Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Gejala Orang yang Terkena Penyakit Tersebut

Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Gejala Orang yang Terkena Penyakit Tersebut akan admin bahas kali ini. Penyakit demam berdarah atau yang sering disingkat dengan DBD adalah penyakit yang dibwaa oleh nyamuk Aides aigepty. Penyakit ini adalah penyakit yang membuat kondisi tubuh dalam keadaan suhu yang tinggi. Penyakit ini memang sudah diketahui cara mengatasinya, namun apabila terlambat diobati maka akan menyebabkan kematian. Penyakit DBD yang menyerang anak dan orang dewasa ditandai dengan gejala yang berbeda. Maka dari itu akan dibahas mengenai ciri ciri penyakit demam berdarah pada orang dewasa dan gejala orang yang terkena penyakit tersebut.

 

Penyakit Demam Berdarah

Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Gejala Orang yang Terkena Penyakit Tersebut

Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Gejala Orang yang Terkena Penyakit Tersebut

Penyakit demam berdarah dapat ditandai tergantung usia penderita. Ciri ciri dbd pada anak bayi dengan orang dewasa berbeda. Hal ini dapat terjadi karena sistem organ dalam tubuh anak bayi belum terbentuk dan bekerja secara sempurna, sedangkan untuk orang dewasa sudah. Hal ini akan membuat orang dewasa dan anak bayi menimbulkan ciri-ciri yang berbeda.  Ciri ciri penyakit demam berdarah pada orang dewasa diantaranya adalah:

  • Gusi Berdarah

Efek dari virus yang disebarkan oleh nyamuk aides akan mengganggu sistem kerja organ. Sistem kerja organ yang terganggu membuat tubuh menimbulkan reaksi sensitive. Beberapa bagian pada tubuh akan mengalami pendarahan. Salah satunya adalah gusi akan mengeluarkan darah. Gusi yang mengeluarkan darah akan terus menerus keluar karena sel darah merah sudah terinfeksi oleh virus.

Baca Juga : Cara Menanggulangi Batuk Berdarah tanpa Batuk

  • Mimisan

Salah satu bagian tubuh yang akan mengalami pendarahan adalah mimisan. Mimisan adalah salah satu terganggunya sistem organ dalam tubuh. Saat tubuh mengeluarkan darah lewat hidung, maka akan susah untuk diberhentikan. Hal ini karena darah dalam tubuh sudah mencair dan akan dengan gampang keluar.

 

Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Demam Berdarah

Demam Tinggi

Demam Tinggi sebagai Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Demam Berdarah

Demam Tinggi sebagai Ciri Ciri Orang Terkena Penyakit Demam Berdarah

Gejala awal dbd adalah tubuh akan mengalami penyakit demam tinggi. Pada tahap ini, suhu tubuh akan meningkat hingga 40 derajat celcius. Pada tahap ini berarti virus yang masuk sudah mulai menyerang tubuh dan menganggu sistem kerja organ. Sehingga suhu tubuh menjadi tidak stabil dan mencapai 40 derajat celcius.

Menggigil

Tanda tanda gejala dbd selanjutnya adalah tubuh akan merasa menggigil. Tubuh yang menggigil dapat terjadi karena kondisi tubuh yang meningkat hingga 40 derajat celcius. Saat suhu badan tinggi, maka penderita yang berada pada suhu ruangan pun akan tetap merasakan kedinginan karena perbedaan suhu yang ekstrem antara suhu tubuh dan ruangan.

Baca Juga : Info Lengkap Batuk Kering

Bintik Merah di Seluruh Tubuh

Gejala dbd selanjutnya adalah timbulnya bintik bintik merah di seluruh tubuh. Bintik bintik merah inilah yang seringkali dikenal orang sebagai penyakit demam berdarah. Munculnya bintik bintik merah pada tubuh merupakan tanda efek yang timbul karena reaksi virus yang sudah menyerang tubuh.

Trombosit Menurun

Ciri ciri penyakit demam berdarah pada orang dewasa yaitu trombosit menurun hingga 100 ribu sel/mm3. Jumlah trombosit normal untuk orang dewasa adalah sekitar 150.000 hingga 400.000 sel/mm3. Penurunan trombosit pada orang dewasa ini disebabkan karena virus yang menyerang sudah memakan sel-sel darah merah dalam tubuh.

Batuk Berdarah

Penyebab Batuk Berdarah secara Tiba Tiba

Penyebab Batuk Berdarah secara Tiba Tiba

Ciri ciri dbd selanjutnya yaitu batuk yang berlebihan hingga mengalami pendarahan. Batuk yang berlebihan dan tak kunjung berhenti akan berakhir dengan mengeluarkan darah. Hal ini karena batuk yang tidak kunjung berhenti akan membuat tenggorokan meradang dan terluka, sehingga saat penderita yang seharusnya mengeluarkan lendir tapi malah mengeluarkan darah.

Keringat Berlebih

Ciri dbd yang selanjutnya yaitu ditandai dengan tubuh menghasilkan keringat yang berlebihan. Saat kondisi tubuh seseorang meningkat hingga 40 derajat celcius, maka tubuh akan mengeluarkan keringat yang sangat berlebihan hingga baju penderita akan sangat basah. Kondisi tubuh yang mengeluarkan keringat yang berlebihan akan membuat kehilangan mineral dalam tubuh.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Rejan pada Bayi

Nyeri pada Perut

Tanda tanda dbd selanjutnya adalah penderita merasakan nyeri pada perut. Nyeri pada perut adalah tanda bahwa virus sudah mulai menyerang sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang terganggu akan menghalangi makanan yang hendak di proses. Efeknya bagian tubuh seperti perut akan terasa sakit.

Memar di Kulit

Ciri ciri penyakit dbd yang lain yaitu akan terjadi memar kulit. Memar kulit ini adalah tanda bahwa virus sudah menyerang sistem peredaran darah. Virus tersebut akan memakan banyak sel darah merah, sehingga akan menimbulkan memar memar pada kulit bahkan saat kulit tidak mengalami benturan atau pukulan apapun.

Pucat

Pucat sebagai salah satu Ciri Orang Terkena Penyakit Demam Berdarah

Pucat sebagai salah satu Ciri Orang Terkena Penyakit Demam Berdarah

Ciri2 dbd selanjutna yaitu muka penderita akan terlihat pucat. Pucat adalah tanda bahwa tubuh kehilangan banyak sekali energi. Virus yang menyerang tubuh penderita akan menyerap energy dalam jumlah yang banyak. Sehingga wajah yang pertama kali bereaksi saat sel darah dalam tubuh berubah drastic.

Muntah Darah

Tanda dbd yang lain yaitu tubuh akan mengalami muntah darah. Muntah darah dapat terjadi karena virus sudah menginfeksi sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah yang terganggu akan membuat tubuh harus mengeluarkannya secara paksa dari dalam tubuh, sehingga penderita akan mengalami muntah darah.

Baca Juga : Cara Penularan Flu Babi

Fases Menghitam

Penyakit dbd selanjutnya dapat ditandai dengan warna feses yang berubah menjadi hitam. Warna feses yang berubah menjadi hitam terjadi karena sistem pencernaan yang tidak dapat mencerna dengan baik. Alhasil zat warna yang seharusnya dapat diproduksi agar feses menjadi warna normal tidak terjadi.

Pendarahan pada Air Seni

Ciri ciri terkena dbd selanjutnya yaitu penderita akan mengalami pendarahan pada air seni. Virus yang sudah menyerang sistem peredaran darah akan membuat sel-sel darah merah terinfeksi. Sel-sel darah merah yang sudah terinfeksi akan terbawa saat tubuh mengeluarkan air seni. Air seni tersebut akan bercampur dengan darah saat dikeluarkan.

Hasil Tes Positif TTP

Cri ciri kena dbd yang terakhir adalah hasil pada test tourniquet positif. Saat seseorang memeriksakan darahnya di rumah sakit maupun klinik, apabila hasil pada test tourniquetnya positif maka penderita tersebut benar mengalami penyakit dbd. Jika hal ini sudah terjadi, maka penanganan harus segera dilakukan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Flu Tulang Secara Tradisional

Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah Pada Orang Dewasa dan Gejala Orang yang Terkena Penyakit Tersebut admin cukupkan sampai disini, mudah mudahan ada manfaatnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!