Jangan Sepelekan Ciri Ciri Flu Singapura pada Balita dan Bayi Berikut Ini

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas Ciri Ciri Flu Singapura pada Balita dan Bayi. Balita atau bayi dibawah lima tahun merupakan masa umur produktif. Balita yang produktif ditandai dengan keaktifannya. Ia akan senang melakukan kegiatan diluar lingkungan. Terkadang balita lupa mengkondisikan dirinya di lingkungan, sehingga ia akan lupa dengan kesehatan dan biasanya bakteri yang ada pada lingkungan kotor membuat buah hati anda terserang penyakit seperti flu dan batuk. Meski terlihat wajar, flu ternyata memiliki salah satu jenis yang cukup ditakuti seperti flu singapura. Perlu anda ketahui, ciri ciri flu singapura pada balita dan bayi berbeda dengan flu pada umumnya.

 

Flu Singapura

Ciri Ciri Flu Singapura pada Balita dan Bayi

Ciri Ciri Flu Singapura pada Balita dan Bayi

Ciri Ciri Flu Singapura pada Balita dan Bayi

Anda dapat memvonis bahwa anak anda terkena flu singapura jika ciri ciri dibawah ini ada padanya.

  1. Demam Tinggi

Ciri flu singapore yang pertama yaitu naiknya suhu mencapai demam yang tinggi. Suhu badan anak yang terjangkit penyakit ini akan meningkat secara tidak wajar. Akibatnya anak tidak akan cenderung rewel dan lesu.

Baca Juga : Gejala Lengkap Flu Singapura

  1. Sakit Tenggorokan

Selanjutnya akan muncul tanda flu singapura yaitu sakit tenggorokan. Ada rasa tidak nyaman pada tenggorokan anak anda dan membuatnya gelisah tak menentu bahkan tak jarang sampai menangis.

  1. Selera Nafsu Makan yang Menurun

Lambat laun anak yang semula makan dengan lahap akan berkurang hingga sampai pada di titik dia akan malas makan.

  1. Bintik Merah

Bintik Merah pada Kulit Sebagai Ciri Ciri Flu Singapura pada Balita dan Bayi

Bintik Merah pada Kulit Sebagai Ciri Ciri Flu Singapura pada Balita dan Bayi

Gejala flu singapura selanjutnya adalah  munculnya bintik bintik merah pada permukaan kulit sekitar tangan, kaki dan mulut dan bintik ini akan melepuh.

Baca Juga : Ciri Ciri Bintik Merah pada Demam Berdarah Dengue

 

Penyebab Flu Singapura

Penyakit flu singapura disebabkan oleh kelompok virus yang disebut enterovirus. Virus Singapura ini mempunyai anggota. Ia bekerja dengan cara masuk kedalam tubuh lewat udara yang dikeluarkan bersamaan dengan bersin. Biasanya anak akan terserang saat ia berada pada lingkungan yang kotor.

 

Cara Mengatasi Flu Singapura

Flu singapura tidak memiliki vaksin khusus untuk mencegah anak terhindar dari penyakit ini, flu singapura pada anak dapat diatasi dengan beberapa cara dibawah ini.

  1. Jaga Kebersihan Tangan

Tangan mempunyai beberapa kegunaan yang penting. Tak jarang penyakit dapat ditularkan melalui tangan. Mengapa bisa? Tangan akan bersentuhan secara langsung dengan sekitar wajah yang tentunya lebih membuka jalan bagi virus dan bakteri masuk kedalam tubuh apalagi anak terlalu sering bermain kotor dan lupa untuk mencuci tangan hingga ia langsung makan dengan tangan yang kotor. Maka segerakanlah mencuci tangan anda dengan sabun dan air mengalir dalam kondisi apapun setelah melakukan suatu aktivitas agar flu singapura pada balita anda tidak terjadi.

  1. Membersihkan Mainan atau Benda Anak

Membersihkan Mainan atau Benda Anak sebagai Cara Untuk Mencegah Flu Singapura

Membersihkan Mainan atau Benda Anak sebagai Cara Untuk Mencegah Flu Singapura

Anak yang tergolong balita biasanya akan memiliki banyak sekali jenis mainan yang biasa ia mainkan. Terkadang beberapa dari kegiatan anak anda luput dari pandangan mata. Kegiatan itu salah satu contohnya adalah memasukkan mainan atau benda ke dalam mulut dengan spontan. Maka bagi anda orang tua biasakan untuk membersihkan mainan dan benda yang ada disekitar anak anda dengan rajin. Hal – hal seperti ini menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit virus singapura dialami sang buah hati.

Baca Juga : Kenali Cara Menangani Flu Singapura Berikut

  1. Menghindari Kontak Langsung

Buah hati anda sangat menggemaskan dan membuat orang – orang tertarik untuk menyium, menyentuh serta mengendongnya. Namun anda tak pernah tau bahwa flu singapura pada bayi dapat ditularkan dengan cara diatas. Maka sebisa mungkin hindari kontak langsung dari orang terhadap bayi anda. Jangan takut untuk dikira sombong, lebih baik menjaga kesehatan anak anda daripada terlalu ramah kan?.

Sekian pembahasan admin mengenai Ciri Ciri Flu Singapura pada Balita dan Bayi, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!