Cara Mengobati Batuk Kering pada Orang Dewasa yang Tak Kunjung Sembuh

AidaAzryn.com | Pada artikel ini, admin akan membahas mengenai cara mengobati batuk kering pada orang dewasa. Memasuki musim penghujan, biasanya Indonesia akan mengalami cuaca yang berubah – ubah. Pagi hari panas terik, namun di sore hari hujan menguyur tanah dengan hebatnya. Dengan mudahnya perubahaan cuaca saat ini, maka dengan seharusnya kita menjaga tubuh agar tetap fit dan jauh jauh dari penyakit. Apalagi biasanya penyakit yang paling sering muncul di musim pancaroba seperti ini adalah batuk dan pilek. Ada banyak penyebab kita terjangkit batuk dan pilek. Salah satu penyebab umumnya adalah lemahnya kondisi badan hingga membuat sistem kekebalan tubuh ikut melemah dan virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Dan kebanyakan dari orang dewasa yang terkena penyakit ini, biasanya akan bertahan lama atau tak kunjung sembuh. Anda tidak perlu terlalu panik karena anda bisa mengobati batuk secara alami.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Alergi, Penyebab, dan Fakta Lainnya

Cara mengatasi Batuk Kering pada dengan Cepat

Cara mengatasi Batuk Kering pada dengan Cepat

Cara Mengobati Batuk Kering pada Orang Dewasa dengan Cepat

Ada banyak bahan alami yang bisa kita buat untuk pengobatan batuk berdahak maupun tidak berdahak yang kita alami. Kali ini kita akan membahas cara menghilangkan batuk dengan cepat.

  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa yang cukup asam dan buah ini salah satu cara meredakan batuk yang dapat kita buat dengan cepat. Anda cukup menyiapkan 1 genggam bunga buah belimbing wuluh dan mencampurkannya dengan adas dan tambahkan gula. Rebus ramuan dan biarkan hingga mendingin lalu siap untuk diminum.

  1. Teh Jahe

Jahe adalah jawaban paling banyak ketika kita bertanya obat batuk alami yang cepat. Dengan mengiris jahe secukupnya dan memasukkannya kedalam air yang sedang dimasak. Lalu pastikan anda menyaring air dari ampas jahe. Minum teh jahe ini selama anda membutuhkannya. Semakin anda rajin meminumnya maka anda akan lebih cepat merasakan kelegaannya.

  1. Bunga Mawar

Banyak yang tidak tahu dari kita bahwa bunga mawar berkhasiat mengobati batuk yang tak kunjung sembuh dengan cepat. Siapkan bunga mawar yang masih segar, kemudian tambahkan air secukupnya lalu panaskan jangan lupa memberi gula batu pada ramuan.

  1. Daun Asam Muda

Daun asam muda berguna untuk pengobatan batuk kering yang sulit untuk disembuhkan, apalagi dengan obat – obatan dokter. Cukup menyiapkan satu genggam asam muda dan mencampurkannya dengan daun saga manis dan kayu manis. Kemudian di rebus dengan api kecil hingga mendidih dan ramuan siap untuk mengobati batuk anda.

 

Cara Menghilangkan Batuk Kering Secara Cepat

Batuk pada umumnya adalah penyakit yang tidak berlangsung lama menurut beberapa dokter, namun ada batuk yang tak kunjung sembuh sehingga terkadang kita sangat tidak nyaman.

Cara mengatasi batuk kering yang tak kunjung sembuh : hindari tempat – tempat berdebu dan yang paling banyak mengeluarkan asap. Biasanya lewat debu dan asap yang bisa menyebabkan alergi, batuk akan ikut semakin meradang.

Baca Juga : Mengenal Batuk Kering, dan Cara Mengatasinya

Berikut cara menyembuhkan batuk dengan cepat yang bisa anda lakukan:

  1. Mengkudu, mengkudu yang mempunyai rasa tidak enak ini ternyata adalah buah yang kaya akan manfaat. Anda bisa mencoba mengkonsumsi mengkudu untuk menghilangkan batuk secara cepat.
  2. Jahe Merah, ternyata ada beberapa macam jahe yang bisa kita jadikan cara menyembuhkan batuk secara alami salah satunya adalah jahe merah.
  3. Madu, Anda dapat mengkonsumsi madu begitu saha, biasanya madu dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak pada anak dan dapat menjadi cara mengobati batuk kering pada anak.

 

Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Batuk Berdahak

Menghilangkan Batuk Kering Cepat untuk Dewasa

Menghilangkan Batuk Kering Cepat untuk Dewasa

Sebagian besar orang dewasa yang terkena batuk berdahak yang tak kunjung sembuh akan menyiksa tubuhnya hingga biasanya akan timbul sesak nafas ketika sedang batuk. Sebelum anda terkena sesak nafas yang sangat menjengkelkan dan menyiksa ini anda harus tau cara mengatasinya.

Obat unutk Mengatasi Batuk Berdarah

  1. Bunga Kenanga: tumbuhan yang memiliki aroma terapi satu ini ternyata berkhasiat untuk mengatasi batuk disertai sesak nafas yang anda alami. Anda cukup merebus daun kenanga sampai mendidih dan dapat dikonsumsi sari dari ramuan ini sebanyak satu kali sehari. Jika anda ingin menambahkan rasa manis pada sari air bunga kenanga anda bisa tambahkan madu kedalamnya.
  2. Kayu manis dan Madu: Madu adalah obat tradisional dan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi batuk disertai sesak nafas. Namun jangan berikan madu pada bayi batuk berdahak. Karena bayi dibawah 1 tahun belum boleh mengonsumsi madu. Dan hal ini tidak dapat dilakukan untuk mengatasi batuk pada bayi.
  3. Buah Kapulaga: campurkan buah kapulaga dengan 3 gelas air dan rebus hingga mendidih sampai air yang direbus tersisa satu gelas. Konsumsi rebusan tadi dengan meniriskannya terlebih dahulu.

 

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

Cara menghilangkan batuk berdahak sama dengan cara menyembuhkan batuk berdahak. Karena pada dasarnya batuk berdahak adalah batuk yang mengeluarkan lendir berwarna kuning. Berikut cara cepat menyembuhkan batuk berdahak:

  1. Cengkeh : Sediakan 5-6 siung cengkeh kemudian didihkan dalam setengah gelas air, jangan lupa untuk menambahkan satu sendok madu. Bahan yang satu ini sangat baik dalam menyembuhkan sesak nafas atau batuk yang anda derita.
  2. Madu : madu sangat banyak manfaatnya dan hal ini dapat dilakukan banyak orang untuk menghilangkan batuk berdahak.

Baca Juga : Waspadai Penyebab Batuk Berdarah, dan Kenali Cara Mengatasinya

Ada kalanya, jika anda merasa batuk yang anda derita sudah cukup menggangu dan tak kunjung sembuh anda dapat konsultasi dengan dokter setelah melakukan cara cepat menghilangkan batuk diatas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!