Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Secara Alami pada Tenggorokan

AidaAzryn.com | Ada banyak cara mengobati batuk kering dan gatal yang dapat kita lakukan. Batuk kering merupakan salah satu jenis batuk tidak berdahak yang cukup berbahaya. Batuk kering dapat ditandai dengan adanya gejala radang tenggorokan serta gatal dan sakit pada tenggorokan yang cukup membuat kita tidak nyaman. Tenggorokan yang gatal akan semakin parah ketika cuaca diluar rumah menunjukkan angka yang cukup panas. Batuk kering akan sangat menyiksa kita karena akan sulit untuk berbicara. Selain gatal pada tenggorokan biasanya batuk kering dapat membuat tenggorokan sakit dan iritasi atau mungkin berdarah. Cara alami yang bisa kita lakukan adalah dengan mengobati batuk menggunakan bahan – bahan alami yang bisa kita temukan disekitar kita. Nah, berikut akan admin berikan tips dan Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Secara Alami pada Tenggorokan, simak yah.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Alergi, Penyebab, dan Fakta Lainnya

Mencegah Batuk Kering Lebih Baik Dari Pada Mengatasi

Mencegah Batuk Kering Lebih Baik Dari Pada Mengatasi

Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami dan Mudah

  1. Mengobati batuk kering yang pertama adalah dengan ramuan air jahe. Air jahe yang dapat menghangatkan tubuh ini ternyata juga punya manfaat lain untuk kesehatan tenggorokan. Bukan hanya untuk merawat tenggorokan agar suara tetap dalam keadaan sehat namun air jahe dipercaya mampu melegakan dan mengurangi sakit pada tenggorokan. Cukup dengan memasukkan irisan jahe ke dalam air yang sedang dimasak. Kemudian air disaring hingga air bersih dari sisa – sisa irisan jahe.
  2. Mengobati batuk kering yang kedua dapat dilakukan dengan mencampurkan daun sirih dan jahe. Untuk caranya sangat mudah. Ambil daun sirih sesuai kebutuhan anda namun pada kali ini cukup menggunakan 15 lembar daun sirih yang kemudian direbus dengan air mendidih. Kemudian campur air rebusan dengan potongan jahe dan campur hingga benar – benar rata. Minum air campur daun sirih dan jahe ini sesuai kebutuhan anda hingga anda merasakan kelegaan pada tenggorokan anda.
  3. Mengobati batuk kering yang ketiga adalah air rebusan daun kemangi. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan 7 lembar daun kemangi dan 3 gelas air kemudian rebus hingga mendidih dan minum air rebusan ini secara teratur.
  4. Mengobati batuk kering yang keempat dan yang paling mudah adalah dengan melarutkan air garam ke dalam air matang dan gunakan larutan air garam tadi untuk berkumur secara teratur.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak

Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal

Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Secara Alami pada Tenggorokan

Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal Secara Alami pada Tenggorokan

Biasanya batuk kering dibarengi dengan rasa gatal pada tenggorokan. Batuk kering diakibatkan oleh tenggorokan kering. Untuk itu kita sering sekali mencari cara untuk menghilangkan rasa gatal pada saat batuk kering.

  1. Cara pertama dapat kita gunakan dengan menambahkan madu pada minuman kita setiap pagi. Madu sebagai obat tradisional yang terkenal dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pada tenggorokan seperti gatal ketika sedang dalam kondisi batuk. Namun jangan berikan madu pada bayi dibawah umur 1 tahun.
  2. Cara selanjutnya yang bisa kita lakukan yaitu melakukan penguapan dengan minyak kayu putih. Siapkan satu ember air panas yang masih ada uapnya, kemudian tambahkan minyak kayu putih. Cara ini disebut dengan steaming.
  3. Cara selanjutnya adalah dengan bawang dan gula. Bawang dan gula bermanfaat untuk meringankan batuk kering dan gatal. Iris tipis bawang dan masukkan kedalam setengah cangkir gula putih. Campur kedua bahan kemudian diamkan semalaman. Bawang akan mengeluarkan air dan membaur dengan gula putih hingga terlihat seperti sirup. Ramuan ini dapat diminum sebanyak 1 sdm.
  4. Dan cara selanjutnya adalah dengan buah pisang. Anda hanya perlu mengkonsumsi buah yang bertekstur lembut ini ketika merasakan gatal pada tenggorokan anda. Banyak dari kita yang tidak tahu bahwa pisang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C pada pisang bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada tenggorokan yang gatal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Batuk Secara Alami dengan Jeruk Nipis

Untuk mengatasi batuk kering adalah dengan istirahat yang cukup dan teratur, menjaga stamina dan daya tahan tubuh serta hindari tempat yang terlalu dingin dan berdebu. Menjaga dan menjauhi penyebab penyakit adalah cara terbaik yang bisa kita lakukan.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!