Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa Serta Ciri Cirinya

Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa Serta Ciri Cirinya adminakan kupas di artikel ini. Indonesia merupakan negara terbesar nomor dua yang memiliki jumlah penderita penyakit demam berderah terbesar di dunia. Angka ini naik dari tahun 2010 hingga saat ini. Meningkatnya peringkat Indonesia merupakan ancaman keras untuk masyarakat. Penyakit demam berdarah memang sudah sangat sering melanda masyarakat Indonesia. Beberapa penderita dari penyakit ini sendiri adalah orang dewasa. Apakah perbedaan gejala demam berdarah dewasa dan anak-anak? Berikut ini akan dijelaskan tentang gejala demam berdarah pada orang dewasa serta ciri cirinya.

 

Demam Berdarah

Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa Serta Ciri Cirinya

Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa Serta Ciri Cirinya

Banyak yang sering menyebutkan bahwa gejala demam berdarah pada orang dewasa biasanya tidak berbeda dengan anak-anak. Mereka menyebutkan bahwa perbedaannya hanya terdapat pada bagaimana respon orang tersebut dengan menahan rasa sakit yang menyerang tubuh. Namun ternyata beberapa penilitian dilakukan dan ditemukan beberapa perbedaan yang terdapat dalam gejala demam berdarah pada orang dewasa dengan gejala demam berdarah pada anak-anak.

Baca Juga : Cara Mengatasi Batuk Kering yang Tak Kunjung Sembuh

Gejala Awal DBD

Gejala awal dbd (demam berdarah dengue) pada orang dewasa biasanya diawali dengan timbulnya petekie pada tubuh orang dewasa. Petekia adalah bintik bintik atau ruam merah yang terdapat pada kulit sebagai bentuk dari merembesnya darah yang disebabkan karena kapiler darah yang mengalami kebocoran. Kapiler darah yang bocor merupakan efek yang ditimbulkan karena infeksi dari virus dengue sendiri. Pada tahap ini adalah tahap yang paling dapat menunjukkan bahwa seseorang sedang terkena penyakit demam berdarah dengue.

Nyeri Retro Orbital

Nyeri Retro Orbital sebagai Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Nyeri Retro Orbital sebagai Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Gejala penyakit dbd pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan merasakan nyeri retro orbital. Nyeri retro orbital adalah istilah yang dipakai dalam dunia kedokteran, pada masyarakat biasanya dikenal sebagai nyeri pada bagian belakang mata. Nyeri pada bagian belakang mata biasanya terjadi karena bagian tersebut terinfeksi. Terinfeksi disini bisa disebabkan oleh dua hal, jika tidak bakteri maka berarti virus.

Sakit Kepala

Gejala gejala dbd pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan merasakan sakit kepala. Sakit kepala disini berarti juga menandakan bahwa tubuh sedang terinfeksi oleh bakteri dan virus. Otak yang seharusnya bekerja secara lancar menjadi terganggu karena serangan dari makhluk asing tersebut. Akibatnya, saat otak terhambat sistem kerjanya maka akan mengirimkan sinyal negatif berupa sakit terhadap kepala.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak secara Alami

Nyeri Sendi

Gejala dbd pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan merasakan nyeri pada sendi. Dalam duunia kedokteran, sering sekali mereka menyebutkan bahwa virus dengue penyebab dbd dapat menyebabkan breakbone. Istilah tersebut memiliki arti dimana virus dengue juga akan menyerang hingga ke persendian/tulang penderita. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa penderita penyakit demam berdarah akan merasakan nyeri pada sendi bahkan saat tidak sedang melakukan aktivitas berat.

Mual dan Muntah

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Dbd gejala yang terjadi pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah tersebut dapat terjadi karena sistem pencernaan yang sudah terinfeksi oleh serangan virus dengue. Virus dengue yang menghambat sistem kerja pencernaan akan membuat tubuh merespon untuk mengeluarkan makanan yang terdapat dalam tubuh. Saat penderita mengalami mual dan muntah, maka daya tahan tubuh penderita otomatis akan turun drastis. Hal ini mengingat nutrisi yang masuk terpaksa dikeluarkan lagi.

Hematuria

Gejala terkena dbd pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan mengalami hematuria. Hematuria adalah istilah yang dipakai orang medis yaitu adanya darah dalam urine penderita demam berdarah dengue. Penderita yang mengalami hal ini maka bisa disimpulkan bahwa virus dengue sudah menyerang hingga ke sistem ekskresi nya. Darah tersebut adalah darah yang berasal dari sistem saluran kemih penderita.

