3M Demam Berdarah sebagai Cara Mencegah Demam Berdarah yang Baik dan Benar

3M Demam Berdarah sebagai Cara Mencegah Demam Berdarah yang Baik dan Benar merupakan teman tulisan admin kali ini. Demam berdarah atau akrab disebut DBD adalah penyakit menular yang cukup membahayakan. Gejala yang ditimbulkan pun tidak sedikit dan seringnya mengecohkan orang orang bahkan dokter. Terkadang dokter sampai salah mendiagnosa gejala DBD. Disebut membahayakan karena bisa menyebabkan kematian. Karena banyaknya angka kematian demam berdarah, kementrian bagian kesehatan mengeluarkan cara mencegah dbd. Cara tersebut dikenal dengan 3m. Karena hal itulah dikenal 3m demam berdarah sebagai cara mencegah demam berdarah.

Seperti yang sudah banyak dijelaskan bahwa demam berdarah disebabkan oleh suatu virus. Virus tersebut dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Dalam hal ini, orang yang mempunyai daya tahan tubuh rendah bisa dengan mudah diserang. Tentunya dalam mencegah suatu penyakit ada banyak sekali cara yang bisa kita terapkan. Mulai dari lingkungan sekitar kita, cara hidup sehat kita sampai 3m. Dan memang 3M menjadi hal yang paling dikenal dan dilakukan oleh banyak orang.  Maka dari itu ada baiknya kita mempelajari 3m dbd ini untuk mencegah sejak dini.

Baca Juga : Cara Bekas Gigitan Nyamuk DBD

 

Program Pencegahan DBD dari Pemerintah

Program 3M Demam Berdarah

Lalu apa sebenarnya 3M itu? 3M merupakan kepanjangan dari menutup, menguras dan mengubur. 3M sendiri adalah gerakan yang tujuannya menekan jumlah populasi nyamuk serta jentik jentik penyebab demam berdarah. Program 3M demam berdarah ini diusulkan oleh pemerintah melalui sebuah iklan layanan masyarakat mengingat semakin meningkatnya jumlah korban. Setiap tahunnya penderita demam berdarah mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Mencegah demam berdarah dengan 3m sangatlah baik dan juga hal yang mudah untuk dilakukan.

 

Pencegahan Demam Berdarah 3M

Poster Demam Berdarah 3M

Poster Demam Berdarah 3M

3 cara tersebut akan dibahas satu persatu pada bagian dibawah ini:

  1. Menutup Tempat Penampungan Air

Pencegahan demam berdarah dengan 3M plus yang pertama adalah menutup. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, nyamuk adalah hewan yang sangatlah mudah untuk berkembang biak. Nyamuk berkembang biak dengan melewati beberapa fase tertentu. Fase tersebut adalah telur, jentik nyamuk hingga akhirnya menjadi nyamuk dewasa. Pada fase pertama yaitu telur atau menelur atau menetas. Nyamuk hanya bisa menetas pada media air. Dari telur, fase kedua adalah jentik nyamuk. Nah, jentik nyamuk inilah yang akan bertransformasi menjadi nyamuk dewasa.

Oleh karena hal itu, kita bisa melakukan pencegahan pertama dengan cara mencegah perkembangan nyamuk lewat media air. Salah satu cara yang mudah untuk dilakukan adalah dengan menutup semua tempat penampungan air. Bagi anda yang dirumah memiliki bak mandi di kamar mandi, anda bisa menutup bak mandi dengan sangat rapat. Tidak hanya bak mandi, gentong atau tempat apapun yang berhubungan dengan air sebaiknya segera ditutup.

Perbedaan Nyamuk DBD dan Nyamuk Malaria

  1. Menguras Bak Mandi atau Tempat Penampungan Air Lainnya

Cara mencegah demam berdarah dengan 3m selanjutnya adalah MENGURAS. Mungkin anda merasa bak mandi yang anda tutup tidak bisa menjadi tempat berkembang nyamuk tersebut. Buktinya meski sudah ditutup pun ternyata ada kemungkinan nyamuk berkembang biak didalamnya saat kita membuka tutupnya. Untuk memastikannya, anda bisa menguras bagian tempat yang ada hubungannya dengan air seperti bak mandi dan tempat penampungan air lainnya.

Pencegahan demam berdarah dengan 3m plus yang satu ini setidaknya anda lakukan sebanyak satu kali dalam satu minggu. Menguras bertujuan untuk mengurangi habitat dari jentik jentik nyamuk yang ingin berkembang biak. Selain itu juga mengurangi resiko dari penyebaran nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.

  1. Mengubur atau Mendur Ulang Barang Bekas

Jika dilingkungan sekitar anda terdapat barang yang sudah tidak terpakai, maka anda bisa mengikuti langkah selanjutnya ini dalam hal mengurangi penyebarannya. Barang bekas tersebut bisa anda kubur atau jika anda memiliki ide kreatif anda bisa mendaur ulangnya. Membuat sebuah prakarya dari barang bekas tersebut bisa menghasilkan pendapat juga kepada anda. Namun, jika anda sudah tidak memiliki waktu untuk mendaur ulang barang bekas tersebut maka segeralah menguburnya. Anda perlu tahu bahwa barang bekas seperti botol dapat menampung air dan membuat nyamuk memiliki tempat untuk berkembang biak.

Baca Juga : Tanda Tanda Anak yang Terkena Demam Berdarah

 

Poster Demam Berdarah 3M

Jika anda tidak bisa mengikuti cara diatas karena panjangnya penjelasan maka anda bisa melihat poster demam berdarah 3m dibawah ini. 3m plus demam berdarah bisa anda lakukan dengan mudah dirumah anda.

Pencegahan Demam Berdarah 3M dengan Menguras, Menutup, dan Mengubur

Pencegahan Demam Berdarah 3M dengan Menguras, Menutup, dan Mengubur

3M Demam Berdarah sebagai Cara Mencegah Demam Berdarah yang Baik dan Benar admin cukupkan sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!