Cara Mencegah Demam Berdarah dengan 3M dan Membrantas Nyamuk Penyebab DB

Cara Mencegah Demam Berdarah dengan 3M dan Membrantas Nyamuk Penyebab DB akan admin bahas di artikel ini. Pada artikel yang berjudul cara mencegah demam berdarah dengan 3M dan membrantas nyamuk penyebab DB kali ini akan diungkap apa sebenarnya 3M itu. Saat mendengar demam berdarah maka hal pertama yang terlintas dipikiran kita adalah penyakit menular. Demam berdarah menyerang tubuh manusia lewat penyebaran yang dibawa oleh nyamuk. Virus yang dibawa disebut juga dengan virus dengue. Di Indonesia sendiri, kasus demam berdarah sudah cukup banyak sehingga kementrian bagian kesehatan mengajak warga Indonesia untuk mencegahnya.

 

DBD

Gerakan 3M untuk Mencegah Demam Berdarah

Pencegahan Demam Berdarah 3M dengan Menguras, Menutup, dan Mengubur

Pencegahan Demam Berdarah 3M dengan Menguras, Menutup, dan Mengubur

Tentunya ajakan pemerintah direspon baik oleh warga Indonesia. Pencegahan DBD yang dibuat pemerintah Kesehatan ini dikenal dengan gerakan 3M. Kata 3M tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Hampir ke seluruh pelosok Indonesia sudah mengenal apa itu 3M. Sebenarnya cara mencegah demam berdarah tidak hanya dengan gerakan tersebut. Ada banyak sekali cara mencegah DBD yang bisa anda lakukan dan buat sendiri. Namun, gerakan yang dibuat ini pun ternyata tidak dibarengi dengan tingkat kesadaran warga sehingga kasus demam berdarah selalu meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga : Perbedaan Nyamuk Demam Berdarah dan Malaria

 

Cara Mencegah Demam Berdarah

Seharusnya dengan melihat catatan kasus demam berdarah di Indonesia, kita tidak lagi boleh menyepelekan gerakan 3M ini. Semua pencegahan penyakit DBD yang dibuat oleh pemerintah ini tentu saja dilakukan untuk mengurangi kasus demam berdarah. Siapa yang ingin salah satu dari anggota keluarga bahkan kitaterserang penyakit ini. Bahkan untuk mendekati gejala penyakit DBD saja kita tidak akan mau. Maka dari itu mari mulai menyadari bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Sadarlah bahwa anda akanikut mengurangi angka kasus demam berdarah.  Dibawah ini penjelasan cara mengatasi penyakit DBD dengan 3M.

 

Cara Mencegah Demam Berdarah dengan 3M

Cara Mencegah Demam Berdarah dengan 3M dan Membrantas Nyamuk Penyebab DB

Cara Mencegah Demam Berdarah dengan 3M dan Membrantas Nyamuk Penyebab DB

Setelah basa basi diatas, lalu apa sebenarnya gerakan yang dibuat pemerintah tersebut? 3M adalah singkatan dari 3 kata. Kata tersebut adalah Menutup, Menguras dan Mengubur. Satu persatu akan dijelaskan dibawah ini cara mengatasi DBD dengan 3M hingga anda dan saya paham.

Baca Juga : Cara Tradisional Mengobati DBD pada Anak

  1. Menutup Tempat Penampungan Air

Jika disekitar rumah kita ada tempat penampungan air yang terbuka secara bebas, maka anda perlu menutupnya. Nyamuk akan senang sekali tinggal dan berkembang biak di tempat yang berbau air. Bukan hanya tempat penampungan air yang ada diluar rumah, didalam rumah pun perlu anda tutup. Contoh kecilnya saja bak mandi. Meski anda berpikiran bahwa bak mandi anda akan bertukar air setiap harinya, hal itu tetap saja harus anda tutup. Jika anda melakukan cara pencegahan DBD ini anda sudah ikut mengurangi angka penyakit DBD.

  1. Menguras Tempat Penampungan Air dan Bak Mandi

Cara mengatasi penyakit DBD selanjutnya adalah dengan menguras. Menguras bak tempat penampungan air secara rutin dan berkala. Bak mandi rumah anda juga harus di kuras meski anda sudah menutupnya, karena ada saja kemungkinan nyamuk untuk berkembang biak. Tentunya cara mencegah penyakit DBD yang satu ini bisa anda lakukan setiap hari atau 1 kali dalam 2 hari.

  1. Mengubur Barang Bekas

Anda punya banyak sekali barang bekas di gudang atau diluar rumah anda? Barang bekas tersebut berserakan? Anda harus tahu bahwa dimana barang bekas yang berserakan tersebut dapat menyebabkan nyamuk DBD datang. Anda tentunya tidak menginginkan hal ini bukan? Maka jika anda tidak tahu harus dikemanakan barang bekas tersebut, anda bisa menguburnya. Kalau anda puny aide kreatif untuk mendaur ulang barang bekas tersebut menjadi sebuat karya itu juga sangat baik. Siapa tahu karya yang anda buat bisa dijadikan sumber penghasilan kecil kecilan.

 

Gerakan 3M Plus sebagai Pembaruan untuk Cara Mencegah Penyakit DBD

Poster Demam Berdarah 3M

Poster Demam Berdarah 3M

Ada lagi gerakan yang baru yaitu 3M plus. Gerakan 3M plus ini sebenarnya sama saja dengan gerakan 3M biasa. Bedanya adalah gerakan ini menambahkan kebiasaan kita untuk tidak menggantungkan pakaian di sebuah ruangan. Karena hal ini bisa memicu nyamuk untuk datang dan hinggap di pakaian yang kita gantung. Cara pencegahan lainnya adalah dengan menyemprotkan juru pengawas jentik atau dikenal dengan jumantik. Jumantik akan diberi tahu oleh kepala lingkungan sekitar tempat tinggal kita.

Baca Juga : Tanda Tanda Demam Berdarah pada Anak

Cara Mencegah Demam Berdarah dengan 3M dan Membrantas Nyamuk Penyebab DB admin cukupkan. Mudah mudahan bermanfaat, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *