Flu Singapura pada Balita – Ciri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas Flu Singapura pada Balita – Ciri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya. Anak adalah harta yang berharga bagi orang tua. Sehingga apapun cara yang dapat membahagiakan mereka akan disediakan orang tua. Anda pasti tidak akan suka apabila anak yang menjadi harta anda terserang penyakit yang membuat ia mudah rewel. Bahkan disaat anak masih berumur balita yang sedang aktif – aktifnya. Balita akan mudah terkena flu dan anda tidak perlu khawatir sebagai orang tua ketika anak anda flu. Karena flu adalah hal yang normal bagi anak – anak. Namun tidak semua flu normal. Jenis flu yang harus diwaspadai adalah flu singapura. Flu singapura pada balita serta ciri, gejala, penyebab dan cara mengobatinya wajib anda tau.

 

Sekilas Mengenai Flu Singapura

Flu Singapura pada Balita - Ciri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Flu Singapura pada Balita – Ciri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Flu Singapura pada balita adalah jenis flu yang bukan main – main dan banyak yang masih belum tau. Flu singapura biasanya diserta dengan sakit pada kaki, tangan dan mulut bayi anda. Seiring dengan flu ini maka anda harus waspadai ciri cirinya.

 

Gejala Flu Singapura pada Balita

Balita atau bayi dibawah lima tahun merupakan golongan anak – anak. Biasanya anak akan sangat rentan terkena beberapa penyakit seperti demam dan flu ketika berada pada umur yang sedang aktif. Gejala Flu pada anak balita dibawah ini adalah yang paling umum

Demam Tinggi pada Balita Sebagai Ciri Pertama Penyakit Flu Singapura

Demam Tinggi pada Balita Sebagai Ciri Pertama Penyakit Flu Singapura

  1. Pada gejala penyakit flu singapura pada anak ini awalnya adalah suhu tubuh yang meningkat dan terkadang peningkatan pada suhu tubuh anak akan menjadi sangat tidak normal yaitu hingga tiga puluh sembilan derajat. Demam yang diderita buah hati anda akan membuatnya menjadi sangat rewel dan lesu sehingga membuat kita benar – benar kasihan dengannya.
  2. Gejala flu singapura pada bayi dan anak selanjutnya adalah sakit tenggorokan. Keluhan yang satu ini biasanya diderita anak yang sudah dapat berkata – kata dan bukan pada bayi yang jelasnya masih belum bisa mengeluh dengan mengucapkan satu kata. Namun pada bayi gejalanya adalah ia akan sangat sulit untuk diminta meminum susu bahkan menolaknya.
  3. Selanjutnya, akan muncul bintik bintik berwarna merah pada mulut si buah hati. Bintik – bintik inilah yang akan menjadi tunas sebelum berubah menjadi luka. Mulut bayi akan terlihat seperti sedang sariawan dan tangan serta kakinya akan menimbulkan bintin – bintik yang berisi cairan dan akan melepuh suatu waktu. Lepuhan ini akan timbul bukan hanya pada daerah tangan dan kaki namun juga pada lipatan – lipatan yang tak terlihat seperti lipatan kaki juga pada telapak tangan.

 

Penyebab Flu Singapura pada Balita

Cairan yang dikeluarkan ketika bersin lewat hidung sebagai penyebab flu singapura

Cairan yang dikeluarkan ketika bersin lewat hidung sebagai penyebab flu singapura

Flu singapura yang diderita sang buah hati ternyata diakibatkan oleh kelompok virus yang dinamai dengan enterovirus A. Anggota dari kelompok virus ini adalah virus coxsackie A16, A10, dan A6 yang menjadi penyebab paling sering muncul pada flu singapura si buah hati. Virus singapura pada balita ini sangatlah mudah menyebar ke daerah jaringan mulut dan sekitar amandel serta pada saluran pernapasan. Setelah menyebar kedaerah tersebut maka selanjutnya virus akan menyebar ke seluruh tubuh. Maka penyebab virus singapura balita ini biasanya paling sering ditularkan lewat :

  1. Cairan yang dikeluarkan ketika bersin lewat hidung.
  2. Air liur yang dibuang sembarangan ketika batuk.
  3. Benda yang permukaannya sudah terkontaminasi oleh kotoran penderita seperti tinja.

 

Cara Mengobati flu Singapura pada Balita

Air Dingin sebagai cara mengurangi sakit pada tengorokannya

Air Dingin sebagai cara mengurangi sakit pada tengorokannya

Setelah anda mengetahui gejala penyakit flu singapura pada anak anda maka anda harus tau cara menyembuhkan flu nya. Apakah anda langsung menemui dokter anak yang sudah anda kenal atau mengobati si buah hati dengan obat tradisional yang dapat mengurangi efek kimianya. Cara mengobati flu singapura pada bayi dibawah lima tahun adalah :

  1. Beri balita minum air dingin. Air dingin dapat mengurangi sakit pada tengorokannya agar tidak menjadi dehidrasi pada tenggorokan si buah hati. Selain untuk mengatasi maka cara ini dapat dijadikan obat untuk mengurangi rasa sakit yang diderita sang buah hati.
  2. Untuk mengurangi rasa sakit akibat lepuhan nya anda bisa memberinya obat yang bisa anda temukan di apotik yaitu obat yang mengandung zat pati
  3. Untuk mengurangi demam tubuhnya anda dapat memberikannya obat penghilang demam seperti paracetamol.

Nah cukup sekian bahasan Flu Singapura pada Balita – Ciri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!