Ciri Demam Berdarah Pada Bayi Serta Gejala Nyamuk Penyebab Penyakit DBD

Demam berdarah merupakan penyakit dimana kondisi suhu tubuh dalam keadaan tinggi. Seperti yang sudah diketahui oleh masyarakat pada umumnya bahwa penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aides aegepty. Walau penyakit ini sudah ditemukan cara mengaasi dan mengobatinya, namun apabila dalam keadaaan terlambat maka penyakit ini bisa membunuh keselamatan pasien yang terserang. Hal ini perlu diketahui beberapa ciri demam berdarah pada bayi serta gejala nyamuk penyebab penyakit dbd

 

Ciri DBD

Ciri Demam Berdarah

Demam berdarah sering sekali ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat secara drastis dan dengan ditandai oleh timbulnya bercak merah pada daerah tubuh. Pada bayi sendiri, selain suhu tubuhnya yang tinggi dan timbul bercak merah ciri demam berdarah pada bayi ditunjukkan dengan kulit nya akan mudah memar. Selain itu juga bayi akan mengalami mimisan dan mudah menangis. Terakhir, bayi akan sangat mudah terserang penyakit karena sistem imun tubuhnya yang menurun drastis.

Baca Juga : Ciri Batuk Bronkitis pada Anak

 

Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

  • Peningkatan Suhu Badan

Peningkatan Suhu Badan sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

Peningkatan Suhu Badan sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

Ciri ciri gejala demam berdarah pertama yang akan dialami oleh bayi adalah dengan tiba-tiba suhu tubuh bayi akan mengalami peningkatan hingga 40 derajat celcius. Saat hal ini terjadi, jangan menunggu terlalu lama dengan hanya menggunakan obat biasa. Lakukan segera pemeriksaan kepada rumah sakit terdekat. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti step mendadak.

  • Muncul Bintik Merah di Tubuh

Ciri gejala demam berdarah selanjutnya yang akan dialami bayi adalah timbulnya bintik-bintik merah pada sekitar tubuh bayi. Bintik merah pada tubuh bayi menandakan reaksi gigitan dari nyamuk demam berdarah. Bintik-bintik merah ini apabila digaruk maka dapat menyebabkan keluarnya darah dari tubuh bayi.

  • Mimisan

Mimisan sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

Mimisan sebagai Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah Pada Bayi

Gejala dbd selanjutnya adalah bayi akan mengalami mimisan dan menyebabkan kepala menjadi sakit. Keluarnya darah dari hdung bayi akan membuat bayi tak nyaman dan gampang sekali menangis. Mimisan menandai bahwa penyakit yang menyerang tubuhnya sudah masuk fase yang serius dan memerlukan penanganan segera dari dokter.

Baca Juga : Mengatasi Batuk Rejan pada Bayi dan Anak

  • Turunnya Nafsu Makan

Gejala penyakit dbd selanjutnya adalah menurunnya nafsu makan bayi. Saat sedang terkena penyakit, beberapa sistem kerja tubuh dalam bayi akan terganggu. Sehingga saat hendak diberi makan, maka mulutnya akan menolak. Memaksakan agar bayi mau makan adalah tindakan yang tidak diperbolehkan.

  • Mudah Terserang Penyakit Lain

Gejala dbd pada anak selanjutnya adalah mereka akan mudah terserang penyakit seperti flu, pilek, dan batuk. Hal ini berpotensi tinggi terjadi karena nafsu makan sang bayi yang sudah menurun. Menurunnya nafsu makan bayi berarti menurunkan energi yang seharusnya ia dapatkan. Sehingga daya tahan tubuhnya juga akan menurun, dan menyebabkan bayi gampang terkena penyakti.

  • Mual dan Muntah

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Ciri ciri gejala dbd selanjutnya adalah tubuh bayi akan bereaksi mual dan muntah. Menurunnya nafsu makan berarti menurunkan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh bayi. Namun, virus yang sudah masuk ke dalamnya akan membuat tubuhnya bereaksi untuk mengeluarkan apa yang ada dalam perutnya.

  • Sulit Bernafas

Tanda gejala dbd yang terjadi pada bayi selanjutnya adalah kesulitan bernapas. Virus yang sudah menyebar dalam tubuh juga akan menganggu saluran pernapasan. Hal ini akan membuat bayi kesulitan dalam bernapas, karena udara yang dihirup tidak dapat secara sempurna masuk ke dalam tubuh dan diedarkan ke seluruh tubuh.

  • Nyeri di Belakang Mata

Ciri gejala dbd adalah nyeri pada belakang mata. Saat bayi merasakan nyeri pada belakang mata, maka tubuhnya akan memberi respon dengan menggaruknya secara terus menerus. Apabila hal ini terjadi, selalu awasi bayi anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya, segeralah membawa bayi anda ke dokter untuk diperiksakan.

Info Lengkap Flu Burung dan Bahayanya bagi Kesahatan

Gejala gejala dbd adalah nyeri pada otot tubuh, sendi dan tulang. Saat hal ini terjadi maka setiap kali bayi bergerak maka ia kan mengalami kesakitan. Hal inilah yang akan menyebabkan bayi gampang menangis. Rasa sakit yang dideritanya juga akan membuat ia menjadi susah tidur.

 

Ciri Ciri Nyamuk Demam Bedarah

Ciri Ciri Nyamuk Demam Bedarah Aedes Aegepty

Ciri Ciri Nyamuk Demam Bedarah Aedes Aegepty

Ciri ciri nyamuk demam berdarah yang pertama dapat dilihat dari bentuk dan warna tubuhnya. Nyamuk Aides aigepty akan berwarna seperti warna zebra yakni warna putih belang-belang. Kemudian nyamuk tersebut dapat terbang hingga jarak kurang lebih 100 meer dari tempat ia menetas. Ciri nyamuk demam berdarah selanjutnya yaitu ia memerlukan darah setiap dua hari sekali yakni pada pagi hari dan sore hari. Biasanya, saat nyamuk demam berdarah menggigit tubuh kita maka posisi tubuhnya akan rata dengan permukaan kulit.

 

Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Berwajah Pucat

Ciri ini tak terlalu berbeda dengan ciri ciri kena demam berdarah pada orang dewasa. Biasanya wajahnya akan terlihat pucat di bagian wajah penderita. Hal ini akan terjadi saat virus sudah mengganggu saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang terganggu akan menyebabkan menurunnya nafsu makan. Nafsu makan yang menurun akan menurunkan jumlah makanan yang masuk. Saat memaksakan tubuh beraktivitas normal dalam keadaan perut kosong akan membuat wajah penderita menjadi pucat.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Orang Dewasa

Tubuh Menggigil

Tubuh Menggigil sebagai Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Tubuh Menggigil sebagai Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Ciri sakit demam berdarah selanjutnya adalah tubuh menggigil. Akibat kenaikan suhu tubuh hingga 40 derajat celcius maka tubuh akan mengalami kedinginan hebat saat beraktivitas. Hal ini akan membuat tubuh menggigil karena perbedaan suhu lingkungan yang ekstrem.

Lemas

Ciri ciri orang terkena demam berdarah selanjutnya adalah tubuh menjadi lemas. Tubuh menjadi lemas adalah kondisi yang diakibatkan karena tubuh kekurangan asupan yang cukup. Menurunnya nafsu makan merupakan salah satu faktor utamanya. Ciri demam berdarah pada bayi, balita dan orang dewasa adalah hasil tes darah (tourniquet) positif.

Ciri ciri demam berdarah pada bayi sakit pada bagian perut. Virus bukan hanya akan menganggu saluran pernapasan sehingga bayi akan susah bernapas. Namun, virus juga akan menganggu saluran pencernaan. Hal inilah yang akan menyebabkan perut bayi terasa sakit.

Baca Juga : Cara Mengatasi Batuk Kering

Ciri Demam Berdarah Pada Bayi Serta Gejala Nyamuk Penyebab Penyakit DBD admin cukupkan sampai disini, mudah mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!