Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak yang Harus Diwaspadai berikut ini akan admin jabarkan. Demam Berdarah atau sering disingkat DBD adalah demam yang datangnya lewat penyebaran virus. Penyakit DBD tentunya sama dengan penyakit lain yang mempunyai gejala. Sesuai judul diatas kita akan membahas gejala penyakit demam berdarah pada anak yang harus diwaspadai. Seperti pada penyakit umumnya, penyakit DBD memiliki penyebab. Adapun penyebab DBD merupakan lewat penyebaran virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Ada empat serotype virus dengue yaitu DENV -1, -2, -3, dan -4. Dan berikut ini beberapa penjelasan dari tanda tanda DBD.

Banyak sekali pertanyaan yang datang tentang gejala dan ciri ciri. Sebenarnya apakah perbedaan dari gejala dan ciri ciri tersebut. Padahal dalam pencarian suatu penyakit, ciri ciri dan gejala memiliki kesamaan yang hampir tidak bisa untuk dibedakan. Nah, ciri ciri Gejala penyakit demam berdarah tentu saja memiliki pengertian yang berbeda. Ciri2 DBD artinya suatu tanda yang sudah diderita sedangkan gejala merupakan bentuk awal menuju penyakit tersebut. Meskipun memiliki hubungan yang sangat erat, pada artikel kali ini kita hanya membahas gejala apa saja yang timbul pada seorang anak ketika demam berdarah menyerang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Flu Berat pada Ibu Hamil

 

Penyakit DB

Gejala Awal Penyakit Demam Berdarah

Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak yang Harus Diwaspadai via toonvectors.com

Gejala DBD muncul saat tubuh sudah terinfeksi oleh virus yang masuk kedalam tubuh. Saat virus sudah masuk kedalam tubuh manusia maka selanjutnya akan mengalami masa inkubasi yang berlangsung selama 3 sampai 10 hari. Gejala awal penyakit demam berdarah seringkali sulit untuk dikenali sehingga membuat dokter salah untuk mendiagnosis. Terkadang gejala penyakit DBD sering dikait kaitkan dengan penyakit tipes. Karena itulah, ada baiknya kita mengenali lebih lanjut gejala gejala penyakit demam berdarah. Terutama gejala awal DBD yang muncul pada anak kita.

Seperti namanya demam berdarah, tentu saja gejala awal yang muncul adalah demam. Namun, karena demam bisa saja menjadi gejala dari seluruh penyakit maka bisa berakibat fatal. Dan kemungkinan selanjutnya adalah orang tua akan membiarkan demam pada anak. Karena keesokan harinya ia akan bugar seperti kemarin tidak terjadi apapun. Kemudian di malam hari suhu tubuhnya mulai meningkat lagi. Hal ini lah yang harus kita curigai demam berdarah. Anak akan sangat rewel maka orang tua tidak boleh panic. Tetaplah tenang dan berkonsultasilah pada dokter langganan anda. Kecurigaan akan bertambah seiring gejala lain yang muncul seperti dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering yang Tak Kunjung Sembuh

 

Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak

Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak

Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak

  1. Sakit Kepala

Setelah demam yang bisa mencapai suhu 40 derajat celcius, ada sakit kepala yang menjadi gejala selanjutnya. Mungkin anda akan bertanya tanya bagaimana sakit kepala bisa membuat anda membenarkan bahwa anak anda terserang demam berdarah. Bagaimanapun anda menyangkal hal ini, sakit kepala hebat  merupakan bukti bahwa tubuh sudah terinfeksi oleh suatu virus.

  1. Mual

Selanjutnya ada mual yang membuat kecurigaan orang tua mulai membuahkan hasil. Mual pada gejala demam berdarah disebut nausea. Saat virus dengue sudah masuk kedalam tubuh maka tubuh akan akan bereaksi. Tubuh yang bereaksi adalah lambung. Lambung akan mengeluarkan asam lambung lebih banyak dan menjadi bentuk respon kekebalan tubuh. Sehingga hal inilah yang menyebabkan rasa mual dan mau muntah pada anak.

  1. Muntah

Muntah sebagai Gejala Penyakit Flu Burung yang Pertama

Muntah sebagai Gejala Penyakit Flu Burung yang Pertama

Gejala DBD pada anak satu ini merupakan reaksi dari rasa mual yang dialaminya. Saat dia sudah tidak bisa menahan rasa mual maka tubuh akan memaksanya untuk mengeluarkannya dengan cara yaitu muntah.

Baca Juga : Info Lengkap Demam Berdarah

  1. Sakit Perut

Gejala penyakit demam berdarah pada anak selanjutnya adalah sakit perut. Ia akan merasakan sakit perut yang asalnya dari sebuah luka. Luka tersebut disebabkan oleh infeksi pada bagian ulu hati. Hal ini terjadi sebelum anak mengalami pendarahan.

  1. Pendarahan

Setelah rasa sakit perut yang hebat, maka anak akan mengalami pendarahan. Pendarahan yang dimaksud bukan pendarahan yang menakutkan hanya pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah. Beberapa kondisi anak yang daya tahan tubuhnya tidak begitu baik akan mengalami muntah dan buang air besar berdarah. Hal ini terjadi karena trombosit anak yang cukup rendah.

  1. Bercak atau Ruam Merah

Jika pendarahan menjadi salah satu gejala yang muncul pada anak saat mengalami demam berdarah, maka bercak atau ruam merah pun begitu. Pendarahan dan ruam merah memiliki hubungan yang cukup erat. Mengapa begitu? Tentu saja ruam merah tersebut terjadi karena adanya pendarahan pada tubuh anak. Ruam ini reaksi dari pendarahan yang ia alami. Ruam merah muncul pada fase pertama demam tinggi dan biasanya muncul pada area wajah, leher serta dada yang menjadi kemungkinan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Baca Juga : Gejala Flu Burung pada Manusia

  1. Nyeri Otot

Nyeri Otot sebagai Ciri Gejala Penyakit DB

Nyeri Otot sebagai Ciri Gejala Penyakit DB

Gejala DBD pada anak setelah ruam merah adalah nyeri otot. Saat tubuh terinfeksi oleh virus dengue, sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan beberapa kadar zat untuk menangkal kerusakan dalam tubuh. Namun, meski memiliki manfaat kadar zat ini bisa mengakibatkan nyeri otot saat dikeluarkan secara berlebihan.

  1. Diare

Diare bisa menjadi salah satu gejala penyakit demam berdarah. Mengapa? Karena infeksi virus yang menjadi penyebab demam berdarah membuat masalah pada saluran pencernaan kita. Tidak hanya saluran pencernaan, ia juga merusak penyerapan air pada usu besar kita. Sehingga akhirnya penderita akan mengalami diare. Namun berdasarkan penelitian, diare hanya dialami oleh 6% penderitanya.

  1. Syok dan Lesu

Gejala akhir yang juga sering muncul pada penderita demam berdarah adalah syok dan tubuh menjadi sangat lesu. Pada gejala ini sebaiknya anda tidak membiarkan anak terus menerus syok dan menjadi lesu. Karena tentu saja hal ini bisa berakibat sangat fatal dan menyebabkan kematian. Gejala umum yang muncul ditandai dengan jari tangan dan kaki anak yang menjadi dingin, lemas dan warna kuku akan berubah menjadi biru.

Baca Juga : Ciri Ciri Bekas Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti

Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak yang Harus Diwaspadai tersebut admin sudahi. Mudah mudahan ada manfaatnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!