Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Pilek pada Balita

Cara mengobati batuk berdahak dan pilek pada balita tidak sama dengan orang dewasa. Karena balita masih sensitif sehingga tidak baik jika terlalu sering mengonsumsi obat batuk yang mengandung zat kimia. Batuk sendiri menurut pengertian dari wikipedia, merupakan kondisi refleks tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan seringkali menyerang balita dan membuat orang tua cemas. Terutama batuk berdahak yang merupakan batuk untuk mengeluarkan lendir pada saluran pernapasan. Apalagi jika disertai pilek yang menyebabkan balita kesulitan bernapas, sehingga harus segera pengetahuan mengenai cara mengobati batuk berdahak dan pilek pada bayi sangat diperlukan.

 

Bahaya Batuk Berdahak yang Tidak Ditangani

Terdapat beberapa bahaya yang mengintai jika batuk berdahak terjadi terus menerus dan tidak segera mendapatkan cara mengobati batuk berdahak yang tepat. Apabila batuk pada anak Anda terjadi dalam jangka waktu lama, ada kemungkinan disebabkan oleh bronkritis, gagal jantung, atau asma. Karena itu sebaiknya sesegera mungkin memeriksakan si kecil ke dokter apabila batuk berdahak yang dialaminya tidak kunjung sembuh.

 

Penyebab Batuk Berdahak pada Balita

Cara mengobati batuk berdahak pada balita akan lebih mudah jika terlebih dahulu mengetahui penyebab dari penyakit tersebut. Kemungkinan balita terkena batuk berdahak adalah karena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Kemudian peradangan pada tenggorokan (inflamasi) juga dapat membuat batuk berdahak. Udara yang kotor, asam lambung yang tiba-tiba naik, serta banyaknya lendir pada saluran pernapasan juga bisa menjadi penyebabnya dan memerlukan obat batuk alami.

 

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Pilek pada Balita

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Balita

Langkah awal sebagai cara mengobati batuk berdahak adalah menjauhi penyebab dari batuk berdahak tersebut. Apabila penyebabnya adalah lingkungan yang kurang bersih, maka cara terbaik mengatasi batuk pada anak adalah membersihkan lingkungan dari debu. Selanjutnya apabila polusi udara yang menjadi penyebab batuk berdahak pada balita, kenakanlah masker pada anak Anda setiap bepergian. Jika balita sedang batuk, usaplah punggungnya dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon. Dengan demikian batuk pada anak sedikit demi sedikit akan membaik.

 

Obat Batuk Berdahak pada Balita

Cara mengobati batuk berdahak yang paling baik adalah dengan menggunakan obat batuk herbal karena minim efek samping. Untuk penanganan pertama saat si kecil sedang batuk, berikanlah air putih hangat kepadanya. Cara mengobati batuk berdahak pada balita ini memungkinkan membuat anak Anda muntah, namun itu lebih baik agar mengeluarkan dahak pada saluran pernapasannya. Untuk obat batuk tradisional yang bisa digunakan adalah menggunakan jeruk nipis dan madu. Campurkan satu sendok madu dengan perasan jeruk nipis dan berikan pada anak Anda sebagai obat batuk alami sebanyak dua kali sehari secara rutin.

 

Cara Mengobati Pilek pada Balita

Cara mengobati batuk berdahak tidak sama dengan menangani pilek pada balita. Obat pilek sebaiknya tidak sembarangan diberikan pada balita, dan lebih baik jika melakukan cara yang lebih alami. Jika si kecil sedang pilek, biarkan ia berada di ruangan yang tidak ber-AC agar hidung tidak tersumbat. Cara selanjutnya yang dapat menjadi obat pilek anak adalah dengan menepuk perlahan punggungnya agar pernapasan menjadi lancar.

 

Obat Pilek untuk Balita

Seperti halnya cara mengobati batuk berdahak, obat pilek yang alami juga lebih baik. Madu yang merupakan obat batuk berdahak ternyata juga bisa untuk menangani pilek pada balita. Caranya berikan satu sendok teh madu sebanyak tiga kali sehari kepada buah hati Anda. Kemudian Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengobati pilek, yaitu dengan mencampurnya ke dalam makanan si kecil. Bawang putih ini juga bisa digunakan sebagai obat pilek untuk bayi yaitu dengan mengiris bawang putih dan diletakkan di dekat tempat tidur anak Anda.

 

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pilek pada Balita

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pilek Balita

Tips dan Trik Agar Tidak Terkena Batuk Berdahak dan Pilek

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak cara mengobati batuk berdahak dan pilek pada balita. Namun agar penyakit tersebut tidak datang lagi, ada baiknya melakukan upaya pencegahan. Seperti membiasakan balita mencuci tangan dengan benar sehingga batuk dan pilek tidak mudah datang. Sebaiknya Anda juga menjaga jarak anak Anda dengan penderita agar tidak tertular penyakit yang sama. Selanjutnya obat batuk pilek anak yang cukup manjur agar tidak mudah kumat lagi adalah membiarkannya istirahat yang cukup dan memberinya banyak minum air putih.

Pengobatan batuk berdahak dan pilek harus diberikan sesuai umur penderita. Baca juga cara mengobati batuk berdahak yang telah kami rangkum berdasarkan usia :

Beberapa cara mengobati batuk berdahak dan pilek pada balita di atas adalah langkah awal yang bisa Anda terapkan di rumah. Namun jika cara mengobati batuk berdahak dan pilek pada balita tersebut tidak dapat meredakan sakitnya, cobalah konsultasikan ke dokter. Usahakan untuk meminta obat batuk dan obat pilek herbal saja agar mengurangi efek samping pada si kecil. Semoga cara mengobati batuk berdahak dan pilek ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

error: Content is protected !!