Ciri Demam Berdarah pada Anak Balita Usia 2 dan 3 Tahun

Ciri Demam Berdarah pada Anak Balita Usia 2 dan 3 Tahun admin akan jelaskan pada kesempatan kali ini. Indonesia sebagai negara tropis memiliki penyakit yang bermacam macam dan siapapun bisa saja menjadi penderita suatu penyakit. Salah satu contohnya adalah penyakit demam berdarah. Demam berdarah tidak memandang umur, jika ia ingin menyebarkan virusnya maka siapa saja bisa kena. Penyebab DBD adalah gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus dengue. Ciri demam berdarah pada anak balita usia 2 dan 3 tahun tidaklah memiliki perbedaan yang besar. Namun, meski tidak banyak perbedaan mari kita lihat dan pelajari ciri ciri penyakit DBD pada anak ini.

 

Demam Berdarah

Ciri Demam Berdarah pada Anak Balita Usia 2 dan 3 Tahun

Ciri Demam Berdarah pada Anak Balita Usia 2 dan 3 Tahun

Anak pada usia balitanya sedang dalam keadaan yang sangatlah aktif. Ia tidak akan mau berhenti saat belum merasakan lelah atau sakit. Maka biasanya penyakit demam berdarah pada anak akan susah sekali untuk dikenali. Di malam hari ia akan jatuh sakit, suhu tubuhnya meningkat namun ternyata keesokan harinya ia sudah ceria kembali, ia sudah bisa bermain main dengan temannya lagi. Keadaan ini tidak akan disadari oleh orangtuanya sebagai salah satu ciri demam berdarah pada anak. Sebagai orang tua anda harus benar benar memperhatikan tanda gejala DBD pada balita dan anak anda.

 

Ciri Ciri Demam Berdarah pada Anak

Ciri ciri kena DBD anak usia 2 sampai 3 tahun biasanya akan sedikit berbeda dengan bayi. Karena pada umur ini anak sudah bisa mengatakan bahwa tubuhnya tidak sehat. Ia juga akan sangat rewel sama seperti bayi. Dan beberapa tanda2 DBD lainnya bisa anda lihat seperti dibawah ini.

Baca Juga : Info Lengkap Batuk Berdahak

 

  1. Sakit Kepala

Sakit Kepala sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Sakit Kepala sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Sebenarnya yang menjadi ciri ciri atau gejala awal demam berdarah tetaplah demam tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa suhu tubuh yang meningkat dengan sangat drastis menjadi ketakutan bagi banyak orang tua. Meski besok di pagi hari anak sudah sehat kembali, tapi ini hanya tipuan kecil dari tubuh anak anda. Biasanya saat demam tinggi muncul, anak juga akan merasakan pusing yang hebat di bagian kepalanya. Sakit kepala yang ia rasakan seperti sedang ditekan tekan. Anak anda akan sangat rewel di saat saat seperti ini.

  1. Nyeri Sendi dibeberapa Bagian

Ciri ciri DBD pada anak selanjutnya adalah rasa nyeri pada bagian sendi dan bagian otot. Anak akan merasa bahwa tubuhnya tidak enak untuk diajak melakukan aktivitas. Ia akan sangat malas, lesu dan lemah. Hal ini diakibatkan dari efek rasa nyeri tersebut.

  1. Mual dan Muntah

Muntah sebagai Gejala Penyakit Flu Burung yang Pertama

Muntah sebagai Gejala Penyakit Flu Burung yang Pertama

Ciri ciri terkena DBD selanjutnya pada anak usia 2 sampai 3 tahun adalah mual dan muntah. Awalnya anak akan merasakan mual akibat dari rasa pusing yang hebat tadi. Ia merasa apapun yang masuk kedalam tubuhnya adalah tidak benar. Maka biasanya setelah mual anak akan muntah. Muntah adalah respon tubuh saat mual. Muntah biasanya muncul saat anak sudah tidak bisa lagi menahan rasa mualnya. Anda perlu berhati hati dengan ciri ini karena bisa membuat ia tidak nafsu makan.

Baca Juga : Bintik Merah Demam Berdarah

 

Ciri Demam Berdarah pada Anak Balita

Anak balita adalah bayi yang masih mudah atau rentan untuk mengalami suatu penyakit. Tubuhnya yang tidak bisa dikontrol akan mudah kelelahan saat penyakit datang masuk kedalam tubuhnya. Dibawah ini beberapa tanda tanda DBD pada anak balita yang mudah untuk dikenali.

  • Demam Tinggi

Ciri terkena DBD pertama pada anak balita adalah demam tinggi. Biasanya hal ini terjadi di malam hari, dimana setelah seharian anak beraktivitas layaknya orang sehat. Mungkin pada ciri yang pertama ini anda berpikir bahwa anak mengalami demam biasa. Sehingga banyak orangtua menyepelekannya. Demam memang hal yang wajar saat anak masih balita, namun jika suhu tubuhnya meningkat hingga 40 derajat celcius tentu hal ini tidak normal. Apalagi ditambah keesokan harinya suhu tubuh akan menurun. Hal ini disebabkan karena seolah olah sistem kekebalan tubuh tidak mengalami hal yang aneh.

Baca Juga : Pengertian Demam Berdarah menurut Para Ahli

  • Ruam dibeberapa Bagian

Ruam pada Kulit sebagai Ciri Ciri Flu Tulang

Ruam pada Kulit sebagai Ciri Ciri Flu Tulang

Jika anda merasa sulit untuk mengenali penyakit DBD hanya dengan demam tinggi, maka tanda tanda penyakit DBD yang kedua ini bisa mewakilinya. Jika demam disertai dengan ruam merah atau bintik merah pada beberapa bagian tubuh bayi anda maka anda perlu berkonsultasi dengan dokter yang anda percayakan. Tentunya ruam tidak menjadi gejala ataupun ciri ciri dari penyakit lain.

  • Lemas

Setelah anak mengalami demam tinggi dan beberapa ruam merah muncul ditubuhnya, maka ia akan menjadi anak yang lemas dan pemurung. Bayi anda mungkin tidak bisa dengan segera memberitahukan kepada anda bahwa ia merasakan sakit pada sekitar tubuhnya. Tapi yang perlu anda ketahui adalah, saat ia lemas berarti tubuhnya sedang tidak dalam keadaan normal atau sehat. Anda harus benar benar tanyakan kepada dokter karena biasanya akan ada gejala lain yang ikut serta.

Baca Juga : Obat Tradisional Demam Berdarah

Ciri Demam Berdarah pada Anak Balita Usia 2 dan 3 Tahun admin cukupkan sampai disini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!