakan obat alami bisa menjadi solusi. Beberapa bbat pilek alami yang dapat digunakan untuk bayi adalah:

  • Menggosokkan Minyak Telon

Obat pilek alami untuk bayi yang pertama adalah dengan menggosokkan minyak telon ke tubuh bayi. Saat terkena pilek, maka lendir yang berlebihan akan segera mereda apabila minyak telon dioleskan di daerah hidung. Aroma dari minyak telon ini akan dengan cepat membuat produksi lendir berkurang dan membuat hidung dalam kondisi kering. Selain di daerah hidung, minyak telon juga dapat digosokkan ke daerah punggung dan perut bayi. Hal ini untuk membuat rasa nyaman pada tubuh bayi yang sempat terganggu akibat bakteri dan virus yang menyerang.

  • Memijat Kepala Bayi

Memijat Bayi sebagai Cara Mengobati Flu Pada Bayi Baru Lahir usia 1 dan 2 Bulan

Memijat Bayi sebagai Cara Mengobati Flu Pada Bayi Baru Lahir usia 1 dan 2 Bulan

Obat alami batuk pilek bayi selanjutnya bisa dilakukan dengan cara memijat kepala bayi. Memijat kepala bayi lebih baik apabila menggunakan minyak kelapa. Tubuh bayi yang terganggu akibat serangan bakteri dan virus dalam tubuh akan membuat kepalanya menjadi lebih sakit dari biasanya. Menangis adalah jalan terbaik bayi untuk mengatakan rasa sakitnya. Memijat kepala bayi dengan hati-hati menggunakan minyak kelapa akan membuat tubuh bayi terasa lebih nyaman. Hal ini akan membantunya terlelap dengan cepat dan nyaman.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal

  • Memberikan Asi

Obat alami pilek untuk bayi selanjutnya adalah dengan pemberian asi eksklusif. Saat sedang pilek, berarti sistem imun dalam tubuh bayi kalah oleh virus dan bakteri yang menyerang. Pemberian asi dipercaya mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh bayi sehingga virus dan bakteri dapat hilang.

  • Melakukan Terapi Panas

Obat alami pilek pada bayi selanjutnya adalah dengan melakukan terapi uap panas kepada bayi. Terapi uap panas ini dipercaya mampu membunuh bakteri dan virus yang menyerang tubuh bayi. Efek panas pada tubuh bayi selain membunuh bakteri dan virus juga akan memberikan sensasi nyaman, sehingga akan membuat bayi cepat terlelap dengan rasa nyaman.

  • Menghangatkan Tubuh Bayi

Cara Mengatasi Flu Bayi dengan Menghangatkan Tubuh Bayi

Cara Mengatasi Flu Bayi dengan Menghangatkan Tubuh Bayi

Obat batuk pilek alami pada bayi selanjutnya adalah dengan menghangatkan tubuh bayi. Bayi yang sedang terserang pilek dapat disembuhkan dengan selalu menghangatkan tubuh bayi. Menjaga tubuh bayi tetap hangat akan membantu meredakan pilek yang ada dalam hidung. Selain itu, suhu yang hangat akan membantu bayi dalam tidur nyenyak.

  • Pemberian Madu

emberian madu dapat menjadi obat alami bayi pilek. Madu sudah sangat dikenal akan khasiatnya terhadap kesehatan. Madu merupakan bahan alami yang aman dikonsumsi oleh tubuh bayi. Kandungan madu dipercaya mampu meningkatkan energi dan sistem imun tubuh bayi. Pemberian madu bisa dilakukan dengan mencampurkan air putih ataupun pada susu formula bayi untuk menghindari bayi menolak saat diberikan madu.

Baca Juga : Obat Flu Tradisional untuk Ibu Hamil

  • Memberikan Perasan Air Jeruk Nipis

Obat alami pilek bayi adalah dengan pemberian perasan air jeruk nipis. Kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis akan membantu meredakan pilek. Selain itu pemberian perasan air jeruk nipis juga dapat menjadi obat alami untuk bayi batuk pilek. Biasanya bayi yang terkena pilek juga akan rentan terkena batuk. Sehingga cara mengatasinya sering sama.

 

Obat Alami Batuk Pilek Anak

Selanjutnya akan dibahas mengenai obat alami batuk pilek anak. Usia anak biasanya dimulai dri umur 3 tahun hingga 10 tahun. Mengobati batuk pilek pada anak juga lebih baik menggunakan cara alami ataupun obat herbal. Apabila memberi anak mengkonsumsi obat berbahan kimia sebagai solusi batuk pilek yang dideritanya maka akan membuat tubuhnya terkena resistensi. Hal ini akan sangat berbahaya bagi tubuh apabila dilakukan secara terus menerus.

  • Mengkonsumsi Air Putih

Konsumsi Air Putih sebagai Cara Menghilangkan Batuk Gatal di Tenggorokan

Konsumsi Air Putih sebagai Cara Menghilangkan Batuk Gatal di Tenggorokan

Obat pilek alami untuk anak yang pertama adalah dengan memberikan air putih dalam jumlah yang banyak saat terkena pilek. Air merupakan 70% penyusun tubuh makhluk hidup. Saat terkena pilek maka lebih baik menggantikan energi dalam tubuh yang sempat hilang, mengkonsumsi air putih dapat menjadikan solusi. Disarankan agar mengkonsumsi air putih hangat agar bakteri dan virus yang menyerang ikut terbawa saat tubuh mengeluarkan sisa-sisa dalam tubuh melalui keringat dan air seni.

Ciri Ciri Flu Singapura pada Balita dan Bayi

  • Memberikan Larutan Garam

Obat batuk pilek alami untuk anak selanjutnya dapat dilakukan dengan memberikan larutan garam. Kandungan natrium dapat membunuh bakteri dan virus yang menyerang tubuh. Pemberian larutan garam dapat lebih maksimal khasiatnya apabila dicampur dengan air putih hangat.

  • Menghirup Aroma Bawang

Obat alami pilek anak yang alami selanjutnya dapat dilakukan dengan menghirup aroma dari bawang, baik bawang merah maupun bawang putih. Caranya dapat dilakukan dengan mengiris bawang putih lalu mendekatkan nya di dekat hidung. Aroma sulfur dari bawang putih dan bawang merah akan meredakan lendir yang diproduksi berlebihan oleh hidung.

  • Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun sebagai Obat Alami Batuk Pilek Anak

Minyak Zaitun sebagai Obat Alami Batuk Pilek Anak

Obat pilek anak alami selanjutnya dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat dioleskan di bagian kepala, hidung, punggung dan perut. Selain mengurangi produksi lendir dalam hidun, sensasi dari aroma minyak zaitun akan memberikan rasa nyaman dalam tubuh sehingga anak akan lebih nyaman saat tidur.

Gejala Flu Babi pada Manusia

  • Memberikan Sup Ayam

Obat batuk pilek anak alami selanjutnya dapat dilakukan dengan memberikan sup kaldu ayam. Kaldu ayam dapat meningkatkan sistem imun tubuh anak. Sup kaldu ayam akan lebih efektif saat diberikan dalam kondisi hangat. Sehingga sup kaldu ayam dapat menjadi solusi terbaik pada tubuh.

 

Obat Pilek Alami untuk dewasa

Selanjutnya akan dibahas mengenai obat pilek alami untuk orang dewasa. Obat pilek alami untuk dewasa yang pertama dapat dilakukan dengan cara mandi menggunakan air hangat. Saat tubuh terserang virus dan bakteri, maka cara membunuhnya dapat dilakukan dengan mandi menggunakan air hangat. Air hangat dipercaya mampu membuka pori-pori tubuh sehingga akan mengeluarkan sisa-sisa tubuh yang tidak dipakai lagi melalui kringat.
Obat pilek alami dewasa selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi sayur berserat dan buah yang kaya akan vitamin. Tubuh yang terserang penyakit pilek adalah tubuh dimana sistem imun kalah saat melawan virus dan bakteri yang menyerang. Mengkonsumsi sayur dan buah akan mengembalikan daya tahan tubuh seseorang, selain itu juga meningkatkan sistem imun seseorang. Mengkonsumsi buah dan sayur tidak hanya dapat menyembuhkan penyakit, tetapi juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : Info Lengkap Flu Burung

Sering mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin dan sayur berserat akan meningkatkan sistem imun dalam tubuh, dan membuat tubuh tidak rentan terhadap penyakit. Obat Pilek Alami Untuk Bayi, Anak, dan Dewasa yang Ampuh admin cukupkan sampai disini, semoga ada manfaatnya..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!