Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak Usia 1 dan 2 Tahun Secara Alami

Batuk berdahak memang sangat menyiksa terutama bagi anak-anak, padahal sebenarnya ada banyak cara mengobati batuk berdahak pada anak. Biasanya cara alami mengobati batuk berdahak pada anak paling sering digunakan. Sebelum mengetahui cara mengobati batuk berdahak, ada baiknya mengetahui definisi batuk terlebih dahulu. Menurut Kementrian Kesehatan melalui pppl.depkes.go.id, pengertian batuk idalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran pernapasan ketika ada gangguan. Fungsinya membersihkan saluran pernapasan dari lendir atau bahan iritan penyebab iritasi. Sedangkan batuk berdahak adalah batuk yang membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan, sinus, serta paru-paru. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara menangani batuk, hingga penyebab batuk pada anak.

 

Penyebab Batuk Berdahak pada Anak

Anak-anak seringkali terserang penyakit batuk berdahak sehingga orang tua pun kewalahan mencari cara mengobati batuk berdahak bagi buah hatinya. Mengatasi batuk pada anak memang tidak bisa sembarangan dan harus dilakukan sesegera mungkin agar tidak membuat anak merasa semakin sakit. Biasanya batuk berdahak pada anak disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih atau berdebu serta kelembaban suhu tidak sesuai. Disamping itu, adanya peradangan tenggorokan (inflamasi), infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), polusi udara, naiknya asam lambung, serta banyaknya lendir juga menjadi penyebabnya. Untuk mengurangi masuknya zat kimia serta meminimalisir efek samping yang dihasilkan obat obatan kimiawi, cara mengobati batuk berdahak pada anak secara alami dipercaya merupakan cara terbaik. Berikut akan dijelaskan mengenai cara mengobati batuk berdahak pada anak.

 

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak

Yang harus dilakukan untuk mengobati batuk berdahak pada anak idalah dengan menyingkirkan penyebab batuk, seperti membersihkan lingkungan. Kemudian memakaikan masker kepada anak ketika sedang bepergian atau berada di luar ruangan juga dapat mengurangi batuk pada anak. Sedangkan cara mengobati batuk berdahak anak yang bisa Anda lakukan jika batuknya terus menerus adalah memberi minum air putih hangat. Obat batuk alami ini terkadang akan membuat anak muntah, jika itu terjadi biarkan anak muntah untuk mengeluarkan dahaknya, kemudian beri ia minum lagi. Cara mengobati batuk berdahak pada anak dengan memberi air putih hangat bisa dipraktikkan setiap kali anak sedang batuk.

 

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak Usia 1 Tahun

Penanganan serta cara mengobati batuk berdahak bisa berbeda tergantung usia si penderita. Cara mengobati batuk berdahak anak 1 tahun yang paling baik adalah dengan menggunakan bahan alami seperti jahe dan kencur. Untuk cara mengobati batuk berdahak pada anak umur 1 tahun adalah dengan mememarkan jahe dan kencur sepanjang 1 cm. Kemudian rebus dengan air 1 gelas hingga obat batuk herbal ini tinggal setengahnya. Selanjutnya tambahkan perasan jeruk nipis dan madu agar rasa obat batuk tradisional ini disukai anak-anak lalu saringlah ramuan tersebut dan tunggu hingga hangat. Agar cara mengobati batuk berdahak pada anak 1 tahun ini lebih manjur, berikan secara rutin kepada buah hati Anda.

 

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak Usia 2 Tahun

Untuk anak yang telah berusia 2 tahun, cara mengobati batuk berdahak yang bisa diterapkan adalah menggunakan kencur. Seperti halnya obat batuk anak usia 1 tahun, cara mengobati batuk berdahak pada anak 2 tahun juga sebaiknya menggunakan bahan yang alami. Karena obat batuk berdahak dengan menggunakan bahan alami dapat mengurangi efek samping bagi tubuh anak. Cara mengobati batuk berdahak pada anak usia 2 tahun menggunakan kencur yang pertama dilakukan adalah mencuci bersih 5 gram kencur. Selanjutnya kencur diparut dan dicampur ke 2 sendok makan air putih, disaring dan terakhir tambahkan madu untuk memberi rasa manis. Berikan pada anak usia 2 tahun secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

 

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Anak Usia 1 dan 2 Tahun

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu cara mengobati batuk berdahak. Bahkan jeruk nipis ini dapat digunakan sebagai  cara mengobati batuk berdahak anak usia 1 dan 2 tahun sekaligus. Cara membuat obat batuk berdahak untuk anak dengan menggunakan jeruk nipis adalah dengan mencampur 3 sendok makan air perasan jeruk nipis, 3 sendok makan madu, dan 5 sendok makan air matang. Kemudian obat batuk tersebut dicampur hingga rata. Cara mengobati batuk berdahak anak 1 tahun adalah dengan memberi campuran tadi sebanyak setengah sendok teh 2 kali sehari. Sedangkan cara mengobati batuk berdahak pada anak 2 tahun adalah dengan memberi ramuan tadi 1 sendok teh 2 kali sehari.

 

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami pada Anak agar Tidak Kumat Lagi

Setelah mengetahui cara mengobati batuk berdahak, tentunya harus disertai dengan berbagai pencegahan agar batuk tidak kumat lagi. Agar tidak mudah kambuh, ketahui terlebih dahulu penyebab dari batuk berdahak tersebut, apakah karena faktor kebersihan lingkungan atau karena terinfeksi virus atau jamur. Cara mengobati batuk berdahak pada anak 1 tahun dan 2 tahun serta pencegahannya apabila dikarenakan lingkungan adalah membersihkan tempat tinggal dari debu. Cara mengobati batuk berdahak pada anak umur 1 tahun dan 2 tahun yang disebabkan infeksi virus atau jamur adalah dengan menjaga kebersihan udara. Karena biasanya jamur dibawa oleh udara yang kotor sehingga rajinlah menjaga kebersihan udara di rumah dan memakaikan masker pada anak ketika sedang di luar untuk mengobati batuk pada anak. Cara alami mengobati betuk berdahak pada anak yang juga bisa mencegahnya kambuh lagi ini sebaiknya diterapkan setiap hari.

Pengobatan batuk berdahak dan pilek harus diberikan sesuai umur penderita. Baca juga cara mengobati batuk berdahak yang telah kami rangkum berdasarkan usia :

Begitulah beberapa cara mengobati batuk berdahak pada anak usia 1 dan 2 tahun. Cara mengobati batuk berdahak secara alami pada anak memang merupakan solusi terbaik untuk menghindari efek samping berlebih. Namun apabila cara mengobati batuk berdahak pada anak secara alami ini belum berhasil mengobati batuk pada anak, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter. Dengan demikian akan lebih jelas penyebab dari batuk berdahak serta dapat mengetahui cara mengobati batuk berdahak dengan lebih tepat.

Leave a Reply

error: Content is protected !!