Menorrhagia

Menorrhagia sebagai Gejala DB Pada Orang Dewasa

Menorrhagia sebagai Gejala DB Pada Orang Dewasa

Tanda2 geja dbd pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan mengalami menorrhagia. Istilah menorrhagia adalah istilah yang dipakai oleh dunia kedokteran. Menorrhagia merupakan kondisi dimana organ yang mempengaruhi rahim terinfeksi. Akibatnya saat hendak haid, maka darah yang dikeluarkan akan melebihi jumlah normal (berlebihan). Biasanya menorrhagia akan dialami oleh penderita penyakit dbd wanita.

Baca Juga : Info Lengkap Batuk Rejan

 

Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Penurunan Trombosit

Ciri ciri gejala demam berdarah pada orang dewasa yang pertama adalah penderita akan mengalami penurunan trombosit sekitar 100 ribu per mm3/sel darah. Hal ini merupakan efek yang ditimbulkan dari serangan virus dengue. Virus dengue adalah virus yang biasanya menyerang sistem peredaran darah. Saat trombosit turun, disarankan penderita untuk selalu mengkonsumsi air putih dan tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang berat dan berbahaya.

Pendarahan

Ciri2 dbd selanjutnya pada orang dewasa adalah penderita biasanya akan mengalami pendarahan pada beberapa bagian tubuhnya. Pendarahan biasanya terjadi pada hidung ataupun pada gusi. Saat hal ini terjadi, maka penderita sedang berada pada fase kritis dan sangat membahayakan. Saat penderita mengalami fase ini maka diharapkan untuk segera was-was menyediakan beberapa kantong darah untuk ditransfusikan untuk mencegah kemungkinan terburuk seperti kematian saat penderita kekurangan darah.

Feses Menghitam

Ciri dbd pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan mengalami perubahan warna pada feses. Feses yang biasanya berwarna kuning akan mendadak berubah menjadi hitam. Warna feses yang hitam biasanya adalah efek yang ditimbulkan dari jumlah trombosit yang menurun drastis. Jumlah trombosit yang menurun drastis tersebut tidak akan cukup untuk membuat feses tetap berwarna nromal.

Keringat Dingin

Keringat Dingin sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Keringat Dingin sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Ciri ciri penyakit dbd pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan mengalami keringat dingin yang tidak biasa. Keringat dingin tersebut adalah efek dari tubuh saat merespon melawan virus yang menyerang. produksi keringat yang berlebihan hanya akan membawa penyakit lain kepada penderita seperti dehidrasi. Usahakan untuk selalu memberikan air putih dalam jumlah banyak kepada penderita untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan pada tubuh.

Baca Juga : Jangan Pernah Sepelekan Penyebab Penyakit Flu Tulang Berikut

Lemas yang Berkepanjangan

Ciri2 gejala dbd pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan merasa lemas.  Tubuh yang lemas dapat terjadi apabila nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menurun seiring menurunnya nafsu makan penderita penyakit demam berdarah dengue. Hal inilah yang membuat tubuh penderita menjadi lemas dan tidak bersemangat menjalani aktivitas seperti biasa.

Wajah Memerah

Ciri ciri terkena dbd pada orang dewasa selanjutnya adalah penderita akan mengalami kemerah-merahan pada wajah. Wajah yang memerah adalah efek yang ditimbulkan oleh tubuh saat menahan suhu tubuh ekstrem. Suhu tubuh penderita penyakit demam berdarah dengue yang bisa mencapai 41 derajat celcius akan membuat wajah menjadi merah.

Menggigil

Tubuh Menggigil sebagai Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Tubuh Menggigil sebagai Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Ciri ciri gejala dbd pada orang dewasa yang terakhir ialah merasakan kedinginan yang luar biasa (menggigil). Tubuh yang menggigil adalah efek yang ditimbulkan saat suhu tubuh dengan suhu ruangan berbeda jauh. Perbedaan yang sangat ekstrem ini akan membuat tubuh merasa kedinginan bahkan saat penderita penyakit demam berdarah dengue tersebut sedang berada pada suhu ruangan. Saat penderita menggigil maka lebih baik untuk mengompres tubuhnya sehingga demam yang ada pada tubuhnya bisa berangsur angsur mereda.

Baca Juga : Cara Mengobati Flu pada Bayi yang Baru Lahir

Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa Serta Ciri Cirinya admin sudahi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!