Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah Dengue Aedes Aegypti

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah Dengue Aedes Aegypti kiranya penting untuk admin bahas. Penyakit demam berdarah dengue adalah salah satu penyakit yang sering sekali menyerang masyrakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar nomor dua dengan penderita penyakit demam berdarah dengue terbanyak. Penyakit demam berdarah dengue tersebut diketahui disebarkan melalui virus yang bernama dengue. Virus dengue ini ternyata disebar melalui perantara gigitan nyamuk demam berdarah dengue yaitu Aedes aegypti. Berikut ini akan dibahas mengenai ciri ciri nyamuk demam berdarah dengue Aedes aegypti.

 

Nyamuk Aedes Aegypti

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah Dengue Aedes Aegypti

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah Dengue Aedes Aegypti

Sebagai makhluk hidup, kita tidak mungkin bisa menghindari 100% gigitan nyamuk. Seperti yang kita ketahui bahwa nyamuk hanya akan dapat bertahan hidup dan berkembang biak hanya jika ia menemukan tempat tinggal yang layak untuknya. Namun, tetap saja saat kita merasa lingkungan yang kita hindari termasuk dalam kategori nyamuk tidak suka bukan berarti nyamuk benar-benar tidak hidup disana. Namun, bagaimanakah cara untuk membedakan antara nyamuk demam berdarah dengan nyamuk biasa? Berikut ini adalah beberapa ciri ciri nyamuk demam berdarah, yaitu:

  • Nyamuk aedes akan memiliki tubuh yang berwarna hitam dengan garis garis putih seperti zebra cross
  • Nyamuk dbd biasanya mampu terbang hingga jarak 100 meter dari tempat nya menetaskan telurnya.
  • Ciri ciri nyamuk dbd biasanya mereka memerlukan darah setiap dua hari dan dilakukan pada pagi dan sore hari.
  • Ciri ciri nyamuk aedes aegypti selanjutya adalah ia mampu bertahan hidup dalam 2 hingga 3 bulan dengan rerata selama 3 minggu.
Bekas Gigitan Nyamuk Demam Berdarah dan Ciri Cirinya

Bekas Gigitan Nyamuk Demam Berdarah dan Ciri Cirinya

Nyamuk Aedes aegypti biasanya adalah betina. Hal ini disebabkan karena nyamuk betina memerlukan lebih banyak protein yang didapatkan dari darah manusia untuk bisa berkembang biak dan menetaskan telurnya. Sehingga, yang paling sering menggigit dan menyebarkan virus dengue adalah nyamuk aides dengan jenis kelamin betina.

Baca Juga : Info Lengkap Flu Burung dan Bahayanya Bagi Kesehatan

 

Ciri Ciri Dbd

Demam berdarah termasuk dalam penyakit yang berbahaya. Penyakit tersebut dapat tergolong bahaya karena virus dengue apabila sudah menyerang tubuh maka dapat mengakibatkan kemungkinan terburuk seperti kematian. Namun sebenarnya penyakit tersebut bisa ditangani dan dicegah apabila kita mengetahui bagaimana ciri ciri dbd yang diderita. Walaupun sebenarnya belum ada obat yang dipercaya benar-benar bisa menghilangkan virus dengue yang menyerang dan bersarang dalam tubuh penderita demam berdarah dengue.

Demam Tinggi

Ciri ciri kena dbd yang pertama adalah penderita akan mengalami demam yang sangat tinggi bahkan mampu mencapai 41 derajat celcius. Suhu tubuh yang terbilang tinggi tersebut apabila mengenai bayi dan anak-anak maka bisa menyebabkan penyakit lain seperti step. Demam tinggi tersebut merupakan efek dari tubuh yang sudah terkena infeksi virus. Tubuh akan berusaha melakukan perlawanan dengan mengunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan serangan virus dengue, namun saat sistem imun tubuh seseorang menurun maka tubuh akan kalah melawan virus dan bisa menyebabkan demam yang tinggi.

