Gejala Awal Demam Berdarah Pada Anak dan Orang Dewasa

Gejala Awal Demam Berdarah Pada Anak dan Orang Dewasa akan admin bahas pada kesempatan ini. Demam berdarah dengue merupakan penyakit yang sering sekali menjadi penyakit langganan bagi masyarakat Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue tersebut diketahui penyebarannya melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang menjadi penyebab utama adalah nyamuk yang bernama Aedes Aegypti. Namun bagaimanakah gejala awal yang diderita pada penderita demam berdarah dengue untuk usia anak dan dewasa? Berikut ini akan dibahas mengenai gejala awal demam berdarah pada anak dan orang dewasa.

 

Gejala DB

Gejala Awal Demam Berdarah

Gejala Awal Demam Berdarah Pada Anak dan Orang Dewasa

Gejala Awal Demam Berdarah Pada Anak dan Orang Dewasa

Gejala awal demam berdarah untuk anak dan orang dewasa biasanya tidak berbeda. Hanya beberapa artikel lain menyebutkan bahwa perbedaannya terletak pada respon tubuh terhadap menahan rasa sakit. Respon tubuh terhadap rasa sakit pada usia anak akan berbeda dengan mereka yang sudah dewasa. Anak-anak cenderung lebih sulit menahan rasa sakit saat terkena penyakit, lain halnya orang dewasa yang sudah lebih bisa tahan terhadap rasa sakit.

Baca Juga : Perbedaan Nyamuk Demam Berdarah dan Malaria

Demam Tinggi

Demam sebagai Gejala Flu yang Perlu Diperhatikan

Demam sebagai Gejala Flu yang Perlu Diperhatikan

Gejala awal demam berdarah pada anak dan orang dewasa biasanya akan diawali dengan demam yang tinggi. Suhu tubuh akan mencapai 41 derajat celcius. Saat demam tinggi mengenai usia anak anak maka terkadang beberapa anak akan terkena penyakit step ataupun kejang-kejang. Berbeda dengen orang dewasa yang tubuhnya sudah lebih bisa menahan suhu 41 derajat celcius. Sehingga orang dewasa lebih sedikit yang berpotensi terkena penyakit step atau kejang kejang saat sedang menderita gejala awal dbd.

Menggigil

Gejala dbd pada anak dan orang dewasa selanjutnya adalah tubuh akan menggigil. Tubuh yang menggigil adalah respon yang diberikan oleh tubuh saat kondisi suhu tubuhnya berbeda ekstrem dengan kondisi suhu lingkungannya. Bahkan saat penderita demam berdarah dengue yang saat terkena demam suhu tubuhnya mampu mencapai 41 derajat celcius, maka mereka akan merasakan kedinginan bahkan saat berada pada suhu ruangan.

Baca Juga : Ciri Demam Berdarah pada Anak

Pusing, Mual dan Muntah

Dbd pada anak dan orang dewasa selanjutnya dapat dilihat dengan mengalami penyakit lain seperti pusing, mual dan muntah. Saat ketiga penyakit ini sudah menyerang tubuh maka saat itu berarti virus dengue sudah mulai menyerang saluran pernapasan dan pencernaan. Saluran pernapasan dan pencernaan yang terganggu sistem kerjanya akan berdampak buruk bagi penderitanya.

Nafsu Makan Berkurang

Nafsu Makan Berkurang sebagai Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Nafsu Makan Berkurang sebagai Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Tanda tanda dbd pada anak dan orang dewasa selanjutnya adalah nafsu makan akan berkurang. Saat virus dengue sudah menyerang saluran pernapasan dan saluran pencernaan maka penderita otomatis akan kehilangan nafsu makannya. Nafsu makan yang berkurang ataupun menurun membuat penderita akan kehilangan energi nya karena berkurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat tubuh tidak tercukupi energinya maka tubuh akan cepat merasakan kelelahan dan penderita akan merasakan lemas.

 

Gejala Awal Penyakit Demam Berdarah

Demam Tinggi

Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak

Gejala Penyakit Demam Berdarah pada Anak

Gejala awal penyakit demam berdarah seperti yang sudah disebutkan diatas yakni demam tinggi. Demam tinggi tersebut akan disertai dengan munculnya bintik bintik atau ruam merah pada beberapa bagian tubuh. Biasanya ruam ataupun bintik bintik merah ini muncul pada daerah wajah, leher dan punggung. Ruam merah ini biasanya tidak terasa nyeri maupun gatal, juga tidak akan hilang saat tubuh ditekan. Bintik bintik merah ini merupakan tanda bahwa sistem peredaran darah pada tubuh mengalami gangguan yang disebabkan oleh virus dengue.

