Obat Batuk Rejan pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas obat batuk rejan pada orang dewasa dan cara mengatasinya. Batuk rejan tak hanya menyerang anak dan bayi, penyakit ini juga dapat menyerang semua umur termasuk orang dewasa. Banyaknya aktivitas yang kita lakukan diluar ruangan sangat besar penyebabnya, karena udara ataupun polusi diluar ruangan mengandung sangat banyak bakteri yang tak terduga menjadi penyebab kita terkena penyakit yang satu ini. Penyakit ini sangat mudah untuk ditularkan lewat udara.

Cara Mengatasinya dan Mengobati Batuk Rejan atau Batuk Pertusis

Cara Mengatasinya dan Mengobati Batuk Rejan atau Batuk Pertusis

Batuk Rejan (Pertusis)

Batuk Rejan pada Orang Dewasa

Obat batuk rejan pada orang dewasa adalah topik yang akan dibahas kali ini serta cara mengatasi batuk rejan agar tidak menderita penyakit yang satu ini. Batuk rejan atau batuk seratus hari atau batuk pertusis adalah jenis batuk yang sangat mudah untuk ditularkan dan penyebab utamnya adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan dikeluarkan dalam bentuk bersin. Batuk 100 hari dapat mengancam nyawa ketika dialami pada anak yang belum cukup untuk menerima suntikan vaksin pertusis. Mungkin batuk pada anak dan batuk yang dialami orang dewasa sekilas sama namun cara menangganinya sangatlah berbeda. Hal ini dikarenakan tubuh anak ataupun bayi yang masih sangat rentan terhadapat hal – hal yang baru yang masuk dalam tubuhnya. Batuk rejan menimbulkan ciri – ciri yaitu batuk terus menerus yang tak kunjung sembuh. Adapun gejala batuk rejan yang ditimbulkan memiliki tiga tahap yaitu, tahap awal, tahap paroksimal, dan gejala tahap akhir atau konvalesen.

Baca Juga : Obat Antibiotik untuk Batuk Rejan

 

 Cara Sederhana Mengatasi Penyakit Batuk Rejan

Meski terlihat menakutkan, penyakit ini dapat diatasi dengan cara yang sederhana. Adapaun cara tersebut adalah:

  1. Vaksinasi

Batuk rejan pada bayi dapat diatasi dengan melakukan vaksinasi. Namun ternyata hal yang perlu anda tahu adalah pastikan bahwa anda sudah mendapatkan vaksinasi sejak bayi. Vaksinasi sangat penting demi menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit yang datang.

  1. Minum banyak air

Apapun cara yang kita butuhkan jawabannya adalah air. Tubuh kita mengandung lebih dari setengahnya air. Ketika kita bekerja maka air yang ada dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk keringat. Sehingga dalam kondisi apapun anda berusahalah untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh anda. Air juga dapat dijadikan cara untuk mengatasi penyakit ini dengan cara menghindari dehidrasi.

Baca Juga : Obat Batuk Rejan yang Dijual di Apotek

  1. Banyak Beristirahat

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang dipenuhi istirahatnya. Tubuh memerlukan istirahat setelah seharian bekerja dan menghabiskan cukup tenaga. Istirat dapat dijadikan cara andalan mengatasi batuk rejan pada orang dewasa.  Selain itu ternyata beristirahat yang cukup juga dapat dijadikan cara meredakan batuk yang cukup sederhana.

  1. Jahe

Anda pasti bingung bagaimana jahe dapat dijadikan cara untuk mengatasi batuk rejan. Jahe mempunyai sifat menghangatkan tubuh, namun disamping itu jahe juga bisa melegakan tenggorokan serta menghancurkan bakteri yang ditularkan oleh batuk rejan. Cara ini juga dapat digunakan sebagai mengatasi batuk rejan pada anak. Caranya dengan mencampurkan air jahe dengan madu.

 

Obat Batuk Rejan pada Orang Dewasa

Obat Batuk Rejan pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Obat Batuk Rejan pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui cara untuk mengatasi batuk rejan maka selanjutnya kita membahas obat yang dapat kita pakai untuk mengobati batuk rejan. Untuk anda yang sedang mencaris obat selain obat antibiotik untuk batuk rejan yang anda gunakan anda dapat mencoba obat ini.

Baca Juga : Ciri dan Gejala Penderita Batuk Rejan

  1. Putik Bunga Kuma – Kuma

Anda mungkin bingung apa itu putik bunga kuma – kuma. Obat yang satu ini adalah salah satu jenis rempah – rempah mahal yang memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu menghancurkan bakteri penyebab batuk rejan.

  1. Daun Semanggi

Cara yang dapat digunakan adalah merebus daun ini dengan 3 gelas air. Anda dapat mengonsumsinya setelah air dingin dan disaring untuk membuang sisa – sisa daun semanggi.

  1. Daun Waru

Untuk pengobatan yang satu ini sediakan daun waru yang masih muda, dan bahan tambahannya adalah daun jintan serta buah mengkudu yang telah matang. Caranya adalah menghaluskan semua bahan dengan menumbuknya dan diberi air yang masak sebanyak ¾  cangkir dan 1 sendok madu. Ramuan diperas kemudian bisa diminum. Obat ini tidak bisa dijadikan cara mengobati batuk pada bayi yang menderita batuk rejan karena bayi belum bisa mengonsumsinya.

Sekian bahasan Obat Batuk Rejan pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya, semoga dapat menambah wawasan pembaca, dan semoga lekas sembuh.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!