Gejala Demam Berdarah pada Anak Balita Awal Usia 1, 2, 3, dan 6 Tahun

Gejala Demam Berdarah pada Anak Balita Awal Usia 1, 2, 3, dan 6 Tahun penting diketahui bagi orang tua. Dbd adalah penyakit demam berdarah yang saat ini sudah banyak menyerang masyarakat di Indonesia. Pada waktu penyakit ini pertama kali masuk dan menyerang negara Indonesia, masyarakat sering resah. Penyakit demam berdarah masuk dalam penyakit sangat serius pada waktu itu karena dapat menyebabkan kematian pada penderita nya. Namun, untuk saat ini sudah banyak cara yang dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah tersebut.  Walau sudah ada cara mengatasinya namun penyakit dbd pada anak tidak boleh terlambat ditangani. Maka dari itu penting untuk mengetahui gejala demam berdarah pada anak balita awal usia 1,2,3, dan 6 tahun.

 

Penyakit DBD

Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Gejala Demam Berdarah pada Anak Balita Awal Usia 1, 2, 3, dan 6 Tahun

Gejala Demam Berdarah pada Anak Balita Awal Usia 1, 2, 3, dan 6 Tahun

Gejala demam berdarah pada anak di usia 1,2,3 dan 6 tahun tidaklah berbeda. Pada umumnya gejala-gejala yang timbul adalah samaa, namun respon yang diberikan oleh anak tersebut lah yang berbeda. Respon atas rasa sakit untuk anak yang masih beruisa 1 tahun akan berbeda dengan respon atas rasa sakit yang diderita oleh anak berumur 6 tahun. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa sistem kerja organ anak usia 1 tahun dengan 6 tahun memiliki perbedaan. Daya tahan tubuh dan sistem kekebalan dalam tubuhnya juga berbeda.

Baca Juga : Obat Flu Tradisional untuk Ibu Hamil

 

Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Tanda dan gejala demam berdarah pada anak sangat penting untuk diketahui. Hal ini karena tanda tanda dbd dapat membantu kita untuk segera memilih tindakan apa yang harus dilakukan. Penyakit demam berdarah walau sudah menemukan bagaimana cara mengatasinya, namun apabila terlambat mengatasinya maka kemungkinan terburuk seperti penderita akan kehilangan nyawa nya dapat terjadi.

  • Meningkatnya Suhu Tubuh

Demam sebagai Gejala Flu yang Perlu Diperhatikan

Demam sebagai Gejala Flu yang Perlu Diperhatikan

Tanda dbd yang paling umum terjadi pada anak usia 1, 2, 3 dan 6 tahun adalah anak akan mengalami kenaikan suhu tubuh. Kenaikan suhu tubuh ini bisa mencapai 40 derajat celcius. Demam dengan suhu yang ekstrem ini adalah efek dari virus yang disebarkan oleh nyamuk Aides aigypti.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Karena Alergi Debu dan Dingin

  • Wajah Memerah

Tanda tanda dbd pada anak selanjutnya adalah wajah menjadi sangat merah. Wajah yang berubah menjadi merah tersebut adalah efek yang timbul akibat panas dari dalam tubuh. Suhu 40 derajat celcius akan member dampak bagi tubuh berupa perubahan warna wajah yang drastis menjadi merah karena terlalu panas.

  • Menggigil

Tanda dbd pada anak selanjutnya adalah tubuh mereka akan menggigil. Tubuh yang menggigil dapat terjadi saat perbedaan antara suhu ruangan dan suhu tubuh sangat jauh berbeda. Menggigil merupakan salah satu efek yang ditimbulkan dari suhu yang meningkat hingga 40 derajat celcius.

  • Nafsu Makan Berkurang

Nafsu Makan Berkurang sebagai Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Nafsu Makan Berkurang sebagai Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Tanda tanda penyakit dbd selanjutnya adalah anak akan mulai merasakan penurunan nafsu makan. Penurunan nafsu makan ini adalah efek yang timbul karena virus sudah mulai mengganggu sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sudah tergganggu akan mengakibatkan makanan susah dicerna dan membuat anak tidak bernafsu untuk makan.

Tanda2 dbd selanjutnya yang dapat dilihat pada anak adalah tubuh yang sering lemas. Tubuh yang lemas merupakan efek saat anak kehilangan nafsu makan dengan drastis. Kehilangan nafsu makan dengan drastis akan membuat anak kehilangan energy saat melakukan aktivitas di luar.

Baca Juga : Mengobati Batuk Kering dan Tenggorokan Gatal

  • Batuk Berkepanjangan

Tanda dbd pada bayi dapat dilihat dengan ia mengalami batuk yang berkepanjangan bahkan mengeluarkan darah. Virus demam berdarah juga mampu menyerang saluran pernapasan khususnya pada tenggorokan. Pada tenggorokan yang sudah terserang virus maka akan mengakibatkan peradangan dan luka, sehingga saat dipaksakan keluar lendir akan bercampur dengan darah.

  • Sakit Kepala

Sakit Kepala sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Sakit Kepala sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Tanda tanda gejala dbd yang selanjutnya dapat dilihat pada anak yang sering merasakan sakit kepala yang luar biasa dan berkepanjangan. Hal ini merupakan tahap dimana virus sudah mengganggu sistem pernapasan. Sistem pernapasan yang tergganggu akan menghambat aktivitas sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh termasuk otak. Otak yang kekurangan oksigen tersebut akan bereaksi dengan menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan.

Baca Juga : Info Lengkap Flu Singapura dan Bahayanya Bagi Bayi dan Anak

 

Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Ciri ciri gejala demam berdarah pada anak adalah anak akan mengalami demam yang panjang dan naik turun. Anak akan mengalami kenaikan suhu yang ekstrim, kemudian mendadak menurun dan selanjutnya akan naik lagi. Kejadian ini merupakan bagian dari fase-fase yang terjadi pada penyakit demam berdarah.

  • Keringat Berlebih

Ciri2 dbd pada anak selanjutnya adalah anak akan mengeluarkan keringat yang berlebihan. Keringat yang berlebihan merupakan efek yang ditimbulkan tubuh saat tubuh dalam kondisi tidak fit dan suhu tubuhnya tidak stabil. Produksi keringat yang berlebihan pada anak akan membuat ia mengalami dehidrasi.

  • Pendarahan

Ciri2 dbd pada anak selanjutnya adalah ia akan mengalami pendarahan. Pendarahan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, bisa pada gusi hingga pada hidung. Tubuh anak juga akan menimbulkan memar dalam tubuh. Hal ini merupakan bukti bahwa virus sudah menyerang sel sel darah merah pada tubuh.

Baca Juga : Mengatasi Penyakit Influenza

  • Kesulitan Bernafas

Cri2 penyakit dbd adalah anak akan mengalami kesulitan dalam bernafas. Kesulitan dalam bernafas merupakan efek yang ditimbulkan oleh virus demam berdarah yang menyerang tubuh. Virus ini akan menyerang saluran pernapasan dan menghambat sistem pernapasan pada tubuh. Akhirnya, saluran pernapasan yang sudah dipenuhi oleh virus akan menghambatkan pertukaran oksigen dari luar dan masuk ke dalam tubuh.

Gejala Demam Berdarah pada Anak Balita Awal Usia 1, 2, 3, dan 6 Tahun admin cukupkan sekian, mudah mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!