Ciri Ciri Batuk TBC dan Tanda Gejala yang Sering Ditemukan

AidaAzryn.com | Ciri Ciri Batuk TBC dan Tanda Gejala yang Sering Ditemukan merupakan pembahasan yang menarik. Di zaman yang modern saat ini, jumlah penduduk di dunia semakin meningkat. Hal tersebut juga berdampak pada kondisi lingkungan. Semakin banyak jumlah penduduk di suatu tempat, maka kebutuhan akan mobilitas juga akan tinggi. Hal tersebut membuat semakin banyak populasi udara yang tercipta dan semakin besar juga peluang akan dampak buruk terhadap polusi yang ada khususnya berdampak pada kesehatan. Dampak negatif akibat polusi udara ini pada kesehatan yaitu terganggunya saluran pernapasan tubuh manusia. Salah satu penyakit yang merupakan bagian dari terganggunya saluran pernapasan adalah batuk TBC. Batuk TBC (Tuberculosis/tuberkulosis) adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium tuberculosis. Berikut ini akan dibahas mengenai ciri-ciri batuk TBC dan tanda gejala yang sering ditemukan.

 

Ciri Ciri Batuk TBC

Ciri Ciri Batuk TBC pada Anak dan Tanda Tandanya

Ciri Ciri Batuk TBC dan Tanda Gejala yang Sering Ditemukan

Ciri Ciri Batuk TBC dan Tanda Gejala yang Sering Ditemukan

Sebagian besar TBC menyerang paru-paru namun juga akan mengenai organ tubuh yang lain. Namun kita tidak bisa langsung menyatakan seseorang terkena batuk TBC tanpa melihat ciri-ciri batuknya terlebih dahulu. Beberapa ciri-ciri tbc antara lain sebagai berikut:

  1. Batuk Berdahak dalam Jumlah yang Banyak

Tanda-tanda batuk TBC poin pertama adalah Penderita yang terkena batuk TBC biasanya akan mengalami batuk selama kurang lebih tiga minggu dengan disertai jumlah dahak yang cukup banyak. Hal tersebut juga akan sangat mengganggu sistem pernafasan penderita, contohnya adalah Asma. Dari jumlah dahak yang terlalu banyak ini, penderita juga bisa menularkan bakteri TBC tersebut.

  1. Dada Terasa Nyeri Saat Bernafas

Akibat dari terganggunya saluran pernafasan yang terinfeksi akibat bakteri ini, maka penderita batuk TBC akan merasakan nyeri yang luar biasa saat bernafas. Hal tersebut akan sangat menyiksa dan mengganggu penderita dalm beraktivitas.

  1. Menurunnya Nafsu Makan

Ciri tbc selanjutnya adalah menurunnya nafus makan. Batuk TBC yang disebabkan oleh bakteri tersebut akan mengganggu sistem kerja otak pada tubuh manusia dan akan membuat nafsu makan penderita menurun. Hal tersebut terjadi karena saat hendak makan ataupun minum, penderita akan merasakan mual dan bisa memuntahkan makanan yang masuk disebabkan karena bakteri tersebut sudah menganggu hormon dalam tubuh.

  1. Berat Badan Turun

Berat Badan Turun sebagai Ciri Ciri Batuk TBC pada Anak

Berat Badan Turun sebagai Ciri Ciri Batuk TBC pada Anak

Poin nomor 4 ini berkaitan erat dengan poin sebelumnya. Karena penderita kehilangan nafsu makannya, maka secara otomatis penderita juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

  1. Suhu Tubuh Naik dan Menggigil

Gejala TBC selanjutnya adalah Penderita batuk TBC yang telah mengalami kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan akan sangat rentan terhadap virus-virus yang lain. Hal tersebut membuat penderita rentan terhadap penyakit lain dan yang paling sering dialami adalah suhu tubuh naik drastis dan akan mengalami perasaan dingin yang luar biasa hingga menyebabkan badan menggigil.

  1. Kejang Kejang

Penderita batuk TBC tidak hanya akan mengalami gangguan pada sistem kerja otak, tetapi bakteri TBC juga akan menganggu sistem kerja saraf pada tubuh. Hal tersebut akan berdampak pada tubuh manusia yang menghasilkan respon tidak baik dan mampu membuat penderita batuk TBC kejang-kejang.

  1. Bagian Tulang Terinfeksi

Bakteri dari penderita batuk TBC juga akan menyerang sampai pada bagian tulang manusia. Hal tersebut akan membuat rasa sakit/nyeri yang luar biasa sehingga penderita akan sangat sulit untuk bergerak dan melakukan aktivitasnya.

  1. Batuk Berdarah

Bahaya Batuk Berdarah secara Tiba-Tiba serta jenis jenisnya

Bahaya Batuk Berdarah secara Tiba-Tiba serta jenis jenisnya

Hal yang paling umum dikenal sebagai ciri-ciri dari batuk TBC adalah keluarnya darah secara bersamaan dengan dahak saat batuk. Hal tersebut dapat terjadi karena tenggorokan yang luka akibat terlalu sering mengeluarkan sesuatu dalam jumlah yang banyak dan frekuensi yang sering.

 

Penularan Batuk TBC dan Faktor Faktor Pendukung Terserang Tuberculosis

Setelah mengetahui ciri-ciri batuk TB hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah bakteri TB yang sifatnya dapat menular. Penularan tbc bisa melalui udara dan menular secara lambat. Faktor-faktor yang dapat mendukung seseorang terkena TB antara lain:

  • Masyarakat yang berada dalam pemukiman yang padat penduduk dan ditambah dengan lingkungan yang kurang bersih
  • Manusia yang memiliki sistem imun (kekebalan tubuh) yang lemah seperti mereka yang kekurangan gizi, menderita penyakit ginjal, HIV/AIDS, dan diabetes
  • Manusia yang mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang
  • Orangtua yang sudah lanjut usia juga mereka yang masih anak-anak
  • Mereka yang perokok aktif maupun pasif

 

Pengobatan Batuk TBC

Pengobatan tbc bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis obat antibiotik dalam waktu tertentu untuk meningkatkan perlindungan dari sistem kekebalan tubuh penderita sehingga bakteri penyebab tbc dapat mati.

 

Cara Mencegah Batuk TBC

Quote Mencegah Lebih Baik dari pada Mengobati

Quote Mencegah Lebih Baik dari pada Mengobati

Pencegahan terhadap batuk tuberkolosis dapat dimulai dengan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat akan membantu dalam meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) untuk mencegah kemungkinan terjangkit bakteri tuberkulosis. Selain itu, disarankan saat beraktivitas diluar rumah dan tidak bisa menghindari terhirup langsung asap kendaraan atau polusi udara maka lebih baik untuk menggunakan masker saat berpergian. Hal tersebut minimal akan mengurangi kemungkinan bakteri tuberkulosis terhirup.

 

Ciri Ciri Batuk TBC dan Tanda Gejala yang Sering Ditemukan diatas dapat anda jadikan referensi untuk mencegah terjangkitnya jenis penyakit flu tersebut. Mengatasi selalu lebih baik dari pada mengobati. Jagalah diri anda, maupun anak anda dari penyakit flu singapura. Apabila telah munjul ciri dan gejala, segeralah menghubungi dokter terdekat, untuk menghindari kemungkinan yang lebih parah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!