Batuk TBC serta Pembahasan Gejala dan Obat Alami yang Dapat Digunakan

AidaAzryn.com | Bahasan hari ini yaitu mengenai Batuk TBC serta Pembahasan Gejala dan Obat Alami yang Dapat Digunakan. Batuk adalah jenis penyakit umum yang dapat diderita. Batuk biasanya disertai dengan flu yang ikut menggangu kenyamanan kita. Meski dirasa sudah biasa dan terlalu lazim batuk yang memiliki berbagai macam jenis ini ternyata dapat menjadi penyakit yang cukup serius bila datangnya disertai dengan penyakit lain. Salah satu contoh batuk yang biasanya cukup memerlukan perhatian besar ini adalah batuk TBC. TBC disebabkan oleh kelompok basil yaitu Mycobacterium tubercolosis. Kali ini Batuk TBC Serta pembahasan gejala dan obat alami yang dapat digunakan diungkap secara lebih jelas.

 

Batuk TBC

Batuk TBC serta Pembahasan Gejala dan Obat Alami yang Dapat Digunakan

Batuk TBC serta Pembahasan Gejala dan Obat Alami yang Dapat Digunakan

TBC atau Tuberkolosis yang sering disingkat dengan TB ini adalah penyakit menular yang ditularkan dengan penyebaran virus TBC. Cara penularan TBC lewat virusnya adalah ketika sang penderita batuk disekitar anda dan lupa untuk menutup sekitar mulut serta hidungnya. Biasanya TBC dikenal dengan TBC paru yang berarti paru – paru akan ikut terkena dampaknya. Batuk yang anda derita seringkali membuat dada anda sesak serta paru paru pun ikut berkontraksi.

 

Gejala TBC yang Sering Dijumpai

TBC dapat berakibat lebih buruk jika anda tak segera mengobatinya padahal gejala awal TBC sudah anda rasakan. Jangan pernah sepelekan gejala batuk TBC yang muncul agar anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter kesayangan anda. Gejala klasik yang ditimbulkan akan dijelaskan dibawah ini.

  1. Batuk

Info Lengkap Batuk Alergi pada Orang Dewasa serta Jenis dan Penyebab Penyakit Tersebut

Info Lengkap Batuk Alergi pada Orang Dewasa serta Jenis dan Penyebab Penyakit Tersebut

Gejala klasik pertama yang muncul adalah batuk. Untuk gejala pertama ini biasanya masih dianggap sepele. Namun, anda tidak boleh menganggap ini sepele karena jenis batuk yang muncul ketika anda akan divonis mengidap TBC berbeda dengan batuk biasa. Suara yang dikeluarkan sangat berbeda terlihat seperti suara bengek.

  1. Selera Makan Berkurang

Setelah batuk muncul maka nafsu makan pun akan berkurang, bahkan tak jarang merasa sangat malas untuk makan. Gejala yang satu ini tidak boleh dibiarkan. Anda tetap harus memaksa tubuh anda untuk mengonsumsi sesuatu agar penyakit tidak mnejadi jadi. Karena perut yang kosong yang tidak mengonsumsi apapun dapat membuat metabolisme tubuh anda menurun dan membuat penyakit mudah masuk.

  1. Berat Badan Turun

Dari gejala yang kedua sudah bisa dipastikan bahwa berat badan akan turun. Jika berat badan mulai menurun dengan sangat drastis anda harus segera memastikan kesehatan anda ke dokter.

  1. Suhu Badan Meningkat

Suhu badan meningkat adalah gejala selanjutnya. Gejala satu ini juga menjadi gejala TBC pada anak yang jarang disadari. Demam mungkin menjadi hal biasa pada kita tapi ternyata dapat menjadi gejala penyakit yang serius.

  1. Keringat Mengucur pada Malam Hari

Setelah semua gejala diatas muncul biasanya gejala selanjutnya adalah anda akan mengeluarkan keringat pada malam hari. Dimana kita ketahui bahwa pada malam hari cuaca lebih sejuk dibanding siang hari dan anda memproduksi keringat yang cukup banyak padahal anda tidak sedang melakukan kegiatan yang cukup menguras keringat. Terkadang keringat yang keluar muncul ketika anda sedang tidur.

  1. Batuk yang Disertai Dengan Darah

Penyebab Batuk Berdarah secara Tiba Tiba

Penyebab Batuk Berdarah secara Tiba Tiba

Setelah batuk yang anda alami biasanya batuk akan disertai dengan darah dan segeralah menuju rumah sakit untuk konsultasi. Hal ini sudah tidak bisa dianggap hal yang wajar lagi.

  1. Nyeri Dada Tak Menentu

TBC yang sering dikaitkan dengan paru paru ini ternyata menimbulkan gejala nyeri pada dada yang tak menentu. Gejala TBC paru paru seringkali membuat anda merasakan sakit yang tak terkendalikan disekitar dada.

  1. Badan Menjadi Lemah

Dan gejala terakhir yang muncul adalah badan akan menjadi sangat lemah, setelah keringat yang keluar dan selera makan yang menurun.

 

Obat Batuk TBC Alami

Penyakit yang dianggap serius sekalipun memiliki obat yang dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan atau setidaknya meringankan gejala yang muncul. Cara pengobatan TBC (tuberkulosis) dapat anda lakukan dirumah dengan cara yang alami untuk mengurangi efek dari obat yang diresepkan dokter. Namun, jika anda merasa pengobatan TBC ini sudah tidak ampuh anda bisa langsung berkonsultasi pada dokter di rumah sakit khusus bagian TBC.  Cara mengobati TBC dengan cara alami adalah :

  1. Daun Legundi

Daun Legundi sebagai Obat untuk Menyembuhkan Batuk TBC

Daun Legundi sebagai Obat untuk Menyembuhkan Batuk TBC

Caranya cukup mudah dengan merebus 3/5 genggam daun legundi dengan 3 gelas air. Yang anda perlu lakukan adalah menyisakan air hinga ¾ gelas saja. Untuk tambahan anda bisa masukkan madu murni.

  1. Getah Bambu

Getah dari pohon bambu dipercaya dapat mengobati bermacam jenis batuk dan salah satunya adalah batuk yang muncul akibat penyakit TBC. Caranya dengan menyiapkan bambu tali yang tidak terlalu tua atau muda dan bungkus dengan plastik setelah pucuknya dipotong. Selanjutnya ambil getahnya saat matahari bersinar di pagi hari. Anda dapat mengonsumsinya setiap hari sebanyak 3 gelas.

  1. Kembang Sepatu

Cara mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan memasak 3 kuntum bunga sepatu yang sudah dicuci sebelumnya dan sudah ditumbuk dengan air, 1 sendok makan madu yang asli dan murni. Untuk mengonsumsi anda dapat minum 3 kali sehari hingga anda merasakan penyakit hilang.

Cukup disini bahasan Batuk TBC serta Pembahasan Gejala dan Obat Alami yang Dapat Digunakan, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!