Bintik Merah

Ciri dbd selanjutnya adalah munculnya ruam ataupun bintik bintik merah pada tubuh. Bintik bintik merah pada tubuh merupakan tanda bahwa sistem peredaran darah sedang terganggu. Biasanya orang sering menyalahartikan ruam merah pada tubuh penderita dbd dengan ruam merah pada penderita penyakit campak. Saat seseorang terkena penyakit demam berdarah dengue, maka ruam ataupun bintik merah pada tubuhnya tidak akan terasa sakit dan gatal, juga tidak akan hilang saat ditekan. Tetapi pada penderita yang mengidap penyakit campak maka ruam merah pada tubuh akan terasa nyeri dan gatal, juga akan hilang saat tubuh ditekan.

Baca Juga : Ciri Ciri Bekas Gigitan Nyamuk Demam Berdarah

Sakit Kepala

Sakit Kepala sebagai Contoh Gejala Penyakit Flu Tulang

Sakit Kepala sebagai Contoh Gejala Penyakit Flu Tulang

Tanda tanda dbd selanjutnya biasanya penderita akan terserang penyakit tambahan seperti sakit kepala dan batuk. Saat penderita demam berdarah dengue terserang penyakit tersebut, maka itu adalah tanda bahwa virus dengue sudah menyerang saluran pernapasan. Saluran pernapasan yang terganggu akan terhambat dan membuat beberapa virus membangun sarang pada beberapa bagian di saluran pernapasan. Bahkan saat virus sudah meradang di bagian tenggorokan, penderita bisa mengeluarkan darah bersamaan dengan lendir saat batuk.

Pendarahan

Penyakit dbd selanjutnya dapat ditandai dengan munculnya pendarahan pada beberapa bagian tubuh. Saat penderita dbd sudah mengalami pendarahan maka saat itu juga penderita sebenarnya sudah masuk dalam fase kritis. Fase inilah yang disebut sebut sebagai fase paling mematikan, karena pada saat ini terjadi maka virus dengue sebenarnya telah mengganggu sistem peredaran darah hingga membuat adanya kebocoran dalam plasma darah. Biasanya bagian tubuh yang sensitive mengalami pendarahan adalah pada bagian gusi dan bagian hidung.

Nyeri Otot

Dbd juga dapat ditandai dengan penderita merasakan nyeri pada bagian otot dan sendi. Dalam dunia medis, virus dengue disebut-sebut sebagai pembuat penyakit breakbone. Hal ini berarti bahwa virus dengue juga akan menyerang hingga ke bagian tulang dan sendi penderita. Saat hal ini terjadi, maka penderita akan merasakan sakit yang luar biasa pada seluruh tubuh walaupun sedang tidak melakukan aktivitas yang berat.

Baca Juga : Perbedaan Nyamuk Malaria dengan Nyamuk Demam Berdarah

Menurunnya Trombosit

Menurunnya Trombosit sebagai Ciri Penyakit DB

Menurunnya Trombosit sebagai Ciri Penyakit DB

Ciri ciri penyakit dbd selanjutnya dapat ditandai dengan turunnya jumlah trombosit. Jumlah trombosit orang normal biasanya mencapai 150ribu sel/mm3. Namun, untuk penderita penyakit demam berdarah dengue maka jumlah trombositnya akan menurun drastis hinga 100ribu sel/mm3. Saat trombosit menurun drastis maka tubuh akan kehilangan banyak sekali cairan, sehingga dianjurkan untuk selalu memberikan air putih kepada penderita penyakit demam berdarah dengue.

Perubahan Feses

Ciri2 dbd selanjutnya dapat ditandai dengan berubahnya warna feses yang semula coklat menjadi berwarna hitam. Feses yang berwarna hitam merupakan efek yang timbul akibat jumlah trombosit yang menurun drastis. trombosit yang berguna untuk memberi warna pada feses akan tidak berfungsi secara sempurna saat ia tidak dalam jumlah normal.

Penyakit demam berdarah dengue dapat diatasi dengan cepat apabila kita sudah mengetahui tanda gejala dbd. Dengan mengetahui tanda gejala dbd maka kita jadi lebih mudah bagaimana cara mengobatinya. Dengan memperhatikan gejala dan tanda tersebut akan mengurangi kemungkinan angka kematian yang disebabkan oleh virus dengue tersebut.

Baca Juga : Ramuan Tradisional untuk Penyakit DB

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah Dengue Aedes Aegypti admin cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!