Etika Batuk Depkes Serta Penjelasan SAP Batuk Bersin yang Benar

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas Etika Batuk Depkes Serta Penjelasan SAP Batuk Bersin yang Benar. SAP Batuk yang memiliki kepanjangan Satuan Acara Penyuluhan Etika batuk depkes serta penjelasan sap batuk bersin yang benar adalah bentuk seminar yang memberikan informasi bagaimana kita seharusnya dalam kondisi sedang batuk.

 

Etika Batuk Depkes

Etika Batuk Depkes Serta Penjelasan SAP Batuk Bersin yang Benar

Etika Batuk Depkes Serta Penjelasan SAP Batuk Bersin yang Benar

Batuk yang diderita banyak orang memang seharusnya memiliki etika yang benar agar tidak membuat orang yang berada disekitar anda tidak nyaman dengan anda. Untuk hal ini Depkes atau Departemen Kesehatan mengeluarkan sap yaitu etika batuk Depkes. Batuk adalah penyakit yang terjadi karena infeksi pernafasan atau saluran pernafasan yang kering dan membuat rasa gatal muncul hingga menjadi batuk. Batuk ternyata masuk golongan ISPA.

Baca Juga : Poster dan Leaflet “Etika Batu yang Benar”

 

Mengenal Contoh Batuk yang Banyak Menyerang di Indonesia

TB MDR atau TBC jenis Multi Drug Resistant yang Banyak Menyerang Masyarakat Indonesia

TB MDR atau TBC jenis Multi Drug Resistant yang Banyak Menyerang Masyarakat Indonesia

Salah satu contoh penyakit yang dapat ditularkan oleh batuk ialah TBC atau tubercolusis. Menurut harian sindonews, penderita TBC jenis Multi Drug Resistant (TB-MDR) telah menimpa banyak masyarakat Indonesia. TB MDR adalah jenis penyakit Tubercolusis dimana penyebab utamanya berupa ketidak patuhan pasien untuk meminum obat secara teratur.  Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi, penderita TB-MDR telah mencapai 5.000 hingga 6.000 jiwa.

 

Etika Batuk dan Bersin dan SAP Etika Batuk

Berikut merupakan etika bersin dan batuk yang dapat melindungi kita semua.

  1. Gunakan tisu ketika anda akan batuk dan bersin. Jangan biarkan virus yang keluar ketika anda batuk dan bersin mengotori lingkungan yang anda tempati apalagi lingkungan tersebut adalah tempat umum dimana ada banyak sekali orang melakukan pekerjaannya disana.
  2. Jika tak menyediakan tisu, segeralah halau batuk dan bersin anda dengan tangan ataupun lengan anda. Penyakit pernafasan seperti batuk yang anda alami ini akan sangat menggangu orang sekitar anda.
  3. Segera mencuci tangan anda dengan sabun dan air mengalir untuk menghindari virus menetap dan berkembang biak di tangan anda yang kemudian digunakan untuk bekerja. Tangan adalah sumber tempat virus menularkan dan berkembang biak. Jika anda tidak cukup dengan kamar kecil anda bisa menggunakan gel pembersih tangan seperti handsanitizer yang bisa anda dapatkan di toko.

Baca Juga : Etika Batuk yang Benar Menurut WHO (World Health Organization)

 

Cara Mengatasi Batuk

  1. Istirahat yang cukup. Pastikan tubuh anda tidak terlalu capek dan beri tubuh anda untuk istirahat setelah mengeluarkan energi selama satu hari. Tubuh anda akan gampang sekali sakit ketika anda tidak fit atau istirahat yang tidak teratur bahkan begadang.
  2. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh. Anda pasti tahu bahwa tubuh mengandung beberapa persen air. Keluar yang keringat ketika melakukan aktivitas, air seni yang anda keluarkan adalah produksi air yang ada dalam tubuh. Sehingga ketika anda terlalu keras bekerja namun tidak memenuhi kebutuhan air dalam tubuh anda maka tubuh akan dehidrasi dan akan menyebabkan iritasi serta gatal pada tenggorokan atau saluran pernafasan anda.

 

Apa itu ISPA?

ISPA dan Bahayanya bagi Penderita

ISPA dan Bahayanya bagi Penderita

Pengertian ispa adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut. ISPA disebabkan oleh virus yang meliputi rongga hidung anda. Jenis penyakit pada sistem pernapasan ini ternyata cukup berbahaya namun tidak perlu khawatir anda dapat berkonsultasi dengan dokter andalan yang sudah anda percaya. Dan tak jarang penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini dialami oleh anak anda. Ispa pada balita cukup berbahaya karena dapat memakan korban jiwa lebih banyak dibanding dengan Aids. Angka kejadian ispa pada balita menurut depkes adalah dari 9 juta kemarian balita di dunia ada lebih dari 2 juta balita meninggal setidaknya setiap tahun akibat ispa atau pneumonia dan setara dengan 4 balita meninggal setiap menitnya. Ispa merupakan jenis penyakit yang ternyata cukup sering menyerang buah hati anda.

Baca Juga : Waspadai Bersin yang Dapat Menularkan Flu

 

ISPA pada Anak dan Balita

Pengobatan ispa pada balita dapat dilakukan dengan membunuh virus yang menyerangnya. Selama ini pengobatan yang diketahui hanya untuk meringankan rasa sakit atau gejala yang timbul akibat ispa. Namun ada beberapa jenis obat yang bisa anda konsumsi untuk mengobati ispa seperti obat steroid yang akan diresepkan dokter pada kondisi tertentu dan tidak sembarangan. Obat ini digunakan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat ispa. Pencegahan infeksi saluran pernapasan dengan cara menghindari tangan menyentuh bagian wajah dan terutama pada bagian mulut.

Nah, cukup sekian pembahasan admin mengenai etika batuk depkes serta penjelasan sap batuk bersin yang benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!