Obat Flu Mata Berair Untuk Balita dan Anak Secara Alami

Obat Flu Mata Berair Untuk Balita dan Anak Secara Alami harus difahami orang tua sekarang. Semakin hari, kondisi lingkungan semakin tidak stabil. Hal ini tentu sangat merugikan bagi tubuh. Kondisi yang tidak stabil tersebut berpotensi membawa bakteri dan virus yang dapat menyerang tubuh kapan saja. Contohnya virus influenza penyebab flu. Ternyata, penyakit flu ini tidak bisa dianggap remeh walau penyakitnya tergolong dalam penyakit ringan. Virus penyebab flu ternyata juga dapat menyebabkan penyakit mata. Bagaimana cara mengatasinya apabila penyakit tersebut menyerang balita dan anak? Berikut ini akan dibahas mengenai obat flu mata berair untuk balita dan anak secara alami.

 

Flu Mata Berair

Obat Flu Mata Berair

Obat Flu Mata Berair Untuk Balita dan Anak Secara Alami

Obat Flu Mata Berair Untuk Balita dan Anak Secara Alami

Sakit mata dapat terjadi karena adanya bakteri yang menyerang sistem penglihatan pada tubuh. Sakit mata dapat terjadi saat kita terserang flu, virus yang menyerang flu tersebut ternyata mengundang bakteri lain masuk dan menyerang tubuh saat sistem imun menurun. Penyakit flu mata merupakan kondisi dimana mata mengeluarkan ataupun memproduksi lendir secara berlebihan. Lendir tersebut akan menghalangi penglihatan dan meyebabkan rasa gatal disertai nyeri. Beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai obat flu mata yaitu:

  • Mengompres Mata

Mengompres Mata sebagai Obat Flu Mata Berair

Mengompres Mata sebagai Obat Flu Mata Berair

Obat flu mata berair yang pertama dapat dilakukan dengan mengompres mata menggunakan air hangat. Caranya dapat dilakukan dengan mengambil handuk yang teksturnya halus ataupun kain yang permukaannya tidak kasar, kemudian dicelupkan ke dalam air hangat lalu diletakkan di sekitar mata. Cara ini dipercaya ampuh mengurangi amta berarir karena efek panas yang diterima mata akan bereaksi dan meredakan air yang di produksi secara berlebihan oleh mata.

Baca Juga : Cara Mengatasi Batuk Karena Alergi Dingin

  • Menggunakan Daun Sirih

Mata berair dapat dikurangi dengan menggunakan air perasan daun sirih. Caranya dapat dengan mudah dilakukan, cukup dengan merebus air daun sirih, cuci wajah, kemudian air tersebut diteteskan di sekitar mata. Hal ini dapat diulangi selama 3 hari untuk mempercepat mata berair kembali menjadi normal. Sejak dulu, kandungan daun sirih sudah dipercaya berkhasiat dalam menjaga kebersihan mata dan mengeluarkan kotoran-kotoran yang masuk ke dalam mata.

Baca Juga : Info Lengkap Batuk Berdahak dan Cara Pengobatannya

 

Obat Flu Mata Untuk Balita

Saat terkena penyakit flu mata, ada baiknya kita memperhatikan usia seseorang saat hendak menngobati penyakit flu mata tersebut. Hal ini karena perbedaan usia mengakibatkan perbedaan cara tubuh merespon reaksi atas obat yang diberikan. Berikut ini akan dibahas mengenai cara yang dapat dilakukan sebagai obat flu mata untuk balita, yaitu:

  • Menggunakan Salep

Flu mata dapat tergolong menjadi dua, yang pertama adalah menyebabkan mata merah pada anak dan yang kedua adalah mata mengeluarkan lendir yang berlebihan atau sering disebut dengan belekan. Menggunakan salep dapat menjadi salah satu obat flu mata anak. Salep dioleskan dibagian bawah kelopak mata anak. Sehingga, saat anak berkedip maka secara tidak langsung salep akan masuk kedalam mata dan akan membuat mata tidak memproduksi lendir. Salep juga dapat mengatasi sakit mata merah pada anak.

  • Tetes Mata

Obat Flu Mata Untuk Balita sebagai Obat Flu Mata Untuk Balita

Obat Flu Mata Untuk Balita sebagai Obat Flu Mata Untuk Balita

Penyakit pada mata anak tentu akan sangat menganggu aktivitasnya. Untuk segera membuatnya kembali beraktivitas secara normal maka menggunakan tetes mata dapat menjadi solusi. Tetes mata dipercaya mampu meredakan produksi lendir oleh mata, serta dapat juga sebagai cara mengatasi mata merah. Tetes mata harus dilakukan dalam pengawasan orang tua maupun orang dewasa. Pasalnya, pembelian tetes mata yang berlebihan akan membuat penyakit baru yang timbul karena dosis yang berlebihan.

  • Mengompres Dengan Air Hangat atau Air Dingin

Sakit mata pada anak dapat diredakan apabila kita mengompres dengan air hangat maupun air dingin. Sakit mata pada anak merupakan keadaan dimana mata terserang oleh bakteri. Saat mata anak dikompres dengan air hangat maupun air dingin, maka bakteri yang tidak tahan dan dapat terusik pada suhu air tersebut akan mati secara perlahan. Mengompres mata anak harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu sistem organ yang lain. Saat mengompres mata anak tetap perlu pengawasan orang tua ataupun orang dewasa.

Baca Juga : Cara Penularan Virus Flu Babi yang Harus Kamu Waspadai

 

Obat Flu Mata Alami

Saat anak sedang terserang penyakit, seringkali orang tua yang khawatir langsung menggunakan obat berbahan kimia sebagai jalan keluarnya. Mengatasi berbagai penyakit akan lebih aman apabila menggunakan cara alami ataupun obat berbahan herbal. Hal ini untuk menghindari terjadinya efek samping yang disebabkan karena konsumsi obat-obat berbahan kimia. Beberapa cara yang dapat dimanfaatkan sebagai obat flu mata alami, yaitu:

  • Menggunakan Bawang Putih

Selain dapat digunakan dalam bahan alami penyedap makanan, ternyata bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk flu mata. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memotong bawang putih ke dalam dua bagian. Bagian dalam bawang putih dapat dioleskan dibagian bawah kelopak mata. Beberapa saat maka mata akan terasa perih dan mengeluarkan cairan, namun hal ini membuktikan bahwa mata sudah memberikan reaksi terhadap bawang putih. Setelah itu bekas olesan bawang putih dapat segera dibersihkan dengan menggunakan tisu. Bawang putih yang mengandung sulfur dapat dipercaya membunuh bakteri yang menyerang mata dan menyebabkan mata berair.

  • Menggunakan Mentimun

Menggunakan Mentimun untuk Obat Flu Mata Alami

Menggunakan Mentimun untuk Obat Flu Mata Alami

Selain dapat dimanfaatkan dalam dunia kencantikan seperti untuk masker, ternyata mentimun juga dapat dimanfaatkan sebagai obat pereda sakit mata. Hal ini dapat dilakukan dengan mengiris mentimun dan meletakkannya diatas mata dalam keadaan terpejam. Mentimun dipercaya dapat meredakan rasa sakit akibat belekan juga dapat mengurangi mata merah yang disebabkan karena bakteri. Kandungan dalam mentimun dipercaya dapat membunuh bakteri karena mentimun termasuk dalam buah yang mengandung antibakteri terbesar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Karena Flu

  • Menggunakan Air Rendaman Daun Sirih

Menggunakan air rendaman daun sirih ternyata dipercaya ampuh dalam meredakan flu mata. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan. Sirih dapat direndam selama kurang lebih 25 menit dalam air hangat. Setelah itu, masukkan mata kedalam air rendaman tersebut. Hasilnya akan lebih maksimal saat memasukkan mata dan berkedip di dalamnya. Rasa perih akan terasa saat berkedip namun bakteri penyebab flu mata akan terangkat oleh air rendaman daun sirih tersebut. Saat hendak melakukannya pada anak dan balita, diharapkan harus dalam pengawasan orang tua.

 

Penyebab Sakit Mata

Penyebab sakit mata ternyata digolongkan kedalam 3 jenis. Pertama adalah sakit mata yang disebabkan oleh bakteri, kemudian yang kedua adalah sakit mata yang disebabkan karena alergi, dan yang ketiga adalah sakit mata yang disebabkan oleh virus.

Mata berair adalah keadaan dimana mata terserang oleh bakteri dan virus. Saat seseorang terkena penyakit ini, maka akan diawali dengan rasa sakit saat membuka mata di waktu baru bangun tidur. Tidak hanya berair, ternyata efek lain yang ditimbulkan bisa berupa gatal-gatal. Sedangkan sakit mata merah merupakan penyakit yang disebabkan oleh alergi. Jenis sakit mata ini tergolong lebih mudah sembuh dibandingkan yang lainnya, namun juga berpotensi menular.

Baca Juga : Harga Vaksin Influenza

Obat Flu Mata Berair Untuk Balita dan Anak Secara Alami admin cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!