Ciri Ciri Batuk Bronkitis Pada Anak dan Obat Alami dan Kimia di Apotik

AidaAzryn.com | Ciri ciri batuk bronkitis pada Anak dan Obat Alami dan Kimia di Apotik merupakan bahasan yang cukup menarik. Kebiasaan-kebiasan buruk manusia tidak hanya berdampak buruk bagi lingkungan namun juga seringkali berdampak buruk bagi manusia itu sendiri. Contoh hal paling konkret nya adalah kebiasaan merokok. Kondisi lingkungan yang semakin hari semakin tidak baik karena semakin meningkatnya polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan-kendaraan roda dua,tiga dan empat di tanah air makin diperburuk oleh kebiasaan manusia yaitu merokok.

Bahaya dari asap rokok akan langsung berdampak pada saluran pernapasan kita. Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi para perokok aktif dan menghiraukan hal yang jelas-jelas sudah terpampang nyata pada kemasannya tentang bahaya dari merokok. Salah satu penyebab dari bahayanya menjadi perokok aktif dan pasif untuk saluran pernafasan adalah dapat mengakibatkan manusia mengidap penyakit batuk Bronkitis. Hal yang paling sensitif terhadap asap rokok adalah anak-anak. Sehingga seringkali batuk bronkitis ini menyerang anak-anak. Berikut ini akan dibahas mengenai ciri-ciri batuk bronkitis pada anak dan obat alami dan kimia di apotik.

 

Batuk Bronkitis

Ciri Ciri Batuk Bronkitis Pada Anak dan Obat Alami dan Kimia di Apotik

Ciri Ciri Batuk Bronkitis Pada Anak dan Obat Alami dan Kimia di Apotik

Batuk Bronkitis Apakah Menular ?

Banyak keluarga atau teman pasien pengindap penyakit bronkitis bertanya pada dokter, apakah batuk bronchitis merupakan jenis penyakit menular ? Jawabannya bisa iya, bisapula tidak.

 

Mengenal Bronkitis Akut dan Bronkitis Kronis

Batuk brokitis dapat menular, apabila pasien menderita penyakit “Bronkitis Akut”. Sedangkan apabila pasien menderita penyakit “Bronkitis Kronis” maka tidaklah menular. Hal ini dapat terjadi karena penyebab ke dua jenis tadi.

  • Bronkitis Akut adalah jenis penyakit bronkitis, dimana penyebab utamanya berupa virus dan gejala yang timbul dapat berlangsung selama 1 hingga 3 minggu.
  • Bronkitis Kronis adalah jenis bronkitis yang telah lama hinggap di tubuh penderita, biasanya penyebab penyakit ini berupa kuman atau bakteri. Sehingga inflamasi tersebut tidaklah memberikan efek penularan penyakit kepada orang lain.

 

Ciri ciri Batuk Bronkitis pada Anak

Batuk Rejan - Pembahasan Lengkap Seputa Ciri Ciri dan Gejala

Batuk Rejan – Pembahasan Lengkap Seputa Ciri Ciri dan Gejala

Batuk bronkitis adalah penyakit yang disebabkan oleh terinfeksinya saluran pernapasan utama dari bronkus (paru-paru), sehingga akan membuat inflamasi pada saluran  tersebut. Batuk bronkitis membuat penderitanya merasa sakit/nyeri saat bernapas. Salah satu jenis batuk yang terjadi akibat dari gangguan pada bagian paru-paru. Gejala bronkitis ini sendiri dapat ditandai oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Batuk yang Berkepanjangan

Tanda tanda bronkitis yang pertama yaitu batuk berkepanjangan. Biasanya penderita bronkitis akan mengalami batuk yang berkepanjangan atau sekitar 10 hingga 20 hari. Namun hal tersebut sering diabaikan dan ditindak lanjuti dengan serius oleh penderita dan menganggap bahwa yang ia alami adalah batuk biasa.

  1. Tenggorokan Terasa Sakit

Selain batuk berkepanjangan, ciri ciri bronkitis lainnya yaitu adanya rasa sakit pada tenggorokan. Penderita yang mengalami batuk yang berkepanjangan lama kelamaan akan merasa sakit/nyeri pada tenggorokannya. Hal tersebut terjadi karena terlalu sering mengeluarkan lendir/dahak. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan khususnya pada tenggorokan.

  1. Kelelahan

Gejala batuk bronchitis selanjutnya yaitu munculnya rasa lelah secara terus menerus. Penderita yang tenggorokannya terasa sakit, akan kehilangan nafsu makan maupun minum. Hal tersebut akan berpengaruh pada daya tahan tubuh penderita. Penderita akan sering merasa kelelahan karena kurangnya asupan gizi dan nutrisi yang masuk kedalam tubuh.

  1. Suhu Badan Tinggi

Ciri ciri batuk bronkitis yang selanjutnya yaitu meningginya suhu badan. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya asupan gizi yang masuk kedalam tubuh penderita, daya tahan tubuh yang menurun dapat menjadi peluang bagi bakteri ataupun virus kedalam tubuh. Hal tersebut membuat daya tahan tubuh penderita kalah melawan virus yang menyebabkan sang penderita gampang terjangkit penyakit seperti demam.

  1. Sulit Bernapas

Hal yang paling umum dikenal oleh masyarakat luas mengenai seorang yang menderita penyakit batuk bronkitis adalah sesak napas. Akibat peradangan dari saluran pernapasan yaitu paru-paru membuat penderita akan sulit saat melakukan proses respirasi.

  1. Rasa Sakit Dibagian Tubuh Tertentu

Ciri batuk bronkitis lainnya yaitu muncul rasa sakit dibagian tubuh tertentu. Penderita yang mengalami kesulitan dalam bernapas akan mengakibatkan beberapa bagian tubuh juga ikut merasakan sakit. Misalnya bagian kepala. Otak membutuhkan oksigen dalam jumlah yang banyak untuk dapat berfungsi normal, namun penderita batuk bronkitis yang susah menghirup udara akan sangat menurunkan jumlah udara yang masuk kedalam paru-parunya yang akan ditransfer menuju otak. Akibatnya penderita akan sering merasa pusing dan sakit kepala yang luar biasa hebat.

 

Obat Batuk Bronkitis Tradisional pada Anak

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Pilek pada Balita

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Pilek pada Balita

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa orang disekitar kita mengidap penyakit batuk bronkitis, hal yang dapat dilakukan untuk mengobatinya ada dua cara. Cara pertama bisa dengan obat batuk alami dan cara kedua bisa menggunakan obat kimia. Obat batuk bronkitis alami terbagi dalam beberapa cara, yaitu:

  1. Makan Buah Nanas dan Minum Teh Jahe

Nanas dan jahe diyakini memiliki khasiat yang cocok untuk mengobati penderita batuk bronkitis. Para pakar menyebutkan bahwa dalam Nanas terdapat kandungan senyawa bromelain. Zat bromelain ini dipercaya mampu mengurangi peradangan pada paru-paru dan juga membantu meredakan batuk berdahak. Setelah itu, tanaman jahe dipercaya dapat menenangkan tubuh penderita. Para pakar percaya bahwa kandungan dalam jahe dapat memberi rasa tenang pada saluran pernapasan penderita yang meradang, dan mampu mengeluarkan zat asing yang tidak dibutuhkan dalam tubuh.

  1. Minum Campuran Madu dan Lemon

Cara herbal selanjutnya adalah dengan meminum campuran dari madu dan lemon. Seperti yang kita ketahui, bahwa madu dan lemon adalah dua bahan ajaib yang berfungsi dalam mengobati berbagai penyakit. Madu yang memiliki sifat antibakteri dan dipadukan dengan perasaan lemon yang berfungsi dalam mengeluarkan zat-zat asing tidak dibutuhkan oleh tubuh akan sangat ampuh dalam mengobati penderita batuk bronkitis. Namun, campuran madu dan perasaan lemon tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak usia 1 hingga 3 tahun karena kandungan senyawa dalam dua bahan tersebut belum bisa dicerna dengan sempurna oleh anak usia tersebut. Hal ini apabila terjadi maka akan mengakibatkan kelumpuhan otot pada anak.

  1. Istirahat dan Minum Air Putih

Air Dingin sebagai cara mengurangi sakit pada tengorokannya

Air Dingin sebagai cara mengurangi sakit pada tengorokannya

Obat yang paling mudah dilakukan oleh penderita adalah Istirahat yang cukup dan minum air putih yang banyak. Seperti yang kita ketahui, bahwa batuk bronkitis menyerang manusia yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun. Sistem imun yang menurun tersebut dapat terjadi akibat tubuh yang kurang istirahat. Sehingga, untuk bisa memulihkan kembali kondisi tubuh yang fit maka penderita dianjurkan untuk istirahat secukupnya sehingga akan menaikkan sistem kekebalan tubuh penderita.

Istirahat yang cukup juga harus dibarengi dengan minum air putih yang banyak. Air yang dikonsumsi dalam jumlah banyak akan membantu menipiskan lendir pada saluran pernapasan yakni paru-paru. Para pakar juga mempercayai bahwa saat penderita minum air putih dalam jumlah banyak maka tubuh akan mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh dengan cara berkeringat, sehingga akan membuat tubuh penderita kembali normal.

 

Obat Batuk Bronkitis Apotik (kimia)

Cara kedua adalah mengobati dengan menggunakan obat kimia. Obat-obat kimia yang memiliki khasiat dalam menyembuhkan batuk bronkitis antara lain:

  • Bactrim

Bactrim adalah obat yang mengandung antibiotik yang dapat membuat saluran pernapasan yang terganggu menjadi pulih kembali. Dapat dikonsumsi sesudah makan.

  • Profilas

Profilas adalah obat yang mengandung senyawa antialergi dan mampu mengobati alergi bronkial dalam jangka waktu yang lama. Dapat dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan.

Obat Alami vs Obat Kimia di Apotek

Obat Alami vs Obat Kimia di Apotek

Dari kedua obat kimia yang disebutkan diatas sangat tidak disarankan untuk anak-anak maupun ibu hamil. Karena efek samping yang ditimbulkan pada penderita yang mengkonsumsi obat tersebut sangat besar seperti akan mengalami kerusakan hati dan gagal ginjal. Kandungan kimia yang terdapat dalam obat tersebut tidak cocok bagi beberapa kalangan.

 

Obat Alami vs Obat Kimia di Apotek ?

Pemberian obat kimia dalam bentuk penyembuhan penderita penyakit batuk bronkitis tidak disarankan bagi mereka yang tidak benar-benar membutuhkan penyembuhan melalui obat kimia. Sebaiknya melakukan pengobatan secara herbal/alami terlebih dahulu dibanding menggunakan obat-obatan yang akan langsung berdampak buruk dan menambah penyakit baru pada penderita.

Bahasan ciri ciri batuk bronkitis pada Anak dan Obat Alami dan Kimia di Apotik sepertinya sampai disini saja, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!