Baca Juga : Obat Tradisional Demam Berdarah

Nyeri Persendian

Gejala gejala dbd pada anak dan orang dewasa selanjutnya adalah nyeri otot dan sendi. Virus dengue sering disebut sebagai virus yang dapat menyebabkan breakbone. Virus ini berarti akan menyerang hingga kebagian tulang dan sendi penderita. Saat virus dengue sudah sampai menyerang tulang maka penderita akan mengalami nyeri di seluruh tubuh bahkan saat penderita sedang tidak menjalani aktivitas yang berat.

Urine Mengandung Darah

Ciri2 gejala dbd selanjutnya yang akan menyerang anak dan orang dewasa adalah urine yang dikeluarkan akan disertai darah. Seperti yang dijelaskan diatas, saat plasma darah mengalami kebocoran maka hal tersebut juga akan sampai mengganggu sistem ekskresi. Saat penderita mengeluarkan urinenya maka urine tersebut akan bercampur dengan darah.

Muntah Darah

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Dbd gejala selanjutnya yang terjadi pada orang dewasa dan anak anak  adalah muntah darah. Sama seperti sebelumnya, saat plasma darah mengalami kebocoran maka darah akan terdapat di beberapa organ tubuh seperti sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sudah terganggu dengan virus dengue dan terjadinya kebocoran pada plasma darah akan membuat tubuh mengirimkan sinyal untuk mengeluarkannya kembali. Sehingga saat muntah maka darah yang dikeluarkan juga akan ikut didalamnya.

Baca Juga : Ciri Bintik Merah pada Demam Berdarah

Wajah Memerah

Ciri2 terkena dbd pada anak anak dan orang dewasa selanjutnya adalah warna wajah menjadi merah. Saat penderita mengidap demam yang sangat tinggi. Maka suhu tubuh tidak akan bisa menahan panas tersebut dan akan mengakibatkan warna wajah akan menjadi merah. Warna wajah yang menjadi merah juga disebabkan karena kebocoran plasma darah yang merupakan bentuk dari serangan virus dengue.

Penyebab penyakit dbd sebenarnya dapat ditangani, walaupun belum ada obat khusus yang dapat membunuh virus dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Dengan mengetahui gejala awal serta tanda tanda nya, maka dengan mudah kita bisa menanganinya. Dengan mengatasi penyakit tersebut dengan cepat, maka akan membantu kemungkinan terburuk seperti kematian kepada penderita.

 

Penanganan Dbd

Penggunaan Obat Alami

Obat Tradisional Demam Berdarah dan Ramuan Herbalnya serta Bagaimana Cara Mengobatinya

Obat Tradisional Demam Berdarah dan Ramuan Herbalnya serta Bagaimana Cara Mengobatinya

Penanganan dbd dapat dilakukan dengan cara memberikan bahan alami yang bisa menjadi obat. Salah satu yang paling terkenal untuk mengatasi penyakit demam berdarah adalah dengan mengkonsumsi jus jambu merah. Jus jambu merah sangat dikenal dapat meningkatkan dan mengembalikan jumlah trombosit yang menurun. Selain itu, meminum jus jeruk juga dipercaya dapat membantu menghilangkan dan membasmi virus virus yang menyerang karena jeruk dipercaya kaya akan Vitamin C dan kaya akan antioksidannya.

Baca Juga : Info Lengkap Penyakit Batuk Rejan dan Cara Pengobatannya

Kompress pada Anak

Pengobatan dbd selanjutnya dapat dilakukan dengan mengompres tubuh saat demam tinggi, kemudian menjaga cairan dalam tubuh penderita dengan selalu memberikan air putih. Kemudian juga bisa dilakukan dengan memberi penderita untuk mengkonsumsi buah dan sayur ataupun nutrisi yang bergizi dan dibutuhkan oleh tubuh. Karena ketika diberikan hal hal tersebut maka akan membantu penderita mendapatkan kembali sistem imun tubuh yang hilang karena daya tahan tubuh yang sempat menurun drastis.

Gejala Awal Demam Berdarah Pada Anak dan Orang Dewasa admin cukupkan, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *