Bintik Demam Berdarah Seperti Apa? Simak Penjelasan Gambar dan Ciri Penyakit Db

Bintik Demam Berdarah Seperti Apa? Simak Penjelasan Gambar dan Ciri Penyakit Db adminyang akan bahas berikut ini. Penyakit dbd adalah penyakit yang sudah fenomenal di Indonesia. Penyakit yang sering sekali menyerang masyarakat Indonesia ini membuat seluruh netizen mengetahui tanda tanda seperti sehingga seseorang bisa ditetapkan mengidap penyakit dbd. Beberapa diantaranya adalah suhu badan akan meningkat drastis hingga 41 derajat celcius. Selain demam tinggi, timbulnya bintik juga merupakan salah satu tanda bahwa seseorang terkena penyakit dbd. Namun, bintik yang seperti apa? Berikut ini akan dibahas mengenai masalah bintik demam berdarah seperti apa? Simak penjelasan gambar dan ciri penyakit db.

 

Bintik Demam Berdarah

Bintik Merah Demam Berdarah

Bintik Demam Berdarah Seperti Apa Simak Penjelasan Gambar dan Ciri Penyakit Db

Bintik Demam Berdarah Seperti Apa Simak Penjelasan Gambar dan Ciri Penyakit Db

Salah satu gejala umum yang menjadi tanda bahwa seseorang menderita penyakit demam berdarah adalah munculnya bintik bintik pada tubuh. Bintik demam berdarah tersebut biasanya berwarna merah. Namun, seringkali saat seseorang mendapatkan bintik merah pada tubuhnya, seringkali mereka mendiagnosis bahwa sedang terkena penyakit campak. Padahal kedua jenis penyakit ini jelas sekali berbeda. Apabila ditangani dengan cara yang sama, maka akan menimbulkan efek buruk terhadap penderita tersebut.

Perbedaan Bintik Merah Demam Berdarah dan Campak

Perbedaan yang mendasar mengenai bintik merah demam berdarah dengan bintik merah pada campak adalah saat terkena demam berdarah maka bintik merah yang timbul tidak akan terasa gatal dan tidak hilang saat ditekan. Sebaliknya, apabila seseorang terkena penyakit campak maka bintik merah akan terasa gatal dan hilang saat dilakukan penekanan. Bintik merah pada demam berdarah akan disertai rasa mual, muntah, sakit pada otot dan kepala, pendarahan pada beberapa bagian tubuh, dan muntah darah. Tetapi untuk bintik merah pada campak akan disertai dengan sariawan, peradangan pada mata, pilek dan nyeri pada tenggorokan.

Baca Juga : Tanda Tanda Demam Berdarah pada Anak

Apabila seseorang mendapati gejala bintik demam berdarah pada tubuhnya, maka penanganan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membawanya untuk diperiksakan ke rumah sakit. Hasil uji lab terhadap darah yang diperiksa akan memberitahu apakah ia positif terkena demam berdarah atau tidak. Berbeda dengan penyakit campak yang dapat dirawat dirumah melalui pemberian obat-obatan, penderita penyakit demam berdarah lebih dianjurkan langsung dibawa dan diperiksa di rumah sakit.

Perbedaan Bintik Merah Demam Berdarah dan Campak

Perbedaan Bintik Merah Demam Berdarah dan Campak

Bintik bintik demam berdarah yang merupakan gejala awal DBD akan muncul pada daerah wajah, leher, dan dada. Bintik bintik merah demam berdarah apabila direnggangkan maka bintik merah tersebut akan tetap terlihat dan tidak akan hilang. Bintik merah akan hilang apabila demam sudah masuk pada hari ke 6. Namun, bintik merah demam berdarah seperti apa yang bisa dilihat secara nyata? Berikut ini gambar yang dapat menjelaskan seperti apa kenampakan bintik merah pada demam berdarah.

 

Bintik Demam Berdarah Seperti Apa?

Ciri Bintik Merah Demam Berdarah

Ciri bintik merah demam berdarah menurut beberapa dokter adalah bintik bintik merah tersebut akan timbul pada bagian wajah, dada dan leher. Bintik bintik ini tidak akan terasa gatal dan nyeri dan juga tidak akan mudah hilang saat ditekan-tekan. Ciri ciri bintik demam berdarah selanjutnya adalah bintik tersebut akan hilang pada hari ke 6 saat penderita mengalami demam berdarah.

Baca Juga : Info Lengkap Batuk Kering dan Pengobatannya

 

Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Demam Berdarah dan Fase Kritisnya

Penyakit demam berdarah memiliki fase yang dinamakan fase kritis. Fase kritis inilah yang disebut-sebut sebagai fase yang dapat membuat penderita demam berdarah kehilangan nyawanya. Namun, penyakit dbd bisa disembuhkan apabila ditangani dengan cepat. Untuk bisa mendapatkan penangan yang tepat maka perlu diketahui Ciri2 dbd. Salah satu ciri2 penyakit dbd adalah hilangnya nafsu makan. Nafsu makan yang turun merupakan efek dari virus dengue yang sudah menyerang saluran pencernaan. Saat nafsu makan menurun, akan membuat tubuh kehilangan energi dan secara otomatis sistem kekebalan tubuh akan menurun.

Menggigil

Menggigil sebagai Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Menggigil sebagai Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Ciri2 gejala dbd selanjutnya adalah penderita akan menggigil. Menggigil merupakan efek yang timbul akibat perbedaan suhu ruangan dengan suhu tubuh yang ekstrem. Penderita penyakit demam berdarah yang suhu tubuhnya mampu mencapai 41 derajat celcius akan merasakan kedinginan bahkan saat berada pada suhu ruang sekalipun.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Berdahak Berkepanjangan pada Orang Dewasa

Nyeri Sendi, Otot, dan Tulang

Ciri2 dbd selanjutnya adalah penderita akan merasakan nyeri pada sendi, otot dan tulang. Seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa virus dengue tersebut terkenal dengan sebutan “broken-bone”. Sebutan tersebut berarti bahwa virus dengue juga akan menyerang hingga ke tulang penderita sehingga akan menyebabkan sakit pada bagian sendi dan tulang, sekaligus berdampak pada otot.

Pendarahan

Tanda tanda dbd selanjutnya adalah dengan terjadinya pendarahan pada beberapa bagian tubuh penderita. Pendarahan ini biasanya terjadi pada hidung dan gusi. Saat seseorang mengalami pendarahan, maka penderita sebenarnya sedang berada pada fase kritis. Fase kritis yang membunuh ini akan membuat darah yang keluar sulit beku karena plasma darah sudah mengalami kebocoran. Penting untuk menghindari benturan-benturan atau sentuhan benda tajam pada penderita penyakit demam berdarah.

Mual dan Muntah Darah

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Mual dan Muntah sebagai Ciri Ciri Flu Tulang dan Pengobatannya

Tanda dbd selanjutnya adalah penderita akan mengalami mual dan muntah darah. Mual dan muntah darah ini merupakan efek yang timbul akibat virus yang telah menginfeksi saluran pencernaan. Saluran pencernaan akan terhambat kerjanya dan susah mencerna makanan yang masuk. Sehingga tubuh akan menghasilkan reaksi mual bahkan bisa memuntahkan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Feses Menghitam

Tanda2 dbd selanjutnya adalah feses penderita akan berwarna hitam. Feses yang berwarna hitam akan terjadi pada penderita demam berdarah. Hal ini diakibatkan karena sistem pencernaan yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, feses yang berwarna hitam adalah efek yang timbul akibat menurunnya trombosit dari penderita penyakit demam berdarah. Trombosit yang turun secara drastis akan membuat feses kehilangan warna sebenarnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

Produksi Keringat Berlebih

Tanda tanda penyakit dbd selanjutnya dapat dilihat dengan tubuh yang memproduksi keringat secara berlebihan. Produksi keringat secara berlebihan ini adalah efek yang ditimbulkan dari suhu tinggi yang diterima oleh tubuh. Selain itu, saat sedang terkena virus dengue maka sistem imun tubuh akan bekerja secara ekstra. Hasilnya, tubuh akan membutuhkan tenaga dan otomatis akan menghasilkan keringat yang berlebihan. Tubuh yang memproduksi keringat secara berlebihan juga berpotensi mengidap penyakit dehidrasi, dan menyebabkan wajah pucat dan bibir yang kering bahkan pecah-pecah.

 

Cara Mengobati Penyakit Demam Berdarah

Air Putih

Minum Banyak Air sebagai Cara Mengatasi Hidung Tersumbat karena Flu

Minum Banyak Air sebagai Cara Mengatasi Hidung Tersumbat karena Flu

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit demam berdarah. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air putih dan jus jambu merah. Air putih dipercaya mampu mengganti cairan tubuh yang hilang secara drastis. Air putih juga berfungsi untuk membunuh virus-virus yang ada dalam tubuh. Selain itu, air putih yang dikonsumsi akan membuat saluran pencernaan bisa berjalan kembali seperti sedia kala. Air putih dipercaya mampu bekerja sebagai pelumas dalam tubuh, yang akan membuat beberapa saluran pencernaan yang sebelumnya terhambat menjadi lancar kembali.

Jus Jambu Merah

Selain itu, mengkonsumi jus jambu merah adalah solusi terbaik untuk penderita penyakit demam berdarah. Kandungan yang ada pada jambu merah dipercaya mampu mengembalikan trombosit ke dalam jumlah yang normal. Selain buah jambu merah, bisa juga digunakan daun jambu merah namun rasanya pasti sangat hambar dan tidak enak ditubuh sehingga lebih dianjurkan untuk meminum jus jambu merah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Flu pada Bayi Baru Lahir

Artikel Bintik Demam Berdarah Seperti Apa? Simak Penjelasan Gambar dan Ciri Penyakit Db admin cukupkan sekian. Semoga dapat membantu.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *