Cara Batuk Efektif Sesuai Teknik SAP dan Penerapannya

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas Cara Batuk Efektif Sesuai Teknik SAP. Menikmati udara yang tidak segar merupakan masalah utama yang harus dihadapi saat kita tinggal di daerah perkotaan. Bukan hanya daerah perkotaan saja, bahkan daerah-daerah pedesaan sekarang sudah merambah ke arah lingkungan yang padat penduduk dengan mobilitas yang tinggi. Namun perlu diingat bahwa tidak semua daerah-daerah pedesaan yang sudah memiliki mobilitas yang tinggi.

Oksigen yang menjadi kebutuhan primer bagi manusia untuk semua makhluk hidup akan menjadi masalah saat sudah tercemar. Udara yang tidak sehat akan membuat wabah penyakit pada individu tersebut. Salah satu efek yang dapat timbul pada manusia akibat kurang sterilnya udara yang dihasilkan dari lingkungan adalah Batuk. Batuk akan menyerang individu yang menghirup terlalu banyak oksigen tercemar dan juga didukung dengan sistem kekebalan tubuh yang ikut menurun.

Cara Menghilangkan Batuk secara Alami Cepat dan Aman

Cara Menghilangkan Batuk secara Alami Cepat dan Aman

Batuk sendiri terbagi kedalam batuk ringan dan batuk berat. Batuk ringan seperti batuk kering, batuk kering berdahak, dll. Sedangkan batuk berat sudah harus ditangani dengan serius karena bisa berakibat fatal pada penderita seperti batuk TBC, batuk bronkitis yang akan sangat menyiksa dan menimbulkan sakit yang luar biasa kepada penderita.

Namun, karena batuk merupakan penyakit yang paling sering menyerang manusia karena tidak menyerang pada usia tertentu melainkan menyerang tak pandang kalangan dan usia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua berpotensi terserang batuk. Karena hal tersebut, ternyata ada hal yang dinamai dengan batuk efektif yang adalah cara batuk dengan benar dimana penderita dapat menghemat tenaga nya untuk tidak mudah leldah dan dapat mengeluarkan batuk yang berdahak dengan maksimal dan efektif. Berikut ini akan dibahas cara batuk efektif sesuai teknik SAP.

 

Cara Batuk Efektif

Cara Batuk Efektif Sesuai Teknik SAP

SAP - Satuan Acara Penyuluhan

SAP – Satuan Acara Penyuluhan

Sudah banyak dibahas cara batuk efektif di bidang kesehatan dan selalu dibahas tentang diagnosa keperawatan yang menangani masalah batuk. Hal tersebut karena batuk merupakan penyakit yang mudah sekali menyerang seseorang saat sistem kekebalan tubuh dan kualitas lingkungan nya menurun. Cara batuk efektif sesuai SAP (satuan acara penyuluhan) ditujukan  untuk mengobati batuk berdahak. SAP ini diharapkan dapat sebagai cara mengatasi batuk berdahak dan tidak menularkan penyakit tersebut kepada orang lain. Cara tersebut dapat dilakukan dengan contoh langkah dibawah ini, yaitu:

  • Hiruplah udara dalam-dalam sebanyak 4 sampai 5 kali.
  • Saat menghirup udara dalam yang terakhir, tahanlah selama 1 hingga 2 detik.
  • Tarik bahu keatas dan dada dilemaskan lalu penderita diharapkan untuk mengeluarkan batuk dengan kuat dan spontan.
  • Dahak dikeluarkan dengan mengeluarkan bunyi “ha” ataupun “hug”.
  • Kegiatan tersebut dilakukan berulang-ulang sesuai kebutuhan.
Cara Batuk Efektif Sesuai Teknik SAP

Cara Batuk Efektif Sesuai Teknik SAP

 

Cara Menghilangkan Batuk

Teknik SAP dapat dilakukan dengan alat bantu seperti tissu/sapu tangan saat hendak mengeluarkan dahak, kemudian menggunakan wadah tertutup yang berfungsi sebagai tempat menampung dahak, dan terakhir gelas yang berisi air hangat untuk diminum sesaat setelah penderita mengeluarkan dahak ataupun lendir untuk mengembalikan kembali cairan yang sempat hilang. Melatih batuk efektif ini bertujuan untuk :

  • Meningkatkan jumlah udara yang dapat didistribusikan saat bernafas
  • Mengurangi rasa tidak nyaman bahkan sesak/nyeri saat bernafas yang diakibatkan oleh jumlah dahak yang terlalu banyak dalam tenggorokan
  • Membantu anda supaya membersihkan saluran pernafasan.

 

Etika Batuk dan Bersin

Etika Batuk Menurut WHO yang Benar dalam Kesehatan

Etika Batuk Menurut WHO yang Benar dalam Kesehatan

Etika batuk dan bersin yang dikenal sehari hari tidaklah rumit. Latihan batuk efektif diperlukan untuk menjamin etika dapat terjaga. Adapun etika batuk bersin yang dimaksud ialah sebagai berikut :

  • Saat sedang hendak mengeluarkan batuk, sebaiknya berpalinglah dari orang yang berada disekitar kita atau bisa dengan menutup hidung maupun mulut menggunakan tissue dan/atau sapu tangan untuk menghindari penularan melalui penyebaran lewat udara
  • Buanglah tissue yang kita gunakan sesaat setelah kita gunakan ke tempat sampah cara ini dapat dipakai agar menghindari penularan bakteri yang ada di tissue
  • Jika memiliki kesempatan, cucilah tangan yang turut memegang tissue saat kita mengeluarkan batuk atau pakailah gel pembersih tangan
  • Jika sudah terjadi gejala batuk, maka sebaiknya gunakan lah masker saat hendak melakukan aktivitas di luar rumah. Hal tersebut selain meminimalisir penularan, juga dapat mengurangi penderita menghirup udara yang berpotensi memperburuk keadaan nya.

Sekian bahasan Cara Batuk Efektif Sesuai Teknik SAP, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!