Batuk Berdarah pada Anak Serta Gejala dan Bahaya yang Dapat Ditimbulkan

AidaAzryn.com | Kali ini admin akan membahas Batuk Berdarah pada Anak Serta Gejala dan Bahaya yang Dapat Ditimbulkan. Batuk berdahak pada anak tidak sama dengan batuk berdahak pada orang dewasa, bahkan batuk pada anak diatas 1-2 tahun berbeda dengan batuk pada bayi. Karena biasanya orang dewasa lebih mudah mengetahui gejalanya dibanding sang anak. Ketika anak sedang batuk maka ia akan sangat rewel. Seringkali anak mengalami sakit batuk yang membuat bunda khawatir. Ada banyak jenis batuk yang diderita sang buah hati. Salah satunya adalah batuk kering pada anak dan bayi dan batuk berdahak pada bayi yang tidak sama dengan batuk berdahak pada anak diatas 2-3 bulan. Di cuaca yang sedang ekstrim seperti sekarang ini bunda harus tau cara mengatasi batuk pada anak dan mengatasi batuk pada bayi yang jelas – jelas berbeda.

Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Alergi, Penyebab, dan Fakta Lainnya

 

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi

Batuk Berdarah pada Anak Serta Gejala dan Bahaya yang Dapat Ditimbulkan

Batuk Berdarah pada Anak Serta Gejala dan Bahaya yang Dapat Ditimbulkan

Cara mengobati batuk pada bayi sebenarnya tidak terlalu susah, karena banyak bahan disekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Nah, berikut akan admin sertakan langkah langkah untuk mengatasi batuk bayi yang sering dijumpai.

  1. Memberikan penguapan pada bayi. cara pertama yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi batuk pada bayi adalah dengan memberikan uap panas pada bayi bunda. Cukup sediakan air panas di dalam ember kemudian dekatkan dengan bayi, namun pastikan air panas tidak mengenai kulit bayi.
  2. Naikkan kepala. Bunda bisa mengatasi penyakit satu ini dengan cara menaikkan kepala bayi. Biasanya bayi terserang batuk yang membuatnya susah untuk bernafas, cara ini bisa dilakukan untuk melegakan pernapasan pada bayi bunda.
  3. Cairan yang cukup. Bukan hanya untuk orang dewasa, bayi pun harus terpenuhi cairan tubuhnya. Apalagi dimasa – masa pertumbuhannya bayi harus diberi cairan yang cukup untuk mengatasi terserangnya penyakit seperti batuk pada bayi.
  4. Memijat tubuh bayi. Seperti yang kita tahu, bahwa memijat tubuh bayi adalah hal penting yang harus orang tua lakukan. Karena memijat tubuh bayi dapat merangsang motorik nya untuk bergerak. Namun, bukan hanya manfaat itu yang bisa didapat dari memijat bayi. Manfaat lain yang diberikan adalah dapat mengatasi bayi dari batuk yang dideritanya.

Baca Juga : Mengobati Batuk Kering pada Anak

 

Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi

Batuk yang diderita sang anak pada tahun pertamanya adalah batuk yang terbilang cukup sering diderita. Cara mengobati batuk pada anak umumnya hal yang sama dengan mengobati batuk pada bayi. Namun, bila batuk disertai dengan pilek maka cara yang tepat adalah ramuan jahe dan kencur. Bunda cukup mencampurkan kedua bahan yang sudah diiris dengan air yang sedang mendidih. Ramuan ini baik untuk melegakan batuk yang disertai pilek pada bayi bunda.

 

Cara Mengatasi Batuk pada Anak

Mungkin kelihatannya cara mengatasi batuk pada bayi dan anak hampir mirip. Namun, bunda harus pahami ada dosis – dosis atau bahan yang berbeda untuk disiapkan.

  1. Hindari lingkungan yang penuh asap. Anak dibawah umur membutuhkan udara yang masih sangat bersih agar tidak mudah terjangkit virus. Lingkungan yang bebas asap harus menjadi tempat terbaik buat sang anak. Jauhkan sang anak dari lingkungan yang banyak polusi udara ataupun asap rokok.
  2. Berikan satu sendok madu. Madu berkhasiat sangat banyak bagi kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah mengatasi sang buah hati dari batuk.
  3. Minum yang cukup. Untuk yang cara yang satu ini bisa diterapkan pada semua kalangan umur dalam mengatasi batuk.

Baca Juga : Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Batuk Rejan Berikut

 

Mencegah dan Mengatasi Batuk Berdarah pada Anak

cara mengobati batuk kering pada anak dan balita usia 1 dan 2 tahun

cara mengobati batuk kering pada anak dan balita usia 1 dan 2 tahun

Batuk yang dialami sang buah hati sering kali membuat kita khawatir dan tidak tenang. Karena setiap kali sang buah hati menjadi rewel karena batuk yang dideritanya kita mesti waspada. Ternyata batuk yang diderita anak juga dapat mengeluarkan darah. Bunda harus konsultasikan hal ini pada dokter, karena hal ini sudah diluar batas kewajaran.

 

Gejala Batuk Berdarah yang Sering Timbul

Batuk berdarah pada anak pasti ada sebabnya. Bunda harus tau penyebab sang anak batuk berdarah. Gejala yang biasa ditimbulkan sang anak ketika batuk berdarah adalah :

  1. Panas dan demam, buah hati anda akan menunjukkan peningkatan suhu yang cukup drastis. Gejala yang satu ini harus anda perhatikan untuk segera diwaspadai bunda.
  2. Kurangnya nafsu makan. Bunda mungkin tidak terlalu panik ketika nafsu makan anak berkurang karena sebelumnya anak bunda selalu makan sedikit. Namun, buat bunda yang anaknya sebelumnya makan lebih banyak tiba tiba nafsu makannya menurun, bunda harus waspadai.
  3. Memucatnya muka anak. Hal ini wajar akan dialami ketika anak menderita suatu penyakit. Namun harus tetap diwaspadai siapa tahu gejala satu ini menunjukkan bahwa anak anda sedang dalam kondisi sakit yang parah seperti batuk berdarah.

Baca Juga : Waspadai Penyebab Batuk Berdarah, dan Kenali Cara Mengatasinya

 

Gejala – gejala diatas dapat disebabkan oleh sakit batuk berdarah pada anak. Dan bunda harus konsultasi pada dokter jika gejala nya semakin memarah. Mungkin saja gejala diatas adalah penyebab salah satu sakit lain yang bunda tidak tahu. Seperti penyakit TBC yang juga adalah penyakit parah yang juga akan mengeluarkan darah ketika batuk merupakan salah satu gejala TBC.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!