Mekanisme Batuk Berdahak serta Pembahasan Proses Terjadinya Batuk Berdarah

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas Mekanisme Batuk Berdahak serta Pembahasan Proses Terjadinya Batuk Berdarah. Penyakit jenis apapun akan sangat menggangu kesehatan kita. Belum pernah ada orang yang terlihat bahagia ketika ia jatuh sakit. Bahkan, sakit yang normal datang pun tidak diinginkan kehadirannya. Beberapa dari kita sering kali menggangap sepele penyakit normal seperti sakit batuk dan flu. Padahal jika diteliti lebih lanjut batuk yang kita alami mungkin saja menjadi penyebab munculnya penyakit lain. Terkadang batuk terus menerus pun perlu diawasi lebih lanjut.  Pembahasan kali berbicara tentang mekanisme batuk berdahak serta pembahasan proses terjadinya batuk berdarah yang harus diwaspadai.

 

Mekanisme Terjadinya Batuk

Mekanisme Batuk Berdahak

Mekanisme Batuk Berdahak

Batuk memiliki beberapa jenis. Tapi untuk kali ini, kita perlu menyingkirkan jenis batuk selain batuk berdahak dan berdarah. Karena hanya kedua jenis batuk ini yang kita bahas mekanisme batuk itu. Batuk yang kita kenal sebagai penyakit ini sebenarnya adalah respon dari tubuh. Ketika benda yang dirasa asing oleh tubuh masuk kedalam, tubuh pun akan bereaksi. Ini disebabkan karena tubuh membuat pertahanan. Sehingga reaksi yang terjadi adalah kita mengeluarkannya lewat saluran pernapasan. Gejala batuk yang ditimbulkan sudah cukup umum yaitu rasa gatal pada tenggorokan kita. Tentu rasa gatal di tenggorokan diawali oleh penyebab. Untuk itu Penyebab batuk yang kita alami adalah adanya infeksi bakteri pada saluran pernapasan, udara terkontaminasi yang kita hirup dan adanya alergi. Bukan hanya karena faktor diatas. Penyebab lain batuk juga karena adanya riwayat penyakit seperti asma atau bahkan TBC.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami dan Cepat

 

Mekanisme Munculnya Batuk

Mekanisme terjadinya batuk dibagi menjadi beberapa bagian. Dibawah ini akan dijelaskan 3 fase atau bagiannya.

  1. Fase Inspirasi

Fase ini terjadi karena paru paru memasukkan udara sekitar kurang lebih 2,5 liter sehingga membuat oesofagus dan pita suara kita tertutup dan udara yang masuk terjerat dalam paru paru.

  1. Fase Kompresi

Fase selanjutnya yaitu kompresi, dimana pada fase ini terjadi kontraksi pada otot perut yang menyebabkan diafragma akan naik serta menekan paru paru. Selain kontraksi pada otot, intercosta internus juga ikut serta berkontraksi dan membuat adanya peningkatan tekanan pada paru paru hingga 100mm/hg.

  1. Fase Ekspirasi

Fase terakhir oesofagus dan pita suara akan terbuka dengan spontan membuat udara meledak keluar dari paru paru. Nah, udara yang keluar ini akan membuat getaran pada jaringan saluran pernapasan dan menimbulkan suara batuk. Pada saat udara keluar menghasilkan kecepatan yang relative tinggi. Sehingga udara dapat lewat dari celah cleha bronkus serta trakhea. Dari mekanisme terjadinya batuk ini bisa disimpulkan bahwa batuk tidak lagi bisa disebut penyakit. Karena hal ini bisa membantu membersihkan saluran pernapasan.

 

Mekanisme Batuk Berdahak

Cara Mengobati Batuk Kering pada Orang Dewasa yang Tak Kunjung Sembuh

Cara Mengobati Batuk Kering pada Orang Dewasa yang Tak Kunjung Sembuh

Batuk berdahak masih bisa dikategorikan sebagai jenis batuk normal yang tidak membahayakan. Meski lebih dikenal dengan sebutan penyakit batuk berdahak sebenarnya jenis yang satu ini pun respon dari tubuh. Tidak jauh berbeda dengan batuk biasa pada umumnya, penyebab batuk berdahak pun dikarenakan udara yang terkontaminasi dan kemungkinan adanya penyakit lain dalam tubuh.

Mekanisme terjadinya batuk berdahak mungkin akan kelihatan sedikit berbeda. Tapi jelas pada umumnya fasenya mirip seperti yang sudah kita bahas diatas. Hanya saja pada kasus ini batuk menghasilkan dahak karena adanya peningkatan mukosa.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering yang Tak Kunjung Sembuh

 

Mekanisme Batuk Darah

Penyebab Batuk Berdarah secara Tiba Tiba

Penyebab Batuk Berdarah secara Tiba Tiba

Mekanisme atau bahasa kedokterannya yaitu patogenesis adalah istilah kedokteran yang menjelaskan keadaan keseluruhan proses perkembangan suatu penyakit. Mekanisme terjadinya batuk berdarah disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Jika terjadi penyakit pada parenkim paru kita maka terjadinya sistem sirkulasi bronkial sehingga darah keluar saat kita batuk. Beberapa penyebab adalah infeksi tuberkulosis, pneumonia, bronkitis serta infeksi paru. Jenis batuk yang satu ini sering disebut dengan batuk kronis. Maka anda harus kenali lebih dalam tentang batuk berdarah ini.

Sekian bahasan Mekanisme Batuk Berdahak serta Pembahasan Proses Terjadinya Batuk Berdarah, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!