Cara Mengobati Batuk Kering pada Ibu Hamil dan Bayi

AidaAzryn.com | Saat ini admin akan membahas tentang cara mengobati batuk kering pada ibu hamil dan bayi. Batuk tidak pernah kenal usia sehingga dapat menyerang semua kalangan dalam kondisi yang lemah. Jenis batuk apapun bisa kita derita. Batuk berdahak dan batuk tidak berdahak akan sama – sama menggangu seluruh kegiatan kita.  Biasanya ketika kita sedang mengalami batuk maka akan timbul rasa tidak nyaman dan susah untuk berkegiatan. Dalam masa kehamilan, ibu tentu tidak ingin terkena penyakit apapun termasuk batuk pilek saat hamil. Padahal masa kehamilan adalah masa paling rentan sang ibu terkena penyakit. Karena dirasa sangat menggangu biasanya ibu sangat selektif dalam mengatur pola makan dan istirahat.Dan ketika ibu hamil batuk, biasanya akan panik dan mencari segala cara untuk menghilangkannya. Sebelum mencari obat mujarab untuk menghilangkan batuk. Ibu harus tau penyebab batuk yang ibu alami.

Mengatasi Batuk Kering pada Ibu Hamil

Mengatasi Batuk Kering pada Ibu Hamil

Penyebab Batuk Berdahak dan Kering pada Ibu Hamil

Biasanya penyebab batuk berdahak dan tidak berdahak yang ibu alami saat hamil adalah :

  1. Alergi, ketika ibu sedang hamil maka biasanya antibodi sedang dalam proses penurunan sehingga sebelumnya tidak pernah alergi akan muncul alergi – alergi kecil yang memperburuk sistem pernapasan dan memicu batuk.
  2. Virus, Ibu yang sedang hamil akan lebih rentang terkena virus dibanding ketika sedang tidak hamil. Dan virus yang paling mudah tercemar pada ibu hamil adalah virus influenza. Virus influenza merupakan virus yang datang dari orang – orang yang terkena flu, kemudian akan merangsang tubuh untuk menyebarkan virus tersebut hingga menyebabkan batuk. Itu sebabnya, ibu hamil harus lebih teliti dengan lingkungan.

Namun tahukah ibu, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk saat hamil. Berikut saya lampirkan.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal pada Tenggorokan

Cara Mengatasi Batuk Saat Hamil

Cara Mengobati Batuk Kering pada Ibu Hamil dan Bayi Secara Alami dan Lengkap

Cara Mengobati Batuk Kering pada Ibu Hamil dan Bayi Secara Alami dan Lengkap

Cara mengatasi batuk saat hamil muda maupun tua biasanya tidak terbilang susah dan berbeda. Karna pada umumnya batuk yang diderita berdampak sama pada ibu yang sedang hamil. Berikut cara mengatasi flu saat hamil :

  1. Istirahat yang cukup
  2. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi
  3. Berpikir dengan positif, relaks dan jangan mudah stress
  4. Membasuh tangan setelah memegang apapun, terutama ketika ibu akan makan. Karena sumber virus ada dimana saja.
  5. Minum air putih sesuai kebutuhan.
  6. Hindari lingkungan yang menyebarkan banyak virus flu dan pilek. Karena flu dan pilek adalah penyakit yang mudah menular.
  7. Jaga kebersihan lingkungan, seperti menjaga kebersihan rumah, dapur, kamar dan kamar mandi yang paling sering ibu masuki.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami dengan Jeruk Nipis

Jika ibu sudah menerapkan seluruh cara untuk mengatasi dan menghindari batuk, namun tetap saja terkena batuk maka ibu bisa mengobati batuk pada saat hamil.

Cara Mengobati Batuk Kering pada Ibu Hamil

  1. Madu dan Lemon.

Ibu yang hamil bisa mensiasati penyakit agar tidak semakin memburuk dengan cara memasukkan madu dan perasaan air lemon ke dalam air hangat. Dan konsumsi air hangat ini setiap hari.

  1. Susu, Kunyit dan Madu

Masukkan air perasaan kunyit yang sudah di blender dan disaring serta madu kedalam susu. Ramuan ini berkhasiat untuk mengurangi sakit pada tenggorokan saat ibu hamil sedang menderita batuk.

  1. Jahe dan Kencur

Ramuan jahe dan kencur ini sudah sangat terkenal manfaatnya untuk mengobati batuk kering. Bahkan ramuan ini bisa digunakan pada ibu yang sedang hamil. Ibu cukup mencampurkan air hangat, irisan jahe dan kencur lalu aduk sampai merata.

  1. Bawang Putih

Untuk bahan yang satu ini, ibu cukup mengunyah bawang putih yang dicampur dengan makanan sehari – hari yang ibu konsumsi minimal 2-3 x dalam seminggu.

Biasanya ketika ibu hamil terkena batuk maka flu dan pilek akan ikut menyerang. Dan cara mengobati flu pada ibu hamil yaitu dengan menggunakan pelega untuk meredakannya, istirahat lah yang cukup dan menempatkan pelembab udara pada kamar ibu.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk pada Balita

Cara Mengobati Batuk Kering pada Bayi

Mencegah dan Mengatasi Batuk Kering pada Bayi

Mencegah dan Mengatasi Batuk Kering pada Bayi

Cara Mengobati Batuk Kering pada Bayi Batuk pada anak merupakan hal umum yang bisa terjadi. Bayi yang berada pada usia dibawah 2 tahun sering mengalami batuk akibat flu dan pilek bahkan cacar air dan penyakit menular lainnya. Dan batuk yang diderita buah hati anda sangat beragam, mulai dari batuk berdahak hingga batuk tidak berdahak yang menyebabkan iritasi pada tenggoroan anda.  Ada cara mengatasi batuk pada anak dan bayi yang bisa ibu lakukan untuk mengurangi dan mengobati batuk kering pada anak. Berikut cara mengobati batuk pada bayi:

  1. ASIObat alami pertama yang bisa ibu berikan pada si buah hati adalah ASI. Dengan memberikan ASI secara rutin pada buah hati anda akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi anda secara alami.
  2. Susu Formula  Ketika anda tidak bisa memberikan bayi anda ASI, maka anda bisa memberikannya susu formula yang gizinya baik untuk bayi. Susu formula akan sangat baik untuk mengurangi dehidrasi pada bayi.
  3. Pijatan Untuk BayiAnda bisa mengurangi batuk pada bayi dengan memijat tubuhnya dengan minyak mustard atau bawang putih. Jangan lupa untuk memijat bagian dada bayi.

Cara Mengatasi batuk pada bayi yang dapat anda lakukan adalah dengan memberi minum yang cukup karena cairan yang masuk dapat mengencerkan batuk berdahak pada bayi anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Batuk Kering pada Anak

Penjelasan diatas adalah cara mengobati batuk saat hamil 5 bulan, batuk pada ibu hamil 6 bulan dan batuk saat hamil 7 bulan juga cara mengatasi batuk berdahak pada ibu hamil serta mengobati batuk kering pada anak dan bayi yang bisa ibu terapkan di rumah sebelum memeriksakannya ke dokter. Namun, jika ibu merasa batuk kering anda sudah sangat tidak wajar anda bisa konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan cara diatas.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!