Cara Meredakan Batuk Gatal secara Cepat dan Aman

AidaAzryn.com | Cara Meredakan Batuk Gatal secara Cepat merupakan bahasan menarik. Jenis batuk sangatlah beragam, ada jenis yang berbahaya ada juga jenis yang tidak berbahaya, ada batuk yang menjadi penyebab suatu penyakit serius adapula yang hanya menjadi ekspresi tubuh saat sesuatu yang tidak pernah masuk menyebar kedalam tubuh kita. Beberapa jenis batuk yang anda perlu tau yaitu batuk kering yang juga disebut batuk non produktif, batuk berdahak yang menjadi batuk menjijikan karena mengeluarkan lendir dahak, batuk pertusis yang disebut juga batuk seratus hari, dan jenis lainnya yang akan panjang bila disebutkan satu persatu.

 

Batuk Gatal

Cara Meredakan Batuk Gatal secara Cepat dan Aman

Cara Meredakan Batuk Gatal secara Cepat dan Aman

Terkadang batuk diikuti dengan rasa gatal pada tenggorokan yang sangat menggangu aktivitas yang kita lakukan. Maka tak jarang, sebagian dari kita mencari Cara meredakan batuk gatal secara cepat agar batuk tidak makin menjadi. Perlu anda tahu bahwa tenggorokan yang gatal menjadi salah satu penyebab kita batuk. Untuk itu dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara mengobati batuk, mengatasi batuk dan meredakannya dengan makimal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

 

Cara Mengatasi Batuk Gatal

Mengatasi batuk gatal adalah menjadi rutinitas yang wajib agar terhindar dari batuk dan gatal. Gatal yang anda rasakan akan menjadi batuk dan menggangu anda kan? Maka anda perlu melakukan beberapa cara dibawah agar mengatasi batuk gatal yang sedarinya muncul dengan tidak diundang.

  1. Cara mengatasi tenggorokan gatal yang pertama dalam batuk gatal adalah banyak minum air putih. Bagi anda yang mungkin saja memiliki riwayat mudah terserang penyakit lebih baik dari sekarang hindari bahkan jauhi minuman cepat saji atau minuman yang sering dijual dengan berbagai rasa yang tentunya memiliki kandungan pemanis atau gula buatan. Tahukah anda bahwa pemanis dalam minuman itu tidak baik bagi kesehetan tenggorokan anda? Lebih baik sediakan selalu air mineral yang anda masak sendiri dari rumah agar anda tidak terserang batuk dan gatal. Jika sudah batuk sebelumnya jangan coba coba untuk minum air yang mengandung pemanis buatan yaa.
  2. Selanjutnya untuk mengatasi batuk gatal hindari lingkungan yang sudah tercemar dengan debu dan polusi. Udara yang kita butuhkan adalah udara yang sehat dan segar yang belum terkontaminasi. Maka saat anda sedang batuk sebisa mungkin hindari ruangan ataupun lingkungan yang menghasilkan debu paling banyak seperti jalanan karena dapat membuat tenggorokan mudah gatal.
  3. Istirahat yang cukup juga bisa menjadi cara mengatasi batuk gatal selanjutnya. Setelah batuk usahakan untuk penuhi waktu tidur anda agar tidak semakin menjadi dan membuat tenggorokan anda menjadi sangat gatal.

Baca Juga : Obat Batuk Kering yang Disertai Gatal

 

Cara Meredakan Batuk Gatal

  1. Berkumur dengan Larutan Air Garam

Campuran Garam pada Air Putih sebagai Cara Meredakan Batuk Gatal

Campuran Garam pada Air Putih sebagai Cara Meredakan Batuk Gatal

Untuk membuat ramuan hebat ini anda perlu menyediakan yang pastinya selalu ada di dapur rumah anda dan air hangat untuk mencampurkan atau melarutkan garam. Setelah anda merasa garam sudah larut aduk hingga rata dan berkumurlah selama 10 detik. Ingat anda tidak perlu menelan airnya, cukup buang setelah 10 detik berlalu.

Diketahui bahwa garam dapat membantu mengurangi lendir dalam tenggorokan yang sedarinya menjadi penyebab rasa gatal pada tenggorokan dan tentunya akan membuat radang sekitar tenggorokan anda. Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari sampai anda merasa sudah baikan.

  1. Minum Madu

Minum Madu sebagai Cara Meredakan Batuk Gatal

Minum Madu sebagai Cara Meredakan Batuk Gatal

Anda bisa mengonsumsi madu tidak hanya saat sedang mengalami penyakit seperti batuk. Madu sudah dijelaskan oleh banyak ahli bahwa madu mempunyai khasiat yang cukup banyak dan salah satunya adalah membangun daya tahan tubuh kita terhadap alergi yang menyebabkan batuk. Caranya cukup mudah yaitu degan mencampurkan satu sendok makan madu murni yang sudah disiapkan ke dalam teh yang akan anda seduh dan kemudian diminum. Pastikan bahwa anda tidak akan memberikan madu pada anak dibawah 1 tahun, karena bakteri yang ada akan membuat botulisme muncul serta dapat menyebabkan kematian pada bayi. Cara yang satu ini juga dapat anda jadikan sebagai cara mengobati batuk secara alami dan mudah.

  1. Campuran Teh, Madu, Lemon dan Jahe

Cara yang cukup mudah bisa anda lakukan dengan membuat semua bahan tercampur untuk membuat rasa gatal pada tenggorokan segera mereda bahkan hilang dan anda bisa membuatnya jadi cara mengobati batuk kering yang menjadi salah satu penyebab gatal yang anda rasakan.

Baca Juga : Langkah Langkah Mengobati Batuk dengan Jeruk Nipis

Cara meredakan batuk gatal secara cepat dan benar bukanlah hal yang susah dilakukan. Akan tetapi pasien tetap harus mengutamakan konsistensi selama masa penyembuhan. Hal ini penting, karena tak ada yang instan dalam mengobati penyakit. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, diperlukan usaha yang keras pula